AIR JEDING OBAT SEGALA PENYAKIT

oleh -237 views

Syaichona.net- Jeding tempat santri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil berwudhu’. Bangunannya tidak pernah berubah dari dulu sampai sekarang. Entah saya belum tahu, apakah itu peninggalan Syaikhana atau bukan.

Namun airnya dipercaya dapat dijadikan obat segala penyakit, termasuk obat menyembuhkan santri yang tidak kerasan ada di pondok.

Bahkan katanya, air jeding itu dulu pernah menyembuhkan sakit karena sengatan ular, atas anjuran KHS. Abdullah Schal.

Tentang khasiat sisa air wudhu’ memang banyak hadis yang menjelaskan, di antaranya adalah riwayat Imam Al-Dailami dari Abu Umamah, bahwa Nabi shallallahu ‘alaih wa sallam bersabda;

ﺍﻟﺸُّﺮْﺏُ ﻣِﻦْ ﻓَﻀْﻞِ ﻭُﺿُﻮْﺀِ ﺍْﻟﻤُﺆْﻣِﻦِ ﻓِﻴْﻪِ ﺷِﻔَﺎﺀٌ ﻣِﻦْ ﺳَﺒْﻌِﻴْﻦَ ﺩَﺍﺀً ﺃَﺩْﻧَﺎﻫَﺎ ﺍْﻟﻬَﻢُّ

“Meminum dari sisa air wudhu orang mukmin, di dalamnya ada kesembuhan dari tujuh puluh penyakit. Yang paling ringan adalah kesedihan.”

Dulu saya punya teman mondok, dia tidak kerasan. Setiap dikirim oleh orang tuanya pasti menangis, padahal dia sudah tidak muda lagi, bahkan lebih tua dari saya.

Santri-santri yang lain menyarankan agar dia sering-sering minum air jeding tempat wudhu’. Tapi ternyata belum mampan, hatinya masih terus gundah dan tidak betah.

Salah satu keluarganya sampai minta tolong kepada saya, suruh ambilkan air got dan suruh diminumkan kepada dia yang tidak kerasan. Tapi lagi-lagi dia tetap tidak betah di pondok.

Setelah ditelusuri masalahnya, ternyata dia tidak kerasan karena kebelet kawin. Dan tepat sekali, dia hanya bertahan beberapa bulan di pondok, kemudian boyong dan langsung kawin. 😁

Oleh : Shofiyullah el_Adnany

Publisher : Fakhrul

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.