Gus Ghofur : Perempuan Baik Pasti Akan Melahirkan Orang Hebat

oleh -1,018 views

“Perempuan yang baik akan melahirkan orang-orang yang hebat,” Ungkap KH. Dr. Abdul Ghofur Maimoen saat memberikan mauidzotul Hasanah dalam rangka memperingati 40 hari wafatnya al-maghfurlaha Nyai. Hj. Mutmainnah Aschal. Minggu, 07/04/24.

Dengan mengenang kebaikan-kebaikan dan perjuangan Nyai. Hj. Mutmainnah Aschal, beliau memaparkan kisah-kisah perempuan hebat yang diabadikan dalam Al-Qur’an.

“Setau saya dalam Al-Qur’an itu ada perempuan-perempuan hebat, ada Hannah istrinya Imron sebagaimana ayat

 إِنَّ ٱللَّهَ ٱصۡطَفَىٰۤ ءَادَمَ وَنُوحࣰا وَءَالَ إِبۡرَ ٰ⁠هِیمَ وَءَالَ عِمۡرَ ٰ⁠نَ عَلَى ٱلۡعَـٰلَمِینَ

Maryam ini adalah salah satu dari dua perempuan yang bisa bertemu malaikat Jibril, sebagaimana ayat

وَإِذۡ قَالَتِ ٱلۡمَلَـٰۤىِٕكَةُ یَـٰمَرۡیَمُ إِنَّ ٱللَّهَ ٱصۡطَفَىٰكِ وَطَهَّرَكِ وَٱصۡطَفَىٰكِ عَلَىٰ نِسَاۤءِ ٱلۡعَـٰلَمِینَ

Dan benar, perempuan yang beernama Maryam itu melahirkan seorang nabi yaitu Nabi Isa,” ungkap Gus ghofur, sapaan akrabnya.

Setelah menceritakan ibu Nabi Isa, beliau menceritakan perempuan hebat yang kedua yaitu ibunya Nabi Musa, penjelasan itu telah kami rangkum sebagai berikut :

“Ada lagi wanita hebat di al-Qur’an yaitu ibunya Musa, sebagaimana ayat

وَأَوۡحَیۡنَاۤ إِلَىٰۤ أُمِّ مُوسَىٰۤ أَنۡ أَرۡضِعِیهِۖ فَإِذَا خِفۡتِ عَلَیۡهِ فَأَلۡقِیهِ فِی ٱلۡیَمِّ وَلَا تَخَافِی وَلَا تَحۡزَنِیۤۖ إِنَّا رَاۤدُّوهُ إِلَیۡكِ وَجَاعِلُوهُ مِنَ ٱلۡمُرۡسَلِینَ

Jadi, perempuan kedua dalam Al-quran itu memang mendapat wahyu langsung dengan bertemu malaikat Jibril,” tutur Gus Ghofur

“Saya punya guru di Mesir, beliau buta tapi sangat alim, beliau mengatakan bahwa yang dimaksud mendapatkan wahyu ibunya Nabi Musa tersebut memang bertemu Malaikat Jibril bukan karena Ilham.” Imbuhnya

Dan wanita yang kedua ini juga melahirkan nabi, yaitu Nabi Musa, jadi wanita-wanita hebat itu akan melahirkan orang-orang hebat.

Selain itu, Gus ghofur juga memaparkan beberapa kisah perempuan-perempuan hebat yang melahirkan orang-orang alim sebagai berikut :

“Di daerah kami itu ada seorang perempuan yang melahirkan orang-orang hebat, yang pertama namanya Shinto’, semua anak-anaknya di sarang menjadi orang alim semua,” tutur beliau.

“Salah satu anaknya bernama Umar, beliau itu adalah gurunya Mbah Maksum Lasem, Mbah Baidowi Lasem, orang-orang alim itu ngajinya sama Umar, Shinto itu adalah istrinya seorang nelayan.” Jelas Gus Ghofur.

Gus ghofur menambahkan bahwa ada satu lagi kisah wanita hebat yang melahirkan orang alim berkat doa dari ibunya.

“Lalu ada lagi namanya Denoh, orangnya sangat baik, punya suami seorang kiai, dan Denoh ini punya keramat, pernah kejadian dia mencuci beras kemudian berasnya jadi emas, tapi dia bukan seneng malah bersedih dan menangis lalu berdoa kepada Allah : Gusti, saya itu tidak minta emas saya kepingin punya anak yang Sholeh Sholeha,” ungkap beliau.

“Nah dari ibu ini lahir Mbah Dol, Mbah Dol tidak pernah kemana-mana dan tidak pernah ke Arab, tapi tulisannya sama seperti Mbah Ihsan Jampes, KH. Ihsan tidak pernah ke Arab bahkan tidak pernah haji gara-gara tidak mau bank, dan beliau termasuk gurunya Syeikh Hasyim Asy’ari.” Imbuh beliau.

“Alhamdulillah kita malam hari ini 40 harinya Nyai Mut sekaligus launching buku putranya, KH. ismail. Semoga kader-kader Pesantren seperti beliau ini bermunculan sehingga pesantren-pesantren memiliki kader-kader hebat,Saya senang ada Gus Ismail, saya yakin beliau dari perempuan baik.” Tutur Gus Ghofur di akhir mauidzohnya.

Author : Adibahkey

Editor : Fakhrullah

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.