Bacaan Bilal Idul Fitri & Tata Caranya

oleh -250 views

Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba, hari itu merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam, hari dimana Allah menghalalkan untuk makan dan mengharamkan berpuasa.

Diantara kesunahan-kesunahan dalam hari raya adalah sholat Ied, sholat Ied biasanya dilaksanakan pada pagi harinya, baru setelah itu Khotib menyampaikan khutbahnya.

Proses khutbah ini tidak terlepas dari peran Bilal sebagaimana sholat Jumat, namun ada beberapa perbedaan dalam bacaan-bacaannya. Adapun bacaan-bacaan Bilal dan tata caranya akan kami jelaskan secara berurutan sebagai berikut :

1. Ketika Imam datang untuk memulai salat Ied, bilal segera berdiri untuk memberi aba-aba pertanda bahwa salat akan dimulai, dengan mengucapkan lafal:

الصَّلَاةَ سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ جَامِعَةً رَحِمَكُمُ اللّٰهُ

Lalu imam menuju mihrab untuk melaksanakan Salat Idul Fitri secara berjamaah.

2. Setelah salat Ied, bilal berdiri sambil memegang tongkat menghadap jamaah, dan mengucapkan lafal berikut:

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَ الْمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، إِعْلَمُوْا أَنَّ يَوْمَكُمْ هَذَا يَوْمُ عِيْدِ الْفِطْرِ، وَ يَوْمُ السُّرُوْرِ، وَ يَوْمُ الْمَغْفُوْرِ، يَوْمُ أَحَلَّ اللّٰهُ لَكُمْ فِيْهِ الطَّعَامَ ، وَحَرَّمَ عَلَيْكُمْ فِيْهِ الصِّيَامَ.

إِذَا صَعِدَ الْخَطِيْبُ عَلَى الْمِنْبَرِ اَنْصِتُوا أَثَابَكُمُ اللّٰهُ ، وَاسْمَعُوْا أَجَازَكُمُ اللّٰهُ ، وَأَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ اللّٰهُ

 3. Kemudian khatib menuju mimbar sambil menerima tongkat yang dipegang oleh bilal, setelah tongkat diterima oleh khatib maka Bilal mengucapkan sholawat dan doa sebagai berikut:

اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

اَللّٰهُمَّ قَوِّ اْلإِسْلاَمَ مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، وَانْصُرْهُمْ عَلَى مُعَانِدِيْ الدِّيْنَ رَبِّ اخْتِمْ لَنَا مِنْكَ بِالْخَيْرِ، يَاخَيْرَ النَّاصِرِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

4. Setelah itu Bilal duduk dan Khotib memulai khutbahnya

5. Saat khatib duduk diantara dua khutbah maka Bilal membaca sholawat, seperti contoh :

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

6. Setelah itu selesailah tugas sebagai Bilal sholat Ied

 

Referensi :

  • Buku Karya Langit, Pustaka Syaichona, Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil
  • Kitab Tarjamatu ar-Risalah fi Hikami as-Shola, Pondok Pesantren Sidogiri
  • LBM PCNU Trenggalek

 

Author : Fakhrullah

Ilustrator : Fakhrul

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.