HAL-HAL YANG PATUT DITELADANI DARI ALMARHUMAH NYAI HJ SUMTIN

oleh -1,993 views

Syaichona.net – Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil menyelenggarakan pembacaan Dzikir dan Sholawat bersama Ahbabul Mustofa Bangkalan feat Shollu Community dalam rangka Haul Nyai. Hj. Sumtin Binti Husnawiyah yang ke-15 yang dihadiri oleh muballigh Habib Muhammad Bin Umar Al-Haddar (Bondowoso) yang bertempat dihalaman pesantren, Kamis malam Jum’at (14/10).

RKH. Nasih Aschal dalam acara tersebut mengucapkan terima kasih kepada ribuan masyarakat yang berkenan hadir dalam acara tersebut untuk memperingati haul sekaligus mendoakan Nyai. Hj. Sumtin Binti Husnawiyah.

Acara tersebut diawali dengan pembacaan Sholawat dan tahlil bersama seluruh masyrakat yang hadir yang juga diikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

Selain itu beliau menyampaikan bahwa Nyai. Hj. Sumtin dikenal sebagai sosok ibu sekaligus pendidik para santri dengan kasih sayang dan kecintaannya yang luar biasa dalam membimbing seluruh santri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

Beliau (Nyai. Hj. Sumtin ) bukan hanya sebatas figur yang telah membimbing dan mengarahkan para putra putrinya, tapi menurut beliau mewakili dari seluruh majelis keluarga bahwa Nyai. Hj. Sumtin merupakan sosok seorang ibu bagi seluruh lapisan masyarakat dan seluruh umat.

“Figur beliau bukan hanya sebatas figur yang telah membimbing dan mengarahkan putra putrinya saja, tapi saya mewakili dari majelis keluarga bahwa beliau merupakan sosok seorang ibu bagi seluruh masyarakat dan ibu seluruh umat,” tutur RKH. Nasih Aschal.

Sebelum acara tersebut diselenggarakan pada siang hingga sore petang tadi terdapat pembacaan tahlil secara bertahap yang di hadiri oleh seluruh masyarakat dari segala penjuru.

Kemudian dalam tausiyahnya Habib Muhammad Bin Umar Al-Haddar menisbatkan perjuangan sayyidah khadijah pada Nyai. Hj. Sumtin yang setia mendampingi Rasulullah SAW dalam membantu dakwahnya, karena beliau (Nyai. Hj. Sumtin) juga merupakan sosok wanita sholihah yang hebat dalam membantu dakwah KHS. Abdullah Schal.

“Sebab lelaki yang hebat pasti wanita dibelakangnya adalah orang yang hebat dan ini sudah menjadi ketetapan kaidah,” jelas beliau.

Habib Muhammad Bin Umar Al-Haddar juga menyampaikan bahwa kita ini krisis orang-orang hebat seperti Nyai. Hj. Sumtin, beliau berharap semoga nanti akan lahir kembali wanita hebat seperti beliau yang memiliki sifat mulia dan bisa berjuang meneruskan jejak beliau.

“saya berharap akan lahir kembali seorang wanita yang hebat seperti Nyai. Hj. Sumtin yang memiliki sifat yang mulia dan bisa berjuang meneruskan jejak beliau,” Harap Habib Muhammad Bin Umar Al-Haddar.

Dan di akhir acara tersebut beliau berdoa semoga berkumpulnya kita disini menjadi saksi bahwa kita mencintai terhadap semua kekasih-kekasih Allah SWT, semoga kelak kita berkumpul dengan kekasihNya di surga,  semoga kita di sisa umur sekarang di beri taufiq serta hidayah oleh Allah SWT, dan semoga menjelang wafat kita dalam keadaan khusnul khotimah Amin Ya Rabbal Alamin.

 

Reporter : Bahruddun Alam

Editor : Ach Shoim

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.