KEUTAMAAN BULAN DZULHIJJAH

oleh -1,038 views

 

Bulan Dzulhijjah, Bulan yang ditunggu-tunggu santri, khususnya santri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil, karena pada bulan tersebut selain bulan hari raya idul adha juga merupakan bulan yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT, sehingga dianjurkan pada bulan tersebut agar memperbanyak amal-amal baik, seperti tiga bulan mulia lainnya yakni Rajab, Sya’ban dan Dzulqo’dah sebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW :

حدثني محمد بن المثنى حدثنا عبد الوهاب حدثنا أيوب عن محمد عن ابن أبي بكرة عن أبي بكرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال الزمان قد استدار كهيئة يوم خلق السموات والأرض السنة اثنا عشر شهرا منها أربعة حرم ثلاثة متواليات ذو القعدة وذو الحجة والمحرم ورجب مضر الذي بين جمادى وشعبان

Artinya : Dari nabi SAW, beliau bersabda “Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana bentuknya semula di waktu Allah menciptakan langit dan bumi. Setahun itu ada dua belas bulan, diantaranya terdapat empat bulan yang dimuliakan, tiga bulan berturut-turut; Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram serta satu bulan yang terpisah yaitu Rajab Mudhar, yang terdapat diantara bulan Jumada Akhirah dan Sya’ban.”

Disamping itu, selain dianjurkannya memperbanyak amalan di bulan Dzulhijjah, kita juga dianjurbkan agar tidak berlaku dzolim kepada orang lain, terlebih kepada diri sendiri, sebagaimana yang dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al-qur’an surah at-taubah

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ (التوبة : 36)

Artinya : Sesungguhnya bilangan bulan menurut Allah SWT ialah dua belas bulan pada ketetapan Allah SWT di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah SWT beserta orang-orang yang bertakwa.

Dan Rasulullah SAW juga bersabda :

عن النبي – صلى الله عليه وسلم- قال: ما العمل في أيام أفضل منها في هذه الأيام – يعني: أيام العشر- ” قالوا: ولا الجهاد؟ قال: ” ولا الجهاد، إلا رجل يخرج يخاطر بنفسه وماله، فلم يرجع بشيء .

Artinya : Dari Nabi SAW, Beliau bersabda “Tidak ada hari di mana amal shaleh di dalamnya sangat dicintai oleh Allah  melebihi sepuluh hari pertama bulan Dzul Hijjah. Para sahabat lantas bertanya “apakah amal itu dapat membandingi pahala jihad fi sabilillah?” bahkan amal pada 10 hari Dzulhijjah lebih baik dari pada jihad fi sabilillah kecuali jihadnya seorang lelaki yang mengorbankan dirinya, hartanya, dan dia kembali tanpa membawa semua itu (juga nyawanya) sehingga ia mati sahid. Tentu yang demikian itu (mati sahid) lebih baik.”

Maka dari itu, selain dianjurkan banyak berpuasa pada bulan Dzulhijjah, juga di sunnahkan memperbanyak Dzikir, Sholawat, bersedekah, dan lain-lain. Allahu a’lam

Author : Fakhrullah

Editor : Fakhrul

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.