SATU ABAD HAUL SYAICHONA MUHAMMAD KHOLIL, REFLEKSI PERJUANGAN ULAMA DAN SANTRI

oleh -2,729 views

Syaichona.net- Pada Kamis malam Jum’at Legi, jam 03:30, tanggal 29 Ramadhan 1343 H atau bertepatan dengan tanggal 23 April 1925 M Syaichona Muhammad Kholil bin Abdul Latif pulang keharibaan Allah ﷻ dan di kebumikan di desa Mertajesa, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan.

Bumi berduka dan langit menangis menatap kepergian Syaichona Muhammad Kholil. Madura khusus Bangkalan kehilang putra terbaiknya. Bukan hanya di Demangan Bangkalan bahkan di seantero Nusantara seluruh pencinta Syaichona Muhammad Kholil larut dalam isak duka kehilangan Sang Guru Panutan. Keesokan harinya, ribuan manusia datang dari segala penjuru berkumpul di Bangkalan untuk memberikan penghormatan yang terakhir kalinya pada Syaikhona Muhammad Kholil. Semuanya ingin mengantarkan Sang Maha Guru sampai ketempat peristirahatannya yang terakhir. Di hari itu Bangkalan menjadi lautan manusia. Tangis dan tahlil membahana memenuhi langit Bangkalan. Semua tenggelam dalam kesedihan dan doa.

Setelah ribuan jama’ah men-sholatkan jenazah beliau di Masjid Agung Bangkalan, suasana keharuan dan kepiluan hati menyelimuti kediaman Syaichona Muhammad Kholil. Rasa itu semakin dalam tatkala keranda yang membalut jenazah beliau bergerak perlahan meninggalkan kediaman beliau. Lautan manusia penuh sesak turut mengantarkan kepergian beliau. Setiap orang berebut meski sekedar bisa menyentuh bambu dan kelambu keranda yang melaju syahdu. Mereka sadar hari esok tidak akan ada lagi, Sang Maha Guru telah pulang kepangkuan Ilahi Rabbi.

Sesampainya di pemakaman, seluruh pelayat tumpah ruah menyaksikan Sang Maha Guru di kemayamkan. Lantunan Tahlil dan doa tidak henti-henti mengiringi jenazah beliau dibaringkan yang diakhiri dengan ucapan: “Selamat Jalan Syaichona Muhammad Kholil, Selamat Jalan Sang Waliyullah, Selamat Jalan Sang Maha Guru Nuswntara.”

*****

Syaichona Muhammad kholil telah lama meninggalkan kita semua, namun jejak langkah dan jasa-jasa besar beliau akan terus berjalan dan dikenang sepanjang masa.

Pada hari Ahad, tanggal 29 Ramadhan 1443 H atau bertepatan dengan tanggal 1 Mei 2022 M mendatang genap satu abad haul Syaichona Muhammad Kholil.

Haul Syaichona Muhammad Kholil sendiri, sering diperingati oleh keluarga besar dan anak cucu beliau setiap tahunnya hingga saat ini dan haul Syaichona Muhammad Kholil yang paling Akbar, menurut pengetahuan penulis dilaksanakan di Ponpes Syaichona Moh Cholil, Demangan Barat Bangkalan setiap tanggal 27 Ramadhan. Namun tidak menutup kemungkinan di daerah lain santri-santri Syaichona Muhammad Kholil dan penerusnya juga rutin memperingati haul beliau semisal di Masjid Kyai Saleh, Kelurahan Lateng, Kecamatan Banyuwangi yang diselenggarakan setiap tahun pada 29 Ramadhan. Hal itu sebagaimana yang disampaikan Takmir Masjid Kiai Saleh pada Radar Banyuwangi mengatakan: “Kyai Saleh salah satu santri Syaichona Muhammad Kholil Bangkalan, dulu saat masih hidup. Beliau selalu menggelar haul gurunya pada 29 Ramadhan. Maka saat ini kami dan warga Lenteng Banyuwangi meneruskan amanah beliau untuk menggelar haul Syaichona Muhammad Kholil Bangkalan setiap tahun.”

