SHOLAWAT INI SETARA DENGAN 40 KALI KHATAM DALAILUL KHAIRAT

oleh -12,375 views

 

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى ءَالِهِ وَأَصْحَابِهِ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ وَأَهْلِ بَيْتِهِ، عَدَدَ مَا فِي عِلْمِكَ صَلَاةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِكَ.

Syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabahaniy dalam kitab Sa’adatu ad-Daraini fi ash-Shalawati Sayyidi al-Kaunaini ﷺ mengatakan: “Saya menjumpai sholat ini dalam kitab Fatawa al-‘Allamah Syaikh Muhammad Shalih ar-Rais az-Zabidiy az-Zamzamiy al-Makkiy asy-Syafi’i ra, beliau berkata: “Al-‘Allamah Sayyidi ash-Shaghir Ibnu Mayyar mengatakan: “Barang siapa membaca shalawat ini 1 kali, maka seperti membaca Dalailu al-Khairat 40 kali”. Saya juga menemukan keterang yang sama dalam kitab Kunuzi al-Asror karya Syaikh Abdullah al-Khiyath bin Muhammad al-Harusyi al-Maghrabiy dari Saikhina al-‘Iyasyi dari Syaikh ash-Shaghir Ibnu Mayyar.

Redaksi sholawat ini nyaris serupa dengan sholawat:

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻋَﺪَﺩَ ﻣَﺎ ﻓِﻲ ﻋِﻠْﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻼﺓً ﺩَﺍﺋِﻤَﺔً ﺑِﺪَﻭَﺍﻡِ ﻣُﻠْﻚِ ﺍﻟﻠﻪِ

Yang pernah saya sebut dalam kitab saya bernama Afdhalu al-Shalawat ala Sayyidi as-Sadah ﷺ.

Dalam kitab Afdhalu al-Shalawat ala Sayyidi as-Sadah ﷺ tersebut Syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabahaniy memberi penjelasan terkait sholawat ini, beliau berkata: “Dikutip dari Sayyidi Ahmad ash-Shawiy dari sebagian ulama bahwa sholawat ini setara 600 ribu sholawat dan diberi nama sholawat as-Sa’adah. Al-Ustadz as-Sayyid Ahmad Dahlan mengutip redaksi sebagian al-‘Arifin mengatakan bahwa pahala membaca sholawat ini setara dengan membaca sholawat 600 ribu bagi siapa pun yang senantiasa membaca shalawat ini setiap Jum’at sebanyak 1000 kali.

Penulis; Abdul Adzim

Publisher : Fakhrul

Referensi:

Syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabahaniy| Sa’adatu ad-Daraini fi ash-Shalawati Sayyidi al-Kaunaini ﷺ| Daru al-Fikr hal 345

Syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabahaniy| Afdhalu al-Shalawat ala Sayyidi as-Sadah ﷺ| Daru al-Kutub al-Ilmiyah hal 82

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.