HABIB AHMAD AL-HABSYI: SEMANGAT SYAICHONA MOH. CHOLIL DALAM MENUNTUT ILMU

oleh -208 views

Syaichona.net- Dalam memperingati Haul Syaichona Moh. Cholil yang ke 100 Tahun terdapat berbagai rangkaian acara pada tepatnya pada tanggal 25 Ramadhan 1443 H. / 26 April 2022 M. dan 27 Ramadhan 1443 H. / 29 April 2022 M. yang dikemas dengan pembacaan tahlil bersama serta dilanjutkan dengan pembacaan dzikir dan sholawat al-habsyi.

jadwal rangkaian acara Haul Syaichona Moh. Cholil yang ke 100 Tahun diantara lain: pada tanggal 25 Ramadhan 1443 H. / 26 April 2022 M. Selasa malam, Tabligh Akbar bersama Habib Ahmad Al-Habsyi (solo) dan Sholawat bersama, bertempat di halaman Musholla Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil  dan pada tanggal 27 Ramadhan 1443 H. / 28 April 2022 M. Kamis malam pembacaan Dzikir, Sholawat bersama Ahbabul Musthofa dan Shollu Community yang bertempat di Masjid NurusSyadzily Kec. Galis. dilanjut tanggal 27 Ramadhan 1443 H. / 29 April 2022 M. Jum’at, pembacaan Tahlil dan Buka Bersama di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

Pada tanggal 25 Ramadhan 1443 H. / 26 April 2022 M. tepatnya hari Selasa malam Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan menyelenggarakan Tabligh Akbar bersama Habib Ahmad Al-Habsyi (solo) Dalam memperingati Haul Syaichona Moh. Cholil yang ke 100 Tahun dengan pembacaan dzikir, sholawat dan tahlil bersama, yang bertempat di halaman Musholla Pesantren Selasa malam (26/04).

Acara tersebut diawali dengan pembacaan tahlil bersama yang dipimpin oleh KH. Agus Lukman Hakim serta diikuti oleh seluruh santri dan ribuan masyarakat Bangkalan yang hadir.

kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Dzikir dan Sholawat Al-Habsi bersama Ahbabul Musthofa yang dipimpin langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan RKH. Fakhrillah Aschal.

Acara tersebut dihadiri oleh para ulama dan habaib serta seluruh santri, lapisan masyarakat dan para fakhers mania Bangkalan.

Dalam tausyahnya Habib Ahmad Al-Habsyi (solo) menyampaikan dengan menghadiri majelis dan dibacakan sejarah Syaichona Moh. Cholil supaya kita lebih mengenal sejarah hidup beliau dan mempunyai semangat dan keinginan untuk mengikuti jalan hidup beliau karena menurut Imam Junaid hikayahnya orang sholeh itu ” جند من جنود الله “ , tentaranya Allah yang menguatkan hatinya para murid.

“mumpung kita ada di majelis yang baik dan bulan yang baik ayo benahi niat kita keluar dari majelis ini kita niat menteladani Syaichona Moh. Cholil Bangkalan kita meniru akhlaknya, meniru semangatnya,” tutur beliau.

“sesungguhnya Syaichona Moh. Cholil waktu masih kecil semangatnya belajar, belajar dan belajar, hari Jum’at libur beliau sedih karena ,masih semangat-semangatnya belajar tapi libur pada saat umur 20 tahun dimana anak muda sekarang menghabiskan masa mudanya untuk yang bikin lalai kepada Allah, Syaichona Moh. Cholil di usia seperti itu beliau memikirkan bagaimana caranya sampai ke Makkah ingin bertemu dengan para Ulama dan ingin mengambil ilmu,” jelas beliau.

“ayo semangati diri kita jangan sampai malas menuntut llmu dan didik pula anak-anak kita dengan pendidikan yang baik agar Madura ini bisa terus tetap melahirkan cholil-cholil yang selanjutnya melahirkan orang-orang yang meneruskan perjuangannya Syaichona Moh. Cholil, menjadi penerusnya Syaichona Moh. Cholil yang menyebar luaskan ilmu Syariatnya Allah, menyebar luaskan Rahmat yang dibawa Nabi Muhammad SAW, menyebar luaskan Akhlaqnya Nabi Muhammad SAW,”. tutur beliau

Di penghujung acara di tutup dengan pembacaan Doa yang dipimpin langsung oleh Habib Ahmad Al-Habsyi (solo).

 

REPORTER: Bahrudin Alam

 

 

 

 

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.