Satu Abad Lebih Ponpes Syaichona Moh Cholil Peringati Hari Jadi

oleh -129 views

Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil, Bangkalan peringati hari lahir atau milad ke-163. Pembukaan Milad dan Ikhtibar ini digelar secara meriah pada hari Selasa (07/05/2024) yang dihadiri oleh para wali santri putra.

Acara ikhtibar pada kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang mana pada kali ini dilaksanakan pada awal kembalian santri Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil dikarenakan acara yang rencananya akan di selenggarakan di akhir tahun bertepatan dengan wafatnya Nyai Hj. Mutmainnah Aschal Sehingga acara wisudawan Almiftah dan ikhtibar diselenggarakan pada awal tahun ajaran 1445-1446 H.

Berdasarkan rapat antara Majelis Keluarga dan Pengurus Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil maka menghasilkan ketetapan bahwa acara Haflatul Ikhtibar digabung menjadi satu dengan wisuda Al-Miftah Lil Ulum, wisuda tingkat Tsanawiyah dan wisuda tingkat Aliyah Tarbiatul Mu’allimin serta pembagian hadiah para juarawan pertingkatan

Dokumentasi KH. Ismail al-Ascholy saat memberikan hadiah kepada para juara

Ketua Umum Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil menyampaikan beberapah hal penting dalam sambutannya yaitu bahwa Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil akan terus istiqomah mendidik para santri dengan kebaikan agar menjadi santri yang bermanfaat.

“Saya ingin melihat apa yang ada di depan mata dan menunjukkan bahwa apa-apa yang ditemukan didalam haflah ini dari beberapa kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil, saya memiliki keyakinan Insyaallah Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil akan terus istiqomah didalam mengajarkan kebagusan, menuntun dan membimbing santri-santri agar bisa santri-santri yang bermanfaat dan maslahah fiddini waddunya wal akhirah.”

Kemudian beliau menyampaikan harapannya agar wali santri baik Putra ataupun Putri agar selalu saling berkomonikasi antara satu dengan yang lain.

“Tentunya dibalik harapan dan keinginan besar dari semua yang ada di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil ini tentu harus di pertemukan dalam sebuah pertemuan yang tidak hanya bersifat serimonial, hanya pertemuan yang cukup mendengarkan penyampaian setelah itu makan kemudian pulang, tetapi Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil perlu untuk melakukan interaksi, komunikasi sehingga ada pandangan yang bisa saling memberikan nilai, saling memperkuat sifatnya, dari hal ini saya berharap semoga wali santri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil baik santri putra atau putri ini agar supaya aktif membangun komonikasi.”

Selain itu, peringatan hari jadi dan Haflatul Imtihan wal Ikhtibar ini juga diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh KH. Makruf Khozin, beliau adalah ketua Aswaja Center NU Jawa Timur

Dokumentasi KH. Ma’ruf Khozin saat menyampaikan tausiyah

Dan beliau juga berharap agar semua wali santri bisa mencontoh yang selalu berkomonikasi meskipun tidak langsung ke Pengasuh setidaknya kepada ustad atau para pengurusnya agar para wali santri bisa lebih yakin bahwa adanya barokah itu hanya bisa didapatkan di Pondok Pesantren.

“Dan di dalam saya memondokkan putra saya ke Pondok Pesantren, saya selalu memantau setiap perkembangan anak saya dan saya juga mengikuti bagaimana perkembangan Pondok Pesantren dimana anak saya mondok dan bahkan saya juga dalam berkomonikasi dengan pesantren meskipun tidak dengan pengasuhnya minimal dengan ustadnya atau pengurusnya agar supaya keyakinan kita yang menganggap bahwa kalau urusan barokah itu hanya ada di Pondok Pesantren ini tidak berubah dengan apa-apa yang sekarang sudah muncul didalam beberapa media-media seolah-olah Pesantren itu meninggalkan tradisi-tradisi, keilmuan yang sudah di tanam mulai dari dulu oleh pendiri-pendirinya ini,” tutur Ra Nasih

“kita perlu berkomonikasi dan berintraksi karana anak yang ada di Pondok Pesantren bukan hanya ditentukan pendidikan di Pondok Pesantren tetapi juga dipengaruhi oleh bagai mana sikap kita menerima ilmu yang diajarkan kepada anak-anak kita, Jika ada keraguan didalam setiap ilmu yang diajarkan kepada anak kita maka keraguan itu juga akan memberikan dampak pengaruh bagaimana hasil pendidikan anak yang ada dipondok Pesantren itu.” Imbuhnya

Acara haflatul ikhtibar ini dihadiri oleh RKH. Fakhruddin Aschal selaku Khodimul Ma’had Syaichona Moh. Cholil, KH. Agus Lukma Hakim, RKH. Karror Abdullah Schal selaku Majlis Keluarga Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil, KH. Ismail Yahya Al ascholy selaku kepala Madrasah diniyah Al Ma’arif Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil.

Author : Abdussalam

Editor : Fakhrullah

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.