Perdana : Rapat Kerja Nasional Lajnah Wathonah di PP. Syaichona Moh Cholil

oleh -1,690 views

Ahad, 17 Juli 2022 Lajnah Wanita Thoriqoh an-Nahdliyyah (LAJNAH WATHONAH) adakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) untuk yang pertamakalinya yang bertempat di Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil Bangkalan.

Lajnah Wathonah tersebut merupakan bagian daripada Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (JATMAN), sebagimana yang dijelaskan oleh Nyai Hj. Sihhah Wal Afiah dalam sambutannya. “Sejarah singkatnya, pada mukatamar NU tahun 1956 perkumpulan ini sudah diusulkan nama, yakni Muslimat Thoriqiyah, kemudian ditertibkan pada muktamar yang ke-11 di Malang,”

“Setelah itu pada muktamar yang ke-13 di Pekalongan nama itu diganti menjadi Muslimat Watonah, namun nama Watonah memiliki arti Muslimat Warga Thoriqoh An-Nahdliyah, kemudian Ketika Jatman melakukan munas di Bengkulu digantilah menjadi Lajnah Wanita Thoriqoh an-Nahdliyyah dan ini merupakan follow up dari itu,” Jelasnya.

“kami selalu minta izin kepada NU untuk melakukan atau mengadakan acara, Lajnah Wathonah tidak membuat rumah baru, akan tetapi semua Lajnah Wathonah adalah semua Muslimat NU, namun yang membedakan adalah muslimatnya sudah berbai’at Thoriqoh.” Imbuhnya.

Ketua Lajnah Watonah, Nyai Hj. Sihhah Wal Afiah

Acara tersebut dihadiri oleh Habib Muhdlor Assegaf, Habib Ahmad Al-Habsy, Ketua PW Muslimat NU Nyai Hj. Masruroh, ketua PCNU Bangkalan KH. Makki Nasir, Bupati Bangkalan RKH. Abdul Latif Amin Imron, Dandim 0829 Bangkalan Letkol infantri Syarifuddin Liwak S.Ip, dan kapolres Bangkalan AKBP Wiwit Ari Wibisono.

Selain itu, banyak hadir pula pengurus Idaroh Aliyah (Pengurus Pusat), pengurus Idaroh Wustho (Pengurus Tingkat Provinsi) dan pengurus Idaroh Syu’biyah (Pengurus Tingkat Kabupaten atau Kota) dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sumatra Selatan, Kalimantan, Jawa barat, Jawa tengah, NTB, Bali dan berbagai daerah lainnya di Indonesia.

Sebelum acara pembukaan, semua peserta dan pengurus Lajnah Watonah melakukan istighosah terlebih dahulu yang bertempat di halaman Madrasah Salafiah Al-Ma’arif Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil Bangkalan.

Nyai Hj. Mutmainnah Aschal, selaku tuan rumah acara berharap “Semoga kedepan nanti, kami Bersama Lajnah Wathonah bisa menjadi kebanggan dari beliau Maulana Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya, semoga kita bisa bekerja sebaik-baiknya sehingga yang diraih oleh kita semua mendapat barokah dari beliau dan semoga kita semua beserta anak keturunan kita diakui oleh beliau di dunia lebih-lebih di akhirat.”

Harapan dari Maulana Habib Lutfi tentang Lajnah Watonah sebagaimana dalam Mars Thoriqoh An-Nahdliyah “Wanita Thoriqoh An-Nahdliyah adalah Wanita Thoriqoh yang setia kepada Bangsa Indonesia dan Wanita Thoriqoh sebagai madrasatul ummah akan membaktikan diri kepada Bangsa dan Negara, maka tema pada RAKERNAS yang pertama ini adalah “Dengan Rakernas Lajnah Watonah An-Nahdliyyah Kita Akan Memepergkokoh NKRI.” Tutur Nyai Hj. Sihhah Wal Afiah diakhir sambutannya.

Reporter : Fakhrullah

Para peserta dari berbagai Provinsi

Istighosah Muslimat NU
Istighosah bersama
Pelantikan Pengurus Syu’biyah Bangkalan

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.