Manfaat Membeli Kitab-kitab Ulama

oleh -554 views

Syaichona.net- Jika ditanya, apa manfaatnya mengkoleksi kitab-kitab atau buku-buku ilmiyah? Kadang dari semua kitab-kitab atau buku-buku itu, tidak semua tamat dibaca.

Syaikh Ibnu Hazam al-Andulisiy (W. 457 H.) dalam Risalahnya mengatakan:

والاستكثار من الكتب، فلن يخلو كتاب من فائدة وزيادة علم يجدها فيه إذا احتاج إليها، ولا سبيل إلى حفظ المرء لجميع علمه الذي يختص به. فإذا لا سبيل إلى ذلك فالكتب نعم الخازنة له إذا طلب، ولولا الكتب لضاعت العلوم ولم توجد. وهذا خطأ ممن ذم الإكثار منها، ولو أخذ برأيه لتلفت العلوم ولجاذبهم الجهال فيها وادعوا ما شاءوا. فلولا شهادة الكتب لا ستوت دعوى العالم والجاهل

“Dan perbanyak memiliki kitab, karena dalam kitab-kitab itu tersimpan banyak faidah dan dapat menambah pengetahuan baru yang ditemukan didalamnya ketika dibutuhkan. Seseorang tidak mungkin bisa menghafal semua ilmu yang menjadi bidangnya. Maka tidak jalan lain untuk memenuhi hal itu kecuali (dengan banyak mengkoleksi kitab). Kitab-kitab itu adalah solusi terbaik sebagai pembendaharaan pengingat lupa, saat diperlukan. Seandainya tidak ada kitab-kitab itu, tentu ilmu-ilmu itu akan sirna dan tidak akan ditemukan lagi pernyataan ini dianggap salah bagi kelompok yang mengecam orang-orang yang banyak mengkoleksi kitab dan seandainya (dibiarkan) mengambil pendapat dengan pemikirannya sendiri, tentu semua ilmu akan musnah, pendapat orang-orang yang bodoh akan dianggap lebih mempesona untuk diikuti dan mereka akan mengucapkan apa yang ia kehendaki. Seandainya tidak ada pembuktian yang valid dari kitab-kitab itu, tentu tidak ada bedanya antara orang alim dan orang bodoh.”

Waallahu A’lamu

Penulis : Abdul Adzim

Publisher : Fakhrul

✍️ Referensi:

Syaikh Ibnu Hazam al-Andulisiy| Risalah Ibnu Hazam al-Andulisiy| Al-Muassah al-Arabiyah li ad-Dirasati wa an-Nasyar Bairut juz 4 hal 77.

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.