Bathsul Masail Wustho Bahas Problematika Boikot Produk Israel

oleh -1,189 views

Syaichona.net- Majelis Munadhoroh Wal Maktabah atau yang dikenal dengan sebutan Mtriee Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil selenggarakan Bahtsul Masail Wustho (BMW) se Jawa Madura yang ke-13, bertempat di Aula utama Pondok Pesantren dan berlangsung dua hari dimulai dari hari Senin s/d Selasa (25-26/12/23).

Bahtsul Masail Wustho tahun ini terealisasi sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yang biasanya dua komisi akan tetapi sekarang hanya satu komisi saja karna ada beberapa kendala akan tetapi Bahtsul Masail Wustho ini tetap diselenggarakan dengan mengundang pondok pesantren se-Jawa Madura.

Pembukaan yang diawali dengan Pembacaan surat Al-Fatihah dipimpin langsung oleh Lora Iskandar Dzulqornain Faschal, kemudian dilanjutkan dengan lantunan Sholawat Ilmi dan sambutan tunggal dari pengurus pesantren yang dalam hal ini disampaikan oleh Ust. Ahmad Hafsin, M. Pd. Selaku Waka II Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan.

Ust. Hafsin menyampaikan “ kami atas nama keluarga besar Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada para Mosohhih, Perumus dan segenap para peserta bathsul masail yang telah memenuhi undangan kami dan telah berkontribusi untuk mensukseskan acara kami semoga kehadiran para undangan semua berbarengan dengan ridho allah SWT..” Tutur beliau.

Ust. Busiri selaku Ketua pelaksana menyampaikan terkait jumlah keseluruhan peserta yang hadir pada acara Bahtsul Masail Wustho (BMW) yang ke-13 ini, “ untuk peserta yang berasal dari Jawa terdapat 19 Pesantren, dari Madura 12 Pesantren, terhitung sekitar 31 Pesantren Jawa Madura, dan untuk peserta lokal diambil dari kelas 1-3 Tsanawiyah, sampai kelas 1-2 Aliyah,” jelasnya saat diwawancarai oleh crew Syaichona.net.

Pada acara BMW tersebut dari setiap Pesantren yang diundang diperkenankan untuk mengutus dua orang untuk mewakili pesantrennya, dan terkait deskripsi masalah yang dibahas terdapat 5 permasalahan, salah satu diantaranya membahas tentang Fatwa MUI yang merekomendasikan untuk menghindari transaksi produk yang terafiliasi mendukung Israel.

Adapun Hasil Keputusannya bisa klik link berikut : Hasil Keputusan Bathsul Masail Wustho ke-13

Kemudian pada penutupan acara dikemas dengan Halaqoh Fiqih Peradaban dengan tema “Ijtihad Ulama NU dalam bidang sosial politik” yang diisi oleh KH. Abdul Ghofur Maimun selaku Rais Syuriah PBNU, Gus Kholili Kholil selaku pengurus LBM PBNU, dan KH. Makki Nasir Ketua PCNU Kabupaten Bangkalan.

Panitia acara Ust. Busiri berharap, “Dengan direalisasikannya BMW-13 ini bisa menambah ghirah atau semangat khususnya para santri untuk selalu mengkaji dan memahami kitab klasik sehingga pemahaman bisa sesuai dengan zaman yang sudah modern, karena perubahan hukum itu tergantung dari zaman dan tempatnya.” harap Ust. Busiri.

Reporter : Abdussalam
Editor : Fakhrullah

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.