Penetapan Awal Bulan Maulid Oleh Lajnah Falakiyah Syaichona

oleh -1,357 views

Syaichona.net- Jumat (15/09/2023) para Pengurus Lajnah Falakiyah Syaichona mengadakan praktik rukyatul hilal di Pantai Gebang Arosbaya. Kegiatan ini merupakan agenda rutinan Lajnah Falakiyah Syaichona setiap bulanan untuk menunjang kualitas santri dalam praktik rukyatul hilal.

Selain para pengurus dari Lajnah Falakiyah Syaichona, hadir juga disana anggota falakiyah dari Pondok Pesantren Nurul Cholil Bangkalan dan Pengurus Lajnah Falakiyah Nahdhatul Ulama Cabang Bangkalan. Pengurus yang hadir di lokasi rukyah sejumlah 5 orang serta dipandu oleh pembina Falakiyah KH. Mauridi Masyhudi.

KH. Mauridi Masyhudi menyampaikan kepada para perukyah agar selalu memantau hilal setelah terbenamnya matahari.

“Diusahakan untuk para anggota bisa melihat hilal sekitar 14 menit setelah terbenamnya matahari. agar para anggota terbiasa untuk melihat hilal.” Ujar KH. Mauridi Masyhudi ketika memberikan penjabaran kepada para perukyat disana.

sejumlah alat-alat rukyatul hilal dipasang di area rukyat, hilal sudah mencapai batas minimal tingginya yaitu 03° 43° 19° akan tetapi elongasi hilal tidak cukup untuk menjadi acuan penetapan bulan baru yaitu 04° 45° 54°. Meskipun dengan elongasi yang tidak mencapai batas minimalnya dan cuaca pada saat itu lagi mendung sehingga hilal tidak terlihat tapi para perukyah tetap antusias untuk melihat hilal.

“Tinggi hilal sekarang dalam hitungan sudah mencapai batas minimal akan tetapi elongasinya tidak mencapai batas minimalnya dan pada saat ini sedang mendung sehingga hilal tidak dapat dilihat seandainya tidak mendung masih ada kemungkinan hilal bisa terlihat namun tidak memenuhi kriteria penentuan awal bulan.”Ujar Ust. Shofy selaku Pengurus Lajnah Falakiyah Syaichona.

Dan berdasarkan dengan surat edaran dari Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdatul Ulama menetapkan bahwa awal bulan Rabiul Awal adalah hari Ahad Legi 17 September 2023 M.

Reporter : Abdussalam

Editor : Fakhrullah

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.