Khodim Al-Ma’had Syaichona Cholil Resmikan Lembaga Baru (TIEMAS)

oleh -852 views

Syaichona.net-  Khodim al-Ma’had Syaichona Moh. Cholil RKH. Fakhruddin Aschal resmikan Turats Ilmie Madrasah Al Ma’arif Syaichona (TIEMAS) yang berada dibawah naungan Madrasah Diniah Salafiyah Ma’arif Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan pada hari Kamis malam Jumat (28/07/23) di Perumahan Assalam.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil, Kepala Madrasah KH. Ismail Yahya Al Asholy dan segenap Asatid Madrasah Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan.

TIEMAS adalah suatu lembaga baru di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil untuk menjadi wadah dalam pembuatan karya ilmiah, baik itu berupa kitab taqrirah, syarah dan terjemah atau juga berbentuk buku, baik buku sejarah ataupun buku pendidikan.

Adapun visi dari TIEMAS ini adalah “Membuat belajar santri menjadi lebih mudah dan menyenangkan” sedangkan Misinya adalah “Memaksimalkan Kurikulum Madrasah dengan memodifikasi kitab-kitab salaf dengan wajah baru yang lebih sistematis dan praktis, menyusun suplemen tambahan untuk materi-materi yang dianggap sulit, membuat media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, baik berupa tulisan, vidio, alat peraga atau yang lain”.

Sebenarnya sebelum TIEMAS ini diresmikan, pembuatan karya ilmiah hanya dihususkan kepada kelas tiga aliyah yang hendak lulus, sehingga tercatat sampai sekarang sudah ada 12 kitab, diantaranya berbentuk taqrirah, tarjamah dan buku panduan ringkas seperti kitab haid, mawaris, tata cara wudhu’ dan lain-lain.

Ditengah acara KH. Ismail al-Ascholy menyampaikan bahwa nama TIEMAS ini diambil dari nama Putri Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, yakni saudari daripada RKH. Imron bin Syaichona Moh. Cholil

“TIEMAS adalah singkatan dari Turats Ilmie Madrasah Al Ma’arif Syaichona, dalam kata Ilmie kenapa harus ada E nya, karna kami bertabarruk dengan menggunakan nama ini kepada Syaichona Moh. Cholil bin Abdul Latif yang mana dalam kitab Syarkhul Kholil ala Jurmiyah beliau itu di muqoddimah atau di cavernya itu tertulis kata TIEMAS Raden Arbiah yang merupakan putri Syaichona Moh. Cholil saudari dari RKH. Imron bin Syaichona Moh. Cholil bin RKH. Abdul Latif,” Tutur KH. Ismail.

Beliau menyampaikan juga bahwa TIEMAS ini menjadi Putri dari Lajnah Turast Syaichona Moh. Cholil yang tugasnya untuk memodifikasi kitab-kitab yang di pelajari di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

“Alhamdulillah kita meresmikan TIEMAS ini di hari kamis malam, jangan dikatakan malam jumat biar ada kamisnya kalau kamis yang dulu itu kamis siangnya timas ini menjadi Putri dari Syaichona Moh. Cholil bin Abdul Latif yang mana begitu juga TIEMAS Turats Ilmie Madrasah Al Ma’arif Syaichona ini juga bisa dikatakan sebagai Putri dari Lajnah Turast Syaichona Moh. Cholil, jadi bagian Lajnah Turast itu bagian yang mencari kitab-kitabnya Syaichona Moh. Cholil kalau TIEMAS bagian yang memodifikasi kitab-kitab yang di pelajari di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil,” Jelas KH. Ismail selaku kepala madrasah al-ma’arif.

Reporter : Abdussalam

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.