GAGAP BICARA AKIBAT MENEGUK ASI YANG TIDAK HALAL

oleh -989 views

Syaichona.net- Di kisahkan, bahwa pada suatu hari Imam al-Haramain tampak gagap saat berbicara di forum debat terbuka. Lantas ada orang yang bertanya pada beliau:

“Wahai Imam! Melihat Anda gagap bicara dalam forum debat, bukan suatu yang biasa terjadi dari diri Anda. Kiranya apa yang menjadi penyebab?”

“Hal itu akibat dari sisa-sisa ASI (orang lain) yang pernah aku minum dulu.” Jawab Imam al-Haramain.

Orang itu bertanya lagi: “Bagaimana kisah lengkapnya wahai Imam?”.

Imam al-Haramain kemudian berkata:

“Kisah itu berawal dari kejadian, kala Ibuku sibuk di dapur memasak makanan untuk Ayah. Aku ditinggal sendirian di kamar dan saat itu aku masih bocah kecil, yang masih menetek ke Ibu.

Melihat ibuku tidak ada di sampingku, aku menangis layaknya anak kecil seusiaku mencari sang ibu. Ketepatan tidak jauh dari tempatku berada ada seorang budak wanita milik tetanggakun yang sedang menyusui anak majikannya. Aku pun menghampirinya dan ikut menetek satu atau dua tegukan pada budak wanita itu.

Tiba-tiba Ayahku datang dan memergokiku sedang menetek pada budak wanita itu. Ayahku marah dan langsung mengambil tubuhku dari pangkuan si budak wanita itu sembari berkata:

“Budak wanita ini bukan milik kita dan tidak idzin baginya dan temannya untuk menyusuhi putraku”.

Kemudian tampa bicara panjang lebar Ayahku berusaha memuntahkan ASI yang minum dengan cara mengangkat kedua kakiku keatas dan kepalaku ke bawah hingga perutku benar kosong. Nah, Akibat sisa-sisa ASI budak wanita itulah aku kadang gagap saat bicara.”

Beliau bernama lengkap Abul Ma’ali ‘Abdul Malik bin ‘Abdillah bin Yusuf bin Muhammad bin ‘Abdillah bin Hayyuwiyah Al-Juwaini An-Naisaburiy. Mengenai kelahiran beliau, menurut Ibnul Atsir, Ibnul Jauzi, dan Ibnu Taghri Bardi beliau lahir pada tahun 417 H. Sedangkan mayoritas sejarawan menyebutkan bahwa kelahiran beliau terjadi pada tanggal 18 Muharram tahun 419, atau yang bertepatan dengan tanggal 22 tahun 1028 M dan beliau wafat pada hari Selasa malam Rabu tanggal 25 Rabi’ul Akhir 478 H. bertepatan dengan 20 Agustus 1085 M.

Penulis : Abdul Adzim

Referensi:

✍️ 𝑺𝒚𝒂𝒊𝒌𝒉 𝑻𝒂𝒋𝒖𝒅𝒅𝒊𝒏 𝑨𝒃𝒊 𝑵𝒂𝒔𝒉𝒂𝒓 𝑨𝒃𝒅𝒖𝒍 𝑾𝒂𝒉𝒉𝒂𝒃 𝒃𝒊𝒏 𝑨𝒍𝒊 𝒃𝒊𝒏 𝑨𝒃𝒅𝒖𝒍 𝑲𝒂𝒇𝒊 𝒂𝒔-𝑺𝒖𝒃𝒌𝒊𝒚| 𝑻𝒂𝒃𝒂𝒒𝒂𝒕𝒖 𝒂𝒔𝒚-𝑺𝒚𝒂𝒇𝒊’𝒊𝒚𝒂𝒉 𝒂𝒍-𝑲𝒖𝒃𝒓𝒂| 𝑫𝒂𝒓𝒖 𝒂𝒍-𝑲𝒖𝒕𝒖𝒃 𝒂𝒍-𝑰𝒍𝒎𝒊𝒚𝒂𝒉 𝒋𝒖𝒛 3 𝒉𝒂𝒍 161.

✍️ 𝑺𝒚𝒂𝒊𝒌𝒉 𝒂𝒅-𝑫𝒂𝒌𝒕𝒖𝒓 𝑹𝒂𝒊𝒅 𝑺𝒂𝒍𝒊𝒎 𝑺𝒚𝒂𝒓𝒊𝒇 𝒂𝒕𝒉-𝑻𝒉𝒂𝒊𝒚| 𝑰𝒎𝒂𝒎 𝒂𝒍-𝑯𝒂𝒓𝒂𝒎𝒂𝒊𝒏 𝒘𝒂 𝑴𝒂𝒏𝒉𝒂𝒋𝒂𝒕𝒊 𝒇𝒊 𝑲𝒊𝒕𝒂𝒃 𝒂𝒍-𝑰𝒓𝒔𝒚𝒂𝒅 𝒊𝒍𝒂 𝑸𝒂𝒘𝒂𝒕𝒉𝒊’𝒊 𝒂𝒍-𝑨𝒅𝒊𝒍𝒂𝒕𝒊 𝒇𝒊 𝑼𝒔𝒉𝒖𝒍 𝒂𝒍-𝑰’𝒕𝒊𝒒𝒂𝒅𝒊| 𝑫𝒂𝒓𝒖 𝒂𝒍-𝑲𝒖𝒕𝒖𝒃 𝒂𝒍-𝑰𝒍𝒎𝒊𝒚𝒂𝒉 53-54.

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.