Nihil, Rukyatul Hilal Bulan Dzulhijjah Tidak Membuahkan Hasil

oleh -241 views

Syaichona.net- Ahad (18/06/2023) para Pengurus Lajnah Falakiyah Syaichona mengadakan praktik rukyatul hilal di Pantai Gebang Arosbaya. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutinan bulanan Lajnah Falakiyah Syaichona untuk menunjang kapabilitas santri dalam praktik rukyatul hilal.

Selain para pengurus dari Lajnah Falakiyah Syaichona, hadir juga disana anggota falakiyah dari Pesantren al-Fitrah Kedingding Surabaya dan beberapa masyarakat sekitar yang ikut serta memeriahkan praktik rukyatul hilal bulan Dzulhijjah. Pengurus yang hadir dilokasi rukyat sejumlah 5 orang serta dipandu oleh pembina Falakiyah KH. Mauridi Masyhudi.

“Diusahakan untuk para anggota bisa melihat hilal sekitar 10 menit setelah terbenamnya matahari. agar para anggota terbiasa untuk melihat hilal.” Ujar KH. Mauridi Masyhudi ketika memberikan penjabaran kepada para perukyat disana.

sejumlah alat-alat rukyatul hilal dipasang diarea rukyat meskipun tinggi hilal serta elongasi hilal tidak cukup untuk menjadi acuan penetapan bulan baru. tercatat tinggi hilal penentuan bulan Dzul Hijjah sekitar satu derajat lima puluh enam menit dan elongasi bulan dan matahari sekitar 5 derajat. meskipun demikian para perukyat tetap antusias melakukan rukyatul hilal.

“Untuk tahun ini, penentuan awal bulan Dzulhijjah untuk Negara Indonesia insyaallah akan berbeda dengan Negara Arab Saudi. karena tinggi hilal disana sudah mumpuni untuk penentuan Bulan Dzulhijjah. Tutur pembina Lajnah Falakiyah Syaichona.

Kondisi tempat rukyatul hilal di Pantai Gebang saat proses rukyatul hilal terjadi mendung serta kriteria hilal yang tidak mumpuni membuat penetapan awal bulan Dzulhijjah nihil. berbeda dengan Negara Arab Saudi yang kriteria hilalnya sudah mumpuni untuk penetapan bulan baru.

meskipun diindikasikan ada perbedaan dalam penentuan awal bulan ini, diharap masyarakat tidak gaduh karena memang matlak yang berbeda antara Negara Indonesia dengan Negara Arab Saudi.

“Diharap dengan perbedaan ini tidak membuat masyarakat gaduh, karena memang matlaknya berbeda.” Sambungnya kemudian.

Reporter : Shofy Ad

Publisher : Fakhrul

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.