Haul ke seratus Syaichona Kholil kala ini selain sebagai wujud dari penghormatan, kekaguman, dan kebanggaan kepada Sang Maha Guru, juga untuk membumikan ajaran-ajaran beliau, memutar kembali jejak rekam sejarah perjuangan beliau sekaligus menjadi momen refleksi perjuangan para ulama dan santri. Dimana, ajaran beliau telah menjadi model pendidikan asli Nusantara hingga saat ini dan perjuangan beliau menjadi spirit mengusir penjajahan dari bumi pertiwi yang digelorakan kaum santri di masa penjajahan. Selain itu kecintaaan dan keperdulian beliau terhadap negara telah menjadi gagasan kebangsaan dan bernegara yang toleran, adil dan beradab sekaligus menjadi founding fathers tegaknya Negara kesatuan Republik Indonesia.

Berikut jejak rekam sejarah Syaichona Muhammad Kholil yang patut kita apresiasikan dan kita teladani:

𝑺𝒚𝒂𝒊𝒄𝒉𝒐𝒏𝒂 𝑲𝒉𝒐𝒍𝒊𝒍 𝑺𝒆𝒃𝒂𝒈𝒂𝒊 𝑴𝒂𝒉𝒂 𝑮𝒖𝒓𝒖

Gelar “Syaichona” disematkan kepada Syaikhona Muhammad Kholil bukan hanya kedalaman ilmu yang dimiliki beliau tapi juga karena kontribusi beliau mencetak ribuan bahkan jutaan santri dari berbagai penjuru Nusantara hingga yang berasal dari luar negeri sebagaimana dicatat dalam manuskrip Syaikh Yasin bin Isa al-Fadani tentang biografi Syaichona Muhammad Kholil. Dalam manuskrip itu Syaikh Yasin al-Fadani menuliskan:

تصديه للتعليم وتلاميذه

برع في علوم كثيرة وخاصة في الحديث والفقة وعلوم العربية فكان أبرع علماء جاوا وأعلمهم في زمانه حتى عرف عنه الشيخ الجاويين فاستقرأ خيرا بمسقط رأسه (بنكلان) بعد ما غاب عنها مدة غير قليلة وبني زاويه بها وقصده الناس للطلب وتخرج على يديه أكثر من مليون نفس من انحاء إندونسيا من بين هؤلاء ثلاثة ألاف أئمة أعلام يشار إليهم بالبنان في جزيرتي جاوا وسومطرا وجزيرة مادورا ويطلق على كل واحد منهم اسم الكياهي بمعنى العلامة الكبير ومنهم أكثر من مائتى عربي يطلق على كل واحد منهم اسم العلامة أو العارف أو الفقية فمنهم:

 

١- العلامة الكبير العارف بالله الناسك كياهي أحمد معصوم اللاسمي نزل داري في أخر حجته وشيخنا ومجيرنا عنه.

٢- العلامة المتفنن العمر توبكوس بكري السمفوري محبنا وشيخنا ومجيرنا عنه.

٣- السيد أحمد الحسن آل الجندان العلوي الحسين

٤- المحدث الشابة السيد صالح بن أحمد آل الجندان شيخ دار الحديث والمكتبة الفخرية بجاكرتا زملينا ومجيرنا عنه.

٥- الشيخ الفقية إمام بن باقر بن عبد السلام البليتاري الملائي-أخذ عنه القراءات والنحو.

