Gedung Menjadi Miring Ketika Diinjak Syaikhona Moh. Kholil

oleh -1,236 views

Syaichona.net- Menukil dari kitab Risalatul Lathaif karangan RKH. Fakhrillah Aschal yang berisi tentang manakib Syaikhona Moh. Kholil Bangkalan bahwa konon Syaikhona Moh. Kholil pernah membuat gedung yang dia tempati menjadi miring.

Cerita lengkapnya, dulu Mbah Kholil, panggilan akrabnya, pernah diundang oleh seseorang untuk menghadiri acara dirumahnya, entah acara apa kurang jelas, namun yang pasti rumahnya sangat jauh dari Bangkalan.

Ketika sudah tiba pada hari yang telah ditentukan, para tamu undangan mulai hadir dan ditempatkan digedung yang besar. Akan tetapi acara belum juga dimulai sampai Shohibul Hajah kebingungan karena tamu undangan yang lain sudah menunggu lama.

Kemudian berdirilah seorang laki-laki yang tidak sabar menunggu dan bertanya “siapa yang ditunggu ?” “Kita menunggu Syaikhona Moh. Kholil” jawab salah seorang laki-laki didekatnya. Lalu bertanya lagi, “siapa dia, sampai acara ini tidak kunjung dimulai?” Tanya lagi dengan nada keras.

Baca Juga : Syaikhona Moh. Kholil dan Ilmu Nahwu

Tiba-tiba Mbah Kholil datang dengan mengendarai dokar dan langsung mengucapkan salam. Ketika Mbah Kholil menginjakkan satu kakinya, gedung tersebut langsung berubah miring. Orang-orang yang menyaksikan pada terkejut dan tidak satupun dari mereka yang berani menatap wajah Mbah Kholil.

Kemudian Mbah Kholil menginjakkan kaki yang satunya lagi maka seketika itu gedung tersebut menjadi lurus kembali seperti semula. Karena itu laki-laki yang sombong tersebut bertobat atas keangkuhannya dan minta maaf kepada Mbah Kholil.

Mbah Kholilpun memaafkan laki-laki tadi dan mendoakannya hingga laki-laki tersebut menjadi orang alim yang rendah hati.

Author : Fakhrullah

Editor : Fakhrul

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.