Gubernur Jawa Timur Agendakan Bedah Kitab Syaichona Cholil di Arab Saudi

oleh -1,174 views

Syaichona.net- Minggu (26/09/2022). Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turut menghadiri acara MUBES Ke-2 Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, dalam acara tersebut Ibu Khofifah berkesempatan untuk memberikan sambutan kepada para hadirin, yang terdiri dari Alumni, Santri dan simpatisan Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

Dalam sambutannya Ia menyampaikan bahwa kontribusi ulama Indonesia, terutama Syaichona Moh. Cholil sangat sangat besar bukan hanya di Indonesia akan tetapi juga di Timur Tengah.

“kontribusi keilmuan ulama-ulama Nusantara di timur tengah itu luar biasa, kalau bisa kita sampaikan pesan kontribusi keilmuan Ulama Indonesia di Timur Tengah maka akan ada proses yang bisa memberikan pencerahan lebih kuat resonansinya,” Tutur Ibu Khofifah.

Gubernur Jawa Timur juga mengatakan bahwa peran Syaichona Moh. Cholil bukanlah hanya untuk peradaban Bangsa Indonesia saja, akan tetapi juga untuk kesejahteraan dunia sebagaimana konsep Islam yang rahmatan lil alamin.

“Pesantren Syaichona Cholil bukan untuk membangun peradaban Indonesia, akan tetapi dari Pesantren Syaichona Cholil untuk membangun peradaban dunia,” Ucapnya

Oleh sebab itu, Ibu Khofifah berencana untuk menggali ideologi-ideologi Syaichona Moh. Cholil yang masih belum diketahui banyak orang dan ingin mengangkat kembali peran Syaichona Moh. Cholil dalam kancah Internasional.

“Minggu ketiga bulan November kita akan melakukan seminar di Riyadh Arab Saudi, dan salah satu kitab yang akan dibahas di sana adalah karya Syaichona Moh Cholil,”

Selain itu, Ibu Khofifah juga berencana untuk melakukan kerjasama dengan Perpustakaan terbesar di dunia, yakni perpustakaan Alexandria Mesir, beliau ingin mengadakan penukaran Turost dengan Alexandria atas dorongan dari Mentri dalam negri dan Mentri luar negri.

“Pak Mendagri (Mentri Dalam Negri) mendorong kami bersambung kemudian ibu Menlu (Mentri Luar Negri) juga mendorong kami supaya Jawa Timur melakukan kerjasama dengan  provinsi Alexandria Mesir, Insyaallah November ini kita akan ke sana,” Pungkasnya.

Ibu Khofifah berharap kepada semua santri, alumni dan simpatisan Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil agar tetap menjaga serta melestarikan warisan-warisan Syaichona Moh Cholil agar tetap terjaga eksistensinya untuk membangun peradaban.

“Seluruh santri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Kholil punya tugas yang luar biasa, punya tugas yang menurut saya tidak sederhana, untuk bagaimana bisa mengembangkan Islam rahmatan lil alamin, Islam penuh damai, Islam penuh kasih sayang, yang mana hal itu insyaallah akan menyampaikan pikiran-pikiran besar seorang pesona Syaichona Moh. Cholil untuk bisa menjadi referensi bersama dari kontribusi keilmuan Ulama Indonesia.” Tutur ibu Khofifah di akhir sambutannya.

Reporter : Abd. Rohman & Fajri

Editor : Fakhrullah

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.