“Pemburuan ilmu dan murid-murid beliau:

Beliau pakar dalam banyak ilmu, lebih-lebih dalam bidang ilmu Hadits, Fiqih dan ilmu-ilmu berbasis bahasa Arab. Beliau adalah paling hebatnya ulama Jawa dan paling alimnya ulama di zamannya sehingga beliau dijuluki “Maha Guru orang-orang Jawa”. Setalah melalui pengembaraan ilmu yang sangat panjang, beliau kemudian menetap di tanah tumpah darah (kampung halaman)nya yaitu di Bangkalan Madura. Membangun pondok di sana dan banyak santri yang berbondong-bondong menimba ilmu kepada beliau. Lebih dari jutaan santri yang mengaji kepada beliau, berasal dari segala penjuru Indonesia. Diperkirakan tiga ribu dari santri beliau telah menjadi tokoh terkemuka di pulau Jawa, Sumatera dan Madura yang dipanggil dengan sebutan Kyai (ulama besar) dan tidak kurang dari dua ratus santri beliau dari kalangan ketirunan Arab yang telah dijuluki al-Alamah (orang yang sangat alim ilmunya), al-Arif (orang sudah mencapai derajat ma’rifat pada Allah) atau al-Faqih (orang yang ahli Fiqih)

Di antara santri beliau adalah:

1- KH. Ahmad Maksum Lasem, beliau pernah singgah di rumahku di akhir ibadah hajinya, beliau adalah guru dan teman karib kami.

2- KH. Umar Tubagus Bakri Sampur Purwakarta, beliau adalah orang yang kami cintai, guru kami dan teman karib kami.

3- Sayyid Ahmad al-Hasan keluarga al-Jindan al-‘Alawiy al-Husainiy

4- Sayyid Sholeh bin Ahmad keluarga al-Jindan, pengasuh Daru al-Hadits dan Maktabah al-Fakhriyah Jakarta sahabat dan teman karib kami.

5- KH. Imam bin Baqir bin Abdussalam Blitar, Malang, aku mengambil ijazah Qira’at dan ilmu Nahwu dari beliau dan seterusnya.

Kealiman dan derajat kewalian Syaichona Muhammad Kholil juga dibuktikan oleh Kyai Qusyairi Pasuruan, salah satu santri beliau dalam sebuah manuskripnya saat memberi pengantar atas diterbitkannya kitab as-Silah Fi Bayan al-Nikah karya Syaichona Khalil. Beliau menuliskan:

هذا كتاب السلاح في بيان النكاح تأليف من هو في علم النحو نحو سبويه وفي الفقه مثل الإمام النواوي وفي الولاية والكشف والكرامات مثل القطب الجيلاني بل وفي سنه أيضا فإنه رضي الله عنه وعنهم ولد في نرغب ومات في كمال ولو لم يكن من كراماته إلا أن أغلب أهل جاوه مع اختلاف لغاتهم من المركي والمدوري والسندوي وشرذمة من الملايو من تلاميذه شخصا وأبا على الأكثر بل وجدا أيضا على الأقل لكفى إلا هو العلامة العمدة والصالح القدوة شيخنا الأستاذ العارف الرباني سيد الشيخ خليل بن عبد االلطيف البنكلاني أعلى درجته في دار النهاني.

“Kitab ini adalah Kitab al-Silah Fi Bayan al-Nikah karangan seseorang yang dalam ilmu Nahwu ibarat Imam Sibawih (w. 796 H), dalam ilmu Fiqih ibarat Imam Nawawi (w. 676 h), dalam hal kewalian, kasyf dan banyak karomah-karomah, beliau ibarat al-Qatbu al-Jilani (w. 561 h). Dan seandainya satu-satunya karomah beliau hanya berupa fakta bahwa mayoritas penduduk Jawa dengan bahasanya yang berbeda-beda, mulai dari Mriki (merujuk ke Bahasa Jawa), Madura, Sunda dan sekelompok kecil dari Melayu merupakan santri-santri beliau, diri dan orang tuanya secara mayoritas bahkan dengan kakeknya secara miniritas, niscaya itu saja sudah cukup. Beliau adalah sosok yang sangat alim dan menjadi rujukan, yang sholeh dan menjadi panutan, guru kita semau al-Ustadz al-Arif al-Rabbani Sayyidi al-Syaikh Muhammad Kholil bin Abdul Latif al-Bangkalani. Semoga Allah ﷻ meninggikan derajatnya di alam al-Tihani (akhirat).

