Manfaat Membeli Kitab-kitab Ulama

oleh -532 views

Syaichona.net- Al-Habib Salim bin Abdullah bin Umar asy-Syathiriy mengatakan:

‎شِراء الكُتب مع النِّية الحسنة مِن أسباب سِعَّة الرِّزِق ويُورِث صاحبه الغنى. كان الأستاذ محمد الخانجي صاحب مكتبة الخانجي شغوفا بتحصيل الكتب وشرائها.. وكان عنده شقتان ملأهما بالكتب. وكان يقول: “شراء الكتب يعود على صاحبه بعشرة أضعاف الثمن مجرب قلت: وهو كذلك مجرب

“Membeli kitab-kitab dengan niat yang baik merupakan sebab diluaskannya rezeki dan akan mendatangkan kekayaan bagi pemiliknya. Ustaz Muhammad Al-Khaniji, pemilik penerbit Maktabah al-Khaniji sangat gemar mengoleksi dan membeli kitab. Ia punya dua rumah yang penuh dengan kitab. Ia sering berkata, membeli kitab akan mendatangkan uang berlipat-lipat daripada harga yang dibeli. Ini mujarab. Aku berkata, ini memang sangat terbukti.”

Dalam Nuzhatu al-Andhar fi Ajaibi at-Tawarikhi al-Akhbar karya Syaikh Mahmud Maqdisy menuturkan:

“Adapun Syaikh Sayyid Abdullah Muhammad al-Gharab, ia juga seorang yang gemar menyebarkan ilmu dan menjadi seorang imam besar di negaranya setara dengan posisi Syaikh al-Khamiy pasca wafatnya Syaikh al-Muakhir.

Baca Juga :

Ayahnya adalah seorang saudagar kaya. Suatu hari sang ayah memberinya harta yang banyak untuk bekal menunaikan ibadah ke tanah suci Makah dan memintanya agar sisa uang dibuat membelanjakan barang berdagang untuk dijual kembali di negerinya.

Ketika ia berangkat menuaikan ibadah haji dan singgah di Mesir, ia menyempatkan waktu untuk membeli aneka macam kitab dan saat ia telah kembali dari Makah, sang Ayah mengira ia telah membawa barang dagangan pesannya namun setelah barang bawaannya diturunkan, ternyata hanya berisi tumpukan kitab tidak ada barang yang lainnya.

Dengan penuh kemurkaan sang ayah bertanya kepadanya: “Wahai putraku mana barang dagangan yang engkau bisa bawa pulang?”

Ia menjawab: “Kitab-kitab ini wahai ayahanda”.

“Apakah engkau ingin membuatku jatuh miskin dan menghabiskan hartaku?.” Balas sang ayah dengan raut wajah kesal dan kecewanya.

Pasca kejadian itu Syaikh Abdullah Muhammad al-Gharab mengadu kepada gurunya.

Lantas sang guru memanggil ayah dari Abdullah Muhammad al-Gharab sembari menanyakan alasan kemarahannya. Beliau berkata:

لم غضبت من التّجارة الرّابحة الباقية، طيّب قلبك وابشر بالغنى فإن شراء الكتب يورث الغنى فهذه تجارة الآخرة حصلت ويعوّضك الله بتجارة الدنيا

“Kenapa kamu marah? saat putramu membeli dagangan yang labanya abadi. Tenangkan hatimu dan berbahagialah dengan kekayaan. Sesungguhnya dalam membeli kitab-kitab dapat menyebab kaya. Ini adalah dagangan (laba) akhirat yang akan kamu dapat, Allah ﷻ akan menggantinya kepadamu dengan dagangan dunia.

Setelah itu sang guru, mendoakan sang ayah dan semua keturunannya dengan doa barokah dan perlindungan.

Syahdan, doa sang guru terkabul dan menjadi kenyataan. Allah ﷻ benar-benar telah menggantinya dengan kekayaan yang melimpah dan kitab-kitab yang dibeli Abdullah Muhammad al-Gharab tetap ada hingga sekarang yang bermanfaat pada semua orang. Allah ﷻ juga melindungi anak keturunannya hingga sekarang.

Semoga Allah ﷻ senantiasa melindunginya, kita, mereka dan semua kaum Muslim. Amin

Penulis : Abdul Adzim

Publisher : Fakhrul

✍️ Referensi:

Syaikh Abu ats-Tsana’ Mahmud bin Said Muqaddisy ash-Shafaqisiy| Nuzhatu al-Andhar fi Ajaibi at-Tawarikhi al-Akhbar| Daru al-Kutub al-Ilmiyah juz 1 hal 392.

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.