SABAR ADALAH IBADAH PALING UTAMA

oleh -1,239 views

 

Awali pagi ini dengan bersyukur dan bersabar, karena siapa yang bersyukur akan ditambah sedang yang kufur akan dicabut nikmatnya.

Kemudian bersabar atas apa yang menimpanya dan kebutuhan atau keinginan yang belum tercapainya. Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam:

أفضل العبادات إنتظار الفرج من الله

“Paling utamanya ibadah, adalah menunggu kelapangan dari Allah.” (HR. Baihaqi, Qadha’i)

Yakni ketika suatu musibah menimpa seseorang, dia tidak mengeluh, akan tetapi bersabar dan menunggu kelapangan dari Allah.

Itulah yang dimaksud paling utamanya ibadah menurut hadits di atas. Karena bersabar atas ujian dan musibah berarti pasrah pada ketentuan Allah.

Sabar memang tidak secara cepat menyelesaikan masalah dan tidak bisa instan dapat membuka jalan kebuntuan, tapi dengan bersabar hati menjadi lebih tenang.

Mari simak kalam syair di bawah ini:

أن الأمور إذا وانسدت مسالكها

                                 فالصبر يفتح منها كل ما ارتتجا

لا تيأس و إن طالت مطالبة

                                 إذا استعنت بصبر أن ترى فرجا

أخلق بذى الصبر أن يحظى بحاجته

                                ومد من القرع للأبواب أن يلجا

“Ketika suatu perkara menjadi buntu jalannya, maka bersabar akan membuka segala yang tertutup.”

“Jangan pernah berputus asa kendatipun lamanya pengharapan, saat kau mencari pertolongan dengan kesabaran kau pasti akan melihat kelapangan.”

“Berpeganglah dangan akhlak orang yang sabar untuk memperoleh hajatnya, karena orang yang selalu mengetuk pintu dia akan memasukinya.”

Sabar itu mudah diucapkan tapi sulit dilakukan. Sabar bukan berarti diam tanpa usaha. Sabar adalah berusaha sembari menunggu pertolongan Allah, dengan tanpa mengeluh dan sesumbar di mana-mana.

Semoga kita semua diberi kesabaran atas segala yang tidak mengenakkan, serta diberi pahala atas kesabaran itu. Semoga disegerakan mendapat pertolongan Allah.

Oleh : Shofiyullah el_Adnany

Publisher : Fakhrul

Referensi : Tanqihul Qaulil Hatsits Fi Syarhi Lubabil Hadits | Syaikh Nawawi al-Banteni |

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.