𝑺𝒚𝒂𝒊𝒄𝒉𝒐𝒏𝒂 𝑲𝒉𝒐𝒍𝒊𝒍 𝒔𝒆𝒃𝒂𝒈𝒂𝒊 𝑷𝒆𝒏𝒈𝒖𝒂𝒕𝒂𝒏 𝑷𝒆𝒏𝒅𝒊𝒅𝒊𝒌𝒂𝒏 𝑰𝒔𝒍𝒂𝒎 𝒅𝒊 𝑵𝒖𝒔𝒂𝒏𝒕𝒂𝒓𝒂

Syaichona Muhammad Kholil merupakan sosok yang tidak hanya sebagai guru dari para santrinya, tetapi sekaligus pencetak kader-kader handal para guru. Pernyataan ini terbukti dari munculnya ulama-ulama Nusantara yang mampu menjadi pendiri pesantren besar di Jawa dan Madura. Sebagian besar pendiri pesantren di Indonesia mempunyai sanad (silsilah pertalian) keilmuan dengan Syaichona Muhammad Kholil. Hal itu sebagaimana dibuktikan Kyai Ahmad Qusyairi, salah satu santri Syaichona Muhammad Kholil dalam manuskripnya: “Di Indonesia, terdapat ribuan pesantren yang terus berkhidmat kepada kehidupan Islam dan kaum Muslimin. Jika ditelusuri hampir bisa dipastikan sanad keilmuannya bersumber dari pengajian Syaichona Muhammad Kholil.

Pesantren-pesantren itu dibina dan lestarikan oleh keturunan Syaichona Muhammad Kholil dan para santri beliau yang tersebar di seluruh bumi Nusantara hingga saat ini.

Di Bangkalan sendiri tercatat tidak kurang 32 pesantren yang masih eksis hingga sekarang yang didirikan Syaichona Muhammad kholil dan anak cucu beliau di antaranya:

1- Ponpes Syaichona Moh Cholil, didirikan oleh Syaichona Muhammad kholil pada tahun 1861 M. Terletak di Demangan Barat Bangkalan.

2- Pondok Pesantren Nurul Cholil, didirikan oleh KH. Muntashor cucu menantu Syaichona Muhammad kholil pada tahun 1957 M. Terletak di Demangan Barat Bangkalan

3- Pondok Pesantren Al-Falah Al-Kholiliyah, didirikan oleh KH. Yasin menantu Syaichona kholil pada tahun 1919 M. Terletak di Kepang Bangkalan.

4- Pondok Pesantren Al-Kholiliyah An-Nuroniyah, didirikan oleh KH. Anwar cucu menantu Syaichona Kholil pada tahun 1950 M. Terletak di Demangan Timur.

Sementara pesantren-pesantren Nusantara non keluarga besar beliau yang bersanad langsung ke Syaichona Muhammad kholil di antara adalah:

1- Pondok Pesantren Tubu Ireng Jombang, didirikan oleh KH. Hasyim Asyari pada tahun 1871 M.

2- Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, didirikan oleh KH. As’ad Syamsul Arifin pada tahun 1908 M.

3- Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo, didirikan oleh KH. Muhammad Hasan Genggong pada tahun 1839 M.

4- Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, didirikan oleh KH. Abdul Karim pada tahun 1910 M.

5- Pondok Pesantren Roudhatu Thalibin Rembang, didirikan oleh KH. Bisri Mustofa pada tahun 1945 M.

𝑺𝒚𝒂𝒊𝒄𝒉𝒐𝒏𝒂 𝑴𝒖𝒉𝒂𝒎𝒎𝒂𝒅 𝑲𝒉𝒐𝒍𝒊𝒍 𝑺𝒆𝒃𝒂𝒈𝒂𝒊 𝑰𝒏𝒔𝒑𝒊𝒓𝒂𝒕𝒐𝒓 𝑷𝒆𝒓𝒈𝒆𝒓𝒂𝒌𝒂𝒏 𝑵𝒂𝒔𝒊𝒐𝒏𝒂𝒍𝒊𝒔𝒎𝒆 𝒅𝒊 𝑲𝒂𝒍𝒂𝒏𝒈𝒂𝒏 𝑷𝒆𝒔𝒂𝒏𝒕𝒓𝒆𝒏

