Catatan Syaikh al-Bajuriy Tentang Mungkar Nakir

oleh -1,743 views

Syaichona.net- Syaikh Ibrahim bin Muhammad bin Ahmad asy-Syafi’i al-Bajuriy (w. 1276 h) dalam karyanya Hasyiyah al-Bajuriy saat menjelaskan doa untuk mayit:

وقه فتنة القبر وعذابه

Artinya: “Semoga Engkau menyelamatnya dari fitnah kubur dan siksanya.”

Beliau mengatakan; “Yang dimaksud dengan fitnah kubur dalam doa di atas adalah semoga Allah ﷻ menjaganya dari gagap atau benar saat menjawab pertanyaan malaikat Mungkar dan Nakir. Jika tidak seperti itu maka sesungguhnya pertanyaan malaikat Mungkar dan Nakir bersifat umum kepada setiap orang sekali pun ia tidak dikubur seperti orang mati tenggelam, kebakaran bahkan meski ia dihancurkan dan dihamburkan ke udara atau dijadikan santapan binatang.

Sedangkan membubuhi dengan kata fitnah dengan kata “al-Qabri” dalam doa itu berdasarkan lumrahnya. Kecuali para Nabi, para orang mati syahid sebab berperang membela agama dan anak kecil, menurut pendapat yang Mu’tamad (diakui kebenarannya) karena mereka tidak terkena Taklif (tidak dibebani perintah dan larangan syariat). Adapun tentang keterangan bahwa orang yang senantiasa membaca Surat Tabaraka al-Mulk setiap malam, maka tidak akan ditanya dan lainnya. Hal itu diarahkan pada arti diberikanya keringanan dalam menjawab pertanyaan malaikat Mungkar dan Nakir sekira tidak mendapatkan fitnah saat menjawab pertanyaan dari kedua malaikat itu.

Menurut Syaikh al-Bajuriy, orang yang telah mati tidak akan ditanyakan oleh malaikat Mungkar dan Nakir kecuali di kuburan tempat ia dibangkitkan kelak. Jika mayit dipindahkan pada tempat yang lain seketika setelah dipendam, maka ia tidak akan ditanyakan oleh malaikat Mungkar dan Nakir sehingga mayit dikembalikan lagi ketempat semula.

Menurut pendapat yang Mu’tamad (diakui kebenarannya), kedua malaikat tersebut dinamakan Munkar dan Nakir karena keduanya datang pada orang yang mati, baik yang mukmin atau yang kafir dengan bentuk yang menyeramkan. Pendapat ini berbeda dengan pendapat al-Mahsyiy yang mengikuti pendapat al-Qulyubiy, beliau mengatakan; “Bahwa Munkar dan Nakir adalah dua malaikat yang datang pada orang kafir. Sedangkan kedua malaikat yang datang pada orang mukmin, mereka bernama Mubasysyiran dan Basyiran. Malaikat Munkar dan Nakir selalu membawa Tongkat besi, seandainya dari kalangan kita (manusia) berkumpul untuk mengangkatnya tentu tidak ada yang kuat. Rasulullah ﷺ bersabda;

وهي في يده كهذه العصا في يدي

“Tongkat di tangannya seperti Tongkat ini di tanganku.”

Pertanyaan dari Malaikat Munkar dan Nakir terjadi sebelum himpitan kubur. Menurut pendapat yang benar keduanya bertanya kepada setiap orang yang telah meninggal dunia menggunakan bahasa mereka masing-masing. Ada pula yang berpendapat bahwa keduanya bertanya menggunakan bahasa Suryani karena itu as-Suyuthiy berkata;

ومن عجـيب مـا تـرى العـيـنان • أن سـؤال الـقــبر بـالسـريـانـي
أفـتى بـذاك شيـخـنا البـلقـيـني • ولـم أره لـغـــيـره بـعــــيــنـي

Di antara yang menakjubkan sesuatu yang dilihat dua mata •
Bahwa pertanyaan kubur menggunakan bahasa Suryani

Ulama yang berfatwa dengan pendapat itu adalah guru kita Syaikh al-Balaqiniy •
Dan aku dengan kedua mataku tidak melihatnya orang lain (berpendapat yang sama).

Terakhir Syekh Sa’id bin Muhammad Ba’asyin dalam karyanya Busyra al-Karim menambahkan:

ومن لايسأل في قبره لايعذب فيه. وكل مؤمن يوفق للجواب ولو عاصيا ولو بعد تلجلج

Dan barang siapa yang tidak ditanya Munkar dan Nakir, tidak akan disiksa di kuburnya. Set byiap orang beriman meskipun bermaksiat, tetap diberi pertolongan untuk menjawab pertanyaan malaikat kendati setelah tergagap-gagap saat ditanya. Waallahu A’lamu

Penulis : Abdul Adzim

Fakhrul : Fakhrul

Referensi:

✍️ Syaikh Ibrahim bin Muhammad bin Ahmad asy-Syafi’i al-Bajuriy| Hasyiyah Syaikh Ibrahim al-Bajuriy ala Syarhi al-Allamah Ibni al-Qasim al-Ghaziy| Maktabah asy-Syuruk ad-Dawliyah juz 2 hal 115-116.

✍️ Syekh Sa’id bin Muhammad Ba’asyin ad-Daw’iniy al-Hadhramiy| Busyra al-Karim Syarhi Masali at-Ta’lim| Daru al-Kutub al-Ilmiyah hal 48.

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.