WAKTU YANG BAIK MELIPAT BAJU

oleh -3,200 views

Syaichona.net- Di antara pekerjaan rumah yang bikin malas adalah melipat baju, sehingga terkadang baju-baju itu jadi menggunung dan berakibat cepat kusut.

Melipat baju identik dengan pekerjaan wanita, padahal itu sebenarnya tugas laki-laki, dalam hal ini maksudnya seorang suami.

Islam adalah agama yang mengatur segala aktifitas manusia, mulai dia bangun tidur hingga mau tidur lagi, termasuk juga mengatur bagaimana melipat baju yang baik.

Baju yang dibiarkan bertumpuk tanpa dilipat ternyata sangat tidak baik, karena itu berpotensi menjadi sarang setan.

Rasulullah ﷺ bersabda,

اطووا ثيابكم فإن الشيطان لايلبس ثوبا مطويا

“Lipatlah baju kalian, karena setan tidak akan memakai baju yang sudah dilipat.”

Sedangkan manfaat dari melipat baju ialah membuat baju tersebut terpelihara kebagusannya, dan seperti kembali baru lagi.

Sesuai dengan ini Rasulullah ﷺ menganjurkan,

 اطووا ثيابكم ترجع إليها ارواحها

“Lipatlah baju kalian, maka akan kembali kebagusannya.”

Adapun waktu yang tepat untuk melipat baju adalah ketika malam hari, karena itu sesuai dengan sunnah menurut sebagian ulama.

قال بعض أهل العلم : يسن طي الثياب بالليل لأن الطي يرد إليها ارواحها، ويسمى الله عند ذلك فإن لم يفعل صار الشيطان يلبسها بالليل وهو يلبسها بالنهار فتبلى سريعا

Sebagian Ahlul Ilmi mengatakan, “Sunnah melipat baju di waktu malam, karena melipat baju dapat mengembalikan kebagusannya. Dan hendaknya menyebut nama Allah ketika melipat, jika tidak, akan dipakai setan di waktu malam, sedangkan orang yang punya baju memakainya di waktu siang. Maka baju tersebut bisa cepat rusak.”

Oleh : Shofiyullah el_Adnany

Publisher : Fakhrul

Referensi : Qurratul ‘Uyun Fi Nikahis Syar’i | Syaikh Abi Muhammad Maulana at-Tihami Kanun Idris al-Hasani.

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.