Hidup di masa penjajahan, Syaichona Muhammad Kholil sebagai tokoh karismatik dan panutan bagi semua lapisan masyarakat khususnya bagi kalangan santri. Tentu beliau tidak hanya mengajarkan ilmu agama yang menjadi menu pokok dalam setiap pengajian disampaikan beliau. Banyak fakta sejarah yang mencatat bahwa Syaichona Muhammad Kholil senantisa menanamkan kepada para santri beliau akan pentingnya berjiwa nasionalisme dan kebangsaan membela tanah air dari rongrongan penjajah.

Salah satunya catatan beliau yang tertuang dalam manuskrip asli, beliau mengutip sebuah hadits yang berbunyi:

 حُبُّ الْوطنِ مِنَ الإيمان

 “Cinta tanah air sebagian dari iman.”

Fakta ini terkuak dari hasil wawancara dengan KH. Syarifuddin Damanhuri (Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’yah Aermata Buduran Arosbaya Bangkalan). Menurut penuturan beliau bahwa Syaichona Kholil Bangkalan selalu menyampaikan cerita dan semangat perjuangan melalui mimbar pengajian di Musholla Pesantren Demangan.

Selain itu, keteguhan sikap Syaichona Kholil menolak penjajahan ditunjukkan dengan penegasan respon beliau terhadap Pemerintah Hindia-Belanda yang diibaratkan sebagai pencuri yang wajib dipotong tangan dan kakinya. Hal ini terungkap dalam manuskrip yang ditemukan berupa tulisan tangan Syaichona Kholil

Tulisan tangan Syaichona Muhammad Kholil tersebut bermula dari Atase Pemerintah Hindia-Belanda di Surabaya berkirim surat kepada beliau.

Amplop surat itu tertulis:

“Kepada: Kiai Hadji dissi Kapook Bangkalan.”

Dengan kop: “𝐒𝐜𝐡𝐞𝐞𝐩𝐬𝐚𝐠𝐞𝐧𝐭𝐮𝐮𝐫 𝐕𝐨𝐨𝐫𝐡𝐞𝐞𝐧 𝐉. 𝐃𝐚𝐞𝐧𝐝𝐞𝐥𝐬 & 𝐂𝐨, 𝐆𝐫𝐚𝐯𝐞𝐧𝐡𝐚𝐠𝐞, 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐯𝐢𝐚, 𝐒𝐄𝐌𝐀𝐑𝐀𝐍𝐆, 𝐒𝐎𝐄𝐑𝐀𝐁𝐀𝐈𝐉𝐀, 𝐏𝐀𝐃𝐀𝐍𝐆, 𝐌𝐀𝐂𝐀𝐒𝐒𝐄𝐑, 𝐒𝐈𝐍𝐆𝐀𝐏𝐎𝐑𝐀.”

Dengan sebuah Perangko tertulis 15 11 1899

Di bagian atas surat Syaichona Muhammad Kholil menulis:

اللهم أن هذا، لص سارق فاقطع يده ورجله

Artinya: “Ya Allah, bahwa ini (Pemerintah Hindia-Belanda) adalah Perampok dan Pencuri, maka potonglah tangan dan kakinya”.

Di bawah surat terdapat tulisan: “𝐈𝐍𝐈 𝐒𝐎𝐑𝐀𝐓 𝐃𝐀𝐑𝐈 𝐁𝐀𝐋𝐀𝐍𝐃𝐀𝐇 𝐒𝐎𝐄𝐑𝐀𝐁𝐀𝐉𝐀..

Menurut analisis Tim Turots Syaichona Muhammad Kholil, peristiwa itu diperkirakan terjadi pada Ramadhan 1316 H.

