KRONOLOGI DITULISNYA DALAILUL KHAIRAT

oleh -1,058 views

Syaichona.net- Di antara yang sering disampaikan oleh al-Maghfurlah RKH. Fakhrillah Aschal, kenapa beliau gemar bershalawat adalah sejarah tentang kronologi disusunnya kitab Dalailul Khairat oleh Imam al-Jazuli.

Syaikh Yusuf an-Nabhani, Syaikh Ahmad as-Shawi dan ulama-ulama lain menjelaskan, bahwa sebab-sebab dikarangnya kitab Dalailul Khairat adalah sebagai berikut:

حضرت وقت الصلاة وقام محمد الجزولي ليتوضأ فلم يجد ما يخرج به الماء من البئر، فبينما هو كذلك إذ نظرت اليه صبية من مكان عال، فقلت له: من أنت؟ فاخبرها. فقالت له: أنت الرجل الذي يثنى عليك بالخير وتتحير فيما تخرج به الماء من البئر!! ثم بصقت في البئر ففاض ماؤها على وجه الأرض. فقال الشيخ بعد أن فرغ من وضوئه: أقسمت عليك بم نلت هذه المرتبة؟ فقالت: بكثرة الصلاة على من كان إذا مشى في البر الأقفر تعلقت الوحوش بأذياله. فحلف يميناً أن يؤلف كتابا في الصلاة على النبي صلى الله علية وسلم

Ketika sudah masuk waktu shalat, Imam al-Jazuli hendak mengambil wudhu’ tapi tidak menemukan timba untuk mengambil air dari sumur.

Dalam keadaan bingung, lalu ada seorang anak kecil perempuan memperhatikan beliau dari tempat tinggi. Kemudian perempuan kecil itu bertanya, “Siapa, kamu?” Lalu dijawab oleh beliau panjang lebar seraya menjelaskan siapa dirinya.

“Kamu ini seseorang yang telah memuji dirinya sendiri dengan baik, tapi bisa kebingungan mengeluarkan air dari dalam sumur.” Kata perempuan kecil itu. Kemudian dia meludah ke dalam sumur itu. Dengan tiba-tiba air dari dalam sumur naik ke atas.

Imam al-Jazuli lalu mengambil wudhu’. Setelah selesai berwudhu’ beliau bertanya kepada perempuan kecil yang luar biasa tadi.

“Aku bersumpah atas dirimu, dengan apa engkau mendapatkan derajat mulia ini?”

“Dengan banyaknya membaca shalawat kepada seseorang yang ketika berjalan di daratan, binatang-binatang buas bergantung dengan ekornya.” Jawab anak kecil itu.

Lalu Imam al-Jazuli menoleh ke kanan dan bersumpah akan mengarang kitab yang berisi tentang shalawat kepada nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Wallahu A’lam

Menjelang 100 harinya, al-Maghfirlah RKH. Aschal

Oleh : Shofiyullah el_Adnany

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.