Lajnah Falakiyah Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Belum Bisa Melihat Hilal Di Condrodipo Gersik

oleh -654 views

Syaichona.net- Lajnah Falakiyah Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil atau yang dikenal dengan Lajnah Falakiyah Syaichona adalah suatu wadah bagi santri-santri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil yang fokus mendalami ilmu astronomi. Lembaga ini didirikan bertujuan untuk mengatur dan mengkoordinir semua yang berkaitan dengan astronomi. Banyak program yang dilaksanakan dalam lembaga ini, di antaranya penentuan waktu istiwa’, jadwal shalat, arah qiblat dan pembuatan Kalender.

Sabtu 6 Juli Lajnah Falakiyah Syaichona melaksana program tahunannya yaitu rukyatul hilal untuk menentukan tanggal 1 Muharram 1446 H. Pelaksanaan ini ditempatkan di Balai Rukyah NU Condrodipo Kab. Gersik. Program ini diikuti oleh anggota Lajnah Falakiyah Syaichona sebanyak 40 orang dari anggota junior dan senior beserta pengurusnya yang menjadi Pengawas. Rukyah ini diadakan sebagai praktik dan pengembangan wawasan para santri yang membidanginya Mengingat rukyah hilal perlu kemampuan khusus dan kejelian dalam melihat hilal.

Penghitungan hilal dalam rukyah ini menggunakan dua teori, yaitu ephimeris yang menjadi standar rukyah ahli falak masa kini dan kitab as-Syahru yang dijadikan perbandingannya. Adapun hasil penghitungan hilal tersebut sebagaimana diuraikan oleh Mas’udi sebagai berikut :

“Hasil Rukyat menunjukkan Ijtima’ 05:58:33 ketinggian hilal hakiki berada 4 derajat 28 menit dan hilal mar’inya 4 derajat 17 menit dari ufuk, muktsu hilal 17 menit, matahari terbenam pada jam 17:27:28 dengan azimut matahari 22 derajat 19 menit. Arah rukyah 297 derajat 39 menit, dengan keadan hilal miring keutara dan Elongasi 7 derajat 12 menit atau 7,5 cm, Cahaya hilal 1,1 cm dan Umur bulan 11 jam 28 menit,” tutur Mas’udi ketika di wawancarai oleh crew Syaichona.net

Ditambah juga penjelasan dari Senior Lajnah Falakiah Syaichona yang disampaikan oleh Ust. Sofiuddin sebagai berikut:

“Matahari terakhir terlihat pada jam 16:51, terbenam pada jam 17:27:28, Hilal tidak bisa terlihat dikarenakan kondisi dilokasi mendung dan kemudian hujan sehingga penetapan tanggal 1 Muharram 1446 menunggu keputusan dari Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (LF PBNU),” Ujarnya

Ust. Shofy juga menyampaikan harapannya agar para anggota Lajnah Falakiyah Syaichona sudah bisa mereka-reka dan tidak hanya mengetahui secara teori dan perhitungannya saja.

“Semoga teman-teman anggota Lajnah Falakiyah Syaichona setelah ini sudah bisa mereka-reka seperti apa peroses dan rakteknya agar tidak hanya mengetahui secara teori dan perhitungannya saja,” imbuhnya.

Reporter : Abdussalam

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.