Melalui tulisan tangan Syaichona Muhammad Kholil di manuskrip surat tersebut, seolah beliau menegaskan bahwa Pemerintah Hindia-Belanda telah benar-benar berlaku lalim dan sewenang-sewenang terhadap masyarakat pribumi, sehingga wajib dilawan dan harus diadukan kepada Tuhan. Penegasan beliau ini kemudian diimplementasikan dalam visi-misi gerakan beliau membebaskan bangsa dari cengkeraman Kolonial Belanda melalui gelora semangat mimbar-mimbar musholla dan pengajian kitab kuning.

𝑺𝒚𝒂𝒊𝒄𝒉𝒐𝒏𝒂 𝑲𝒉𝒐𝒍𝒊𝒍 𝑺𝒆𝒃𝒂𝒈𝒂𝒊 𝑰𝒔𝒑𝒊𝒓𝒂𝒕𝒐𝒓 𝒅𝒂𝒏 𝑷𝒆𝒏𝒕𝒖 𝑷𝒆𝒏𝒅𝒊𝒓𝒊𝒂𝒏 𝑵𝒂𝒉𝒅𝒂𝒕𝒖𝒍 𝑼𝒍𝒂𝒎𝒂

Berdirinya Jam’yah Nahdlatul ulama bermula dari pertemuan penting di kediaman Kiai Muntaha (menantu Syaichona Muhammad Kholil) di Jengkebuen, saat itu sebanyak 66 ulama (versi lain 64 ulama) se Nusantara datang ke Bangkalan Madura untuk sowan (Madura-red) kepada Syaichona Muhammad Kholil Bangkalan. Tepatnya pada tahun 1920.

Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan memohon bantuan kepada Kiai Muntaha agar menghadap kepada Syaichona Muhammad Kholil Bangkalan mengingat mereka tidak berani sungkan (Jawa-red) untuk menghadap langsung kepada Syaichona Muhammad Kholil Bangkalan. Adapun aspirasi yang hendak disampaikan adalah para ulama gelisah luar biasa terhadap perkembangan kepolitikan di Hijaz yang telah dikuasai oleh Wahabi yang yang melakukan berbagai kerusakan, melarang paham selain Wahabi, melakukan pengrusakan terhadap situs-situs peninggalan Islam, melarang ziarah makam para sahabat dan ulama dengan alasan bid’ah dan syirik serta berencana penghancuran terhadap makam Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Selang para ulama melakukan musyawarah dalam pertemuan itu, sementara Kiai Muntaha tidak kunjung menghadap Sang Mertua, Syaichona Muhammad Kholil malah terlebih dahulu mengutus seorang santrinya yang bernama Nasib, untuk menemui Kiai Muntaha. Konon, para ulama bermukim di kediaman Kiai Muntaha selama satu bulan.

Syaichona Muhammad Kholil Bangkalan berpesan kepada Nasib agar menyampaikan Ayat al-Qur’an dalam Surat Shaaf Ayat 8 dan 9 yang berbunyi.

يُرِيْدُوْنَ لِيُطْفِـُٔوْا نُوْرَ اللّٰهِ بِاَفْوَاهِهِمْ ۗ وَاللّٰهُ مُتِمُّ نُوْرِهٖ وَلَوْ كَرِهَ الْكٰفِرُوْنَ ﴿۸﴾ هُوَ الَّذِيْٓ اَرْسَلَ رَسُوْلَهٗ بِالْهُدٰى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهٗ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهٖ ۙ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ ﴿۹﴾.

Artinya: “𝑴𝒆𝒓𝒆𝒌𝒂 𝒉𝒆𝒏𝒅𝒂𝒌 𝒎𝒆𝒎𝒂𝒅𝒂𝒎𝒌𝒂𝒏 𝒄𝒂𝒉𝒂𝒚𝒂 (𝒂𝒈𝒂𝒎𝒂) 𝑨𝒍𝒍𝒂𝒉 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒎𝒖𝒍𝒖𝒕 (𝒖𝒄𝒂𝒑𝒂𝒏-𝒖𝒄𝒂𝒑𝒂𝒏) 𝒎𝒆𝒓𝒆𝒌𝒂, 𝒕𝒆𝒕𝒂𝒑𝒊 𝑨𝒍𝒍𝒂𝒉 𝒕𝒆𝒕𝒂𝒑 𝒎𝒆𝒏𝒚𝒆𝒎𝒑𝒖𝒓𝒏𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒄𝒂𝒉𝒂𝒚𝒂-𝑵𝒚𝒂 𝒎𝒆𝒔𝒌𝒊𝒑𝒖𝒏 𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈-𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒌𝒂𝒇𝒊𝒓 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒆𝒏𝒄𝒊𝒏𝒚𝒂. 𝑫𝒊𝒂𝒍𝒂𝒉 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒖𝒕𝒖𝒔 𝑹𝒂𝒔𝒖𝒍-𝑵𝒚𝒂 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒂𝒘𝒂 𝒑𝒆𝒕𝒖𝒏𝒋𝒖𝒌 𝒅𝒂𝒏 𝒂𝒈𝒂𝒎𝒂 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒃𝒆𝒏𝒂𝒓, 𝒖𝒏𝒕𝒖𝒌 𝒎𝒆𝒎𝒆𝒏𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏𝒏𝒚𝒂 𝒅𝒊 𝒂𝒕𝒂𝒔 𝒔𝒆𝒈𝒂𝒍𝒂 𝒂𝒈𝒂𝒎𝒂 𝒎𝒆𝒔𝒌𝒊𝒑𝒖𝒏 𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈-𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒎𝒖𝒔𝒚𝒓𝒊𝒌 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒆𝒏𝒄𝒊𝒏𝒚𝒂. (𝑸𝑺. 𝑨𝒔-𝑺𝒂𝒇𝒇: 8-9).

Kiai Nasib lantas bergegas menuju kediaman Kiai Muntaha Jengkebuan yang berjarak 500 meter dari kediaman Syaichona Muhammad Kholil Bangkalan dan menyampaikan pesan tersebut langsung kepada menantunya beserta seluruh ulama yang hadir saat itu.

Setelah mendengar pesan Syaichona Muhammad Kholil Bangkalan melalui Kiai Nasib, para ulama puas dan tenang kemudian pulang sekaligus takjub akan wawasan dan cakrawala pengetahuan Syaichona Muhammad Kholil Bangkalan yang sangat luas karena secara tidak langsung pesan yang disampaikan Syaichona Muhammad Kholil Bangkalan mengandung isyarat agar para ulama tidak perlu gelisah dan risau (yang berlebihan) karena Allah ﷻ telah menjamin keberlangsungan Islam Ahlusunnah wal Jama’ah.

Bagaimana mereka tidak takjub? Syaichona Muhammad Kholil walaupun tidak mengikuti pertemuan bersama para ulama telah memberikan jawaban yang jitu dan memuaskan atas segala kegelisahan yang selama ini menghantui mereka. Sejarah ini terekam secara detail dalam kesaksian Kiai As’ad Syamsul Arifin Situbondo.

Kira-kira pada awal tahun 1924 M, ditengah kegelisahan kaum pesantren. Kiai Hasyim Asy’ari terus berikhtiar, bermunajat dan beristikharoh untuk mendapatkan petunjuk dan isyarat. Namun demikian, petunjuk dan isyarat yang diharapkan tidak kunjung datang. Isyarat dan inspirasi justru datang dari Syaichona Muhammad Kholil Bangkalan. Pada waktu itu Syaichona Muhammad Kholil Bangkalan memangil Kiai As’ad Syamsul Arifin untuk mengantarkan tongkat kepada Kiai Hasyim Asy’ari seraya berpesan sebuah Ayat al-Qur’an dalam Surat Thaha Ayat 12-22:

اِنِّيْٓ اَنَا۠ رَبُّكَ فَاخْلَعْ نَعْلَيْكَ ۚ اِنَّكَ بِالْوَادِ الْمُقَدَّسِ طُوًى ۗ ﴿۱۲﴾ وَاَنَا اخْتَرْتُكَ فَاسْتَمِعْ لِمَا يُوْحٰى ﴿۱۳﴾ اِنَّنِيْٓ اَنَا اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنَا۠ فَاعْبُدْنِيْ ۙ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ لِذِكْرِيْ ﴿۱۴﴾ اِنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ اَكَادُ اُخْفِيْهَا لِتُجْزٰى كُلُّ نَفْسٍۢ بِمَا تَسْعٰى ﴿۱۵﴾ فَلَا يَصُدَّنَّكَ عَنْهَا مَنْ لَّا يُؤْمِنُ بِهَا وَاتَّبَعَ هَوٰىهُ فَتَرْدٰى ﴿۱۶﴾ وَمَا تِلْكَ بِيَمِيْنِكَ يٰمُوْسٰى ﴿۱۷﴾ قَالَ هِيَ عَصَايَ ۚ اَتَوَكَّؤُا عَلَيْهَا وَاَهُشُّ بِهَا عَلٰى غَنَمِيْ وَلِيَ فِيْهَا مَاٰرِبُ اُخْرٰى ﴿۱۸﴾ قَالَ اَلْقِهَا يٰمُوْسٰى ﴿۱۹﴾ فَاَلْقٰىهَا فَاِذَا هِيَ حَيَّةٌ تَسْعٰى ﴿۲۰﴾ قَالَ خُذْهَا وَلَا تَخَفْ ۗ سَنُعِيْدُهَا سِيْرَتَهَا الْاُوْلٰى ﴿۲۱﴾ وَاضْمُمْ يَدَكَ اِلٰى جَنَاحِكَ تَخْرُجْ بَيْضَاۤءَ مِنْ غَيْرِ سُوْۤءٍ اٰيَةً اُخْرٰى ۙ ﴿۲۲﴾ لِنُرِيَكَ مِنْ اٰيٰتِنَا الْكُبْرٰى ۚ

Artinya: “𝑺𝒖𝒏𝒈𝒈𝒖𝒉, 𝑨𝒌𝒖 𝒂𝒅𝒂𝒍𝒂𝒉 𝑻𝒖𝒉𝒂𝒏𝒎𝒖, 𝒎𝒂𝒌𝒂 𝒍𝒆𝒑𝒂𝒔𝒌𝒂𝒏 𝒌𝒆𝒅𝒖𝒂 𝒕𝒆𝒓𝒐𝒎𝒑𝒂𝒉𝒎𝒖. 𝑲𝒂𝒓𝒆𝒏𝒂 𝒔𝒆𝒔𝒖𝒏𝒈𝒈𝒖𝒉𝒏𝒚𝒂 𝒆𝒏𝒈𝒌𝒂𝒖 𝒃𝒆𝒓𝒂𝒅𝒂 𝒅𝒊 𝒍𝒆𝒎𝒃𝒂𝒉 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒔𝒖𝒄𝒊, 𝑻𝒖𝒘𝒂. 𝑫𝒂𝒏 𝑨𝒌𝒖 𝒕𝒆𝒍𝒂𝒉 𝒎𝒆𝒎𝒊𝒍𝒊𝒉 𝒆𝒏𝒈𝒌𝒂𝒖, 𝒎𝒂𝒌𝒂 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒓𝒌𝒂𝒏𝒍𝒂𝒉 𝒂𝒑𝒂 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒅𝒊𝒘𝒂𝒉𝒚𝒖𝒌𝒂𝒏 (𝒌𝒆𝒑𝒂𝒅𝒂𝒎𝒖). 𝑺𝒖𝒏𝒈𝒈𝒖𝒉, 𝑨𝒌𝒖 𝒊𝒏𝒊 𝑨𝒍𝒍𝒂𝒉, 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒂𝒅𝒂 𝒕𝒖𝒉𝒂𝒏 𝒔𝒆𝒍𝒂𝒊𝒏 𝑨𝒌𝒖, 𝒎𝒂𝒌𝒂 𝒔𝒆𝒎𝒃𝒂𝒉𝒍𝒂𝒉 𝑨𝒌𝒖 𝒅𝒂