KENAPA ORANG MUSLIM INDONESIA GEMAR MEMBACA SURAT YASIN?

oleh -1,479 views

Syaichona.net- Surat Yasin adalah salah satu Surat yang termaktub dalam al-Qur’an. Terdiri 83 Ayat merupakan surat ke-36 dan termasuk golongan Surat-surat Makkiyah.

Orang Muslim Indonesia sangat gemar membaca Surat yang satu ini, baik secara individu atau secara masal. Di malam Jum’at atau diacara tahlilan, istighosah dan lainnya. Lalu apa saja keutamaan dan istimewaan Surat Yasin ini?

Berikut penjelasan, Syaikh Hamami Zadah Afandi dalam Tafsirnya yang diberi nama Tafsir Hamamiy menuliskan:

Sebab musabab diturunkannya Surat Yasin adalah bahwa suatu ketika orang-orang Kafir membicarakan Nabi Muhammad ﷺ. Katanya: ” Muhammad itu bukan siapa-siapa, bukan pula seorang utusan. Ia hanyalah anak yatim yang diasuh Abu Thalib. Ia tidak pernah sekolah dan tidak pernah belajar suatu ilmu pada seorang guru. Lalu bagaimana dia mengaku menjadi Nabi?”. Oleh sebab itu orang-orang Kafir mengingkari kerasulan dan kenabian Nabi Muhammad ﷺ.

 

Pengingkaran orang-orang Kafir ini, dijawab oleh Allah ﷻ dengan menurun Surat Yasin:

 

يٰسۤ ۚ ﴿۱﴾ وَالْقُرْاٰنِ الْحَكِيْمِ ۙ ﴿۲﴾ اِنَّكَ لَمِنَ الْمُرْسَلِيْنَ ۙ  ﴿۳

Artinya: “Ya Sin. Demi Al-Qur’an yang penuh hikmah. Sungguh, engkau (Muhammad) adalah salah seorang dari rasul-rasul, (QS. Yasin:1-3).

Dan Allah ﷻ memberikan penyaksian dengan dzat-Nya yang Maha Agung atas kerasulan dan kenabian Nabi Muhammad ﷺ, Allah ﷻ berfirman:

يا محمد ان أنكر الكفار رسالتك فلا تغتم بذالك أنا أشهد إنك لمن المرسلين.

Artinya: “Wahai Muhammad, jika orang-orang kafir itu mengingkari kerasulanmu, maka kamu tidak perlu bersedih, saya (Allah ﷻ) bersaksi bahwa engkau salah seorang dari para Rasul.

Ketika surat Yasin ini sebagai petanda dan kesaksian atas kerasulan Muhammad ﷺ, Maka tidak diragukan lag bahwa Surat Yasin merupakan Qolbu al-Qur’an (hati dari Al-Qur’an) sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah ﷺ:

إن لكل شيئ قلبا, وقلب القرأن يس ومن قرأها كتب الله له قراءة القرأن عشر مرات.

Artinya: “Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai hati (inti), dan hati dari Al-Qur’an adalah surat Yasin. Barang siapa yang membacanya maka Allah ﷻ mencatatnya pahala membaca Al-Qur’an 10 kali”

Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah ﷺ:

أن الله تعالى قرأ سورة يس و طه قبل ان يخلق السموات والأرض بألفي عام فلما سمعت الملائكة قالوا طوبى لأمة محمد نزل عليهم هاتان السورتان, وطوبى لمن تحمل بهما وطويى لألسنة تتكلم بهما.

Artinya: “Sesungguhnya Allah ﷻ membaca surat Yasin dan Thaha 2000 tahun sebelum menciptakan langit dan bumi, dan ketika malaikat mendengarnya, mereka berkata: “Sungguh beruntung umat Nabi Muhammad ﷺ yang telah diturunkan kepadanya dua surat tersebut, dan sungguh beruntung bagi siapa yang membaca dan menghafalnya, dan sungguh beruntung bagi lisan yang mengucapkan keduanya.”

Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah ﷺ:

إن أهل الجنة لا يقرؤون شيئا من القرأن الا طه و يس وسورة الرحمن.

Artinya: “Sesungguhnya ahli surga hanya membaca Al-Qur’an berupa surat Thaha, Yasin dan Ar-Rahman.”

Sebagaimana Rasulullah ﷺ bersabda:

وكما قال عليه السلام أيما مسلم ومسلمة قرئ عندهما سورة يس وهما في سكرات الموت نزل عليهما بعدد كل حرف عشرة أملاك يقومون بين أيديهما صفوفا يصلون عليهما ويستغفرون لهما ويشهدون غسلهما ويتبعون جنازتهما.

Artinya: “Barang siapa saja orang Muslim dan Muslimah dibacakan surat Yasin ketika sakaratul maut, maka turun 10 Malaikat di setiap huruf yang dibacakan, mereka berbaris di depan keduanya dengan sholat dan beristighfar untuk keduanya dan para malaikat tadi menyaksikan pemandiannya serta mengantarkan jenazahnya.”D

Dan sebagaimana Rasulullah ﷺ bersabda:

أكثروا قراءة هذه السورة فإن فيها خصائص كثيرة

Artinya: “Perbanyaklah kalian membaca surat Yasin ini, karena sesungguhnya surat Yasin memiliki beberapa kekhususan (khasiat) yang banyak.”

Dalam syarah hadits tersebut dijelaskan:

أن الجائع اذا قرأها بحضور القلب أشبعه الله من فضله وان قرأها الخائف أذهب الله تعالى حزنه وخوفه وان قرأها الفقير خلص من دينه واذا قرأها ذوالحاجة قضى الله تعالى حاجته ومن قرأها في الصبح يكون في امان الله الى المساء وفي أي بلدة اذا تليت او فسرت رفع الله تعالى عنهم البلاء والقحط والغلاء والطاعون والوباء والمرض بحرمتها ومن قرأها في الليل يكون أهله في امان الله الى الصبح واذا قرئت على الميت خفضت عنه عذاب القبر ان كان من اهل العذاب والا فتكون في روحه وراحته زيادة لأن القبر روضة من رياض الجنان او حفرة من حفر النيران.

“Sesungguhnya ketika seseorang lapar lalu membaca surat Yasin dengan Hudluru al-Qolbi (memahami dan merenungi maknanya dengan sungguh) maka Allah ﷻ akan menjadikannya kenyang, dan barang siapa yang membacanya di waktu Pagi maka akan dijamin keamanannya oleh Allah ﷻ sampai waktu Sore. Dan dimana saja surat tersebut dibaca, maka Allah ﷻ akan mengangkat bencana, paceklik, tingginya harga kebutuhan pokok, penyakit menular, wabah dan penyakit darinya sebab kemuliaan surat Yasin itu. Dan barang siapa yang membacanya di waktu Malam maka keluarganya akan ditanggung keamanannya oleh Allah ﷻ sampai Pagi hari. Ketika mayit dibacakan surat Yasin, maka berkuranglah siksa kuburnya, jika si mayit termasuk orang yang disiksa, dan jika tidak maka bertambahlah kelapangan baginya. Karena sesungguhnya kubur merupakan taman surga atau bisa menjadi lubang neraka bagi si mayit.” Wallahu a’lam.

Penulis : Abdul Adzim

Publisher : Fakhrul

Referensi:

✍️ Syaikh Hamami Zadah Afandi| Tafsir Yasin Hamami| Toko kitab al-Hidayah hal 2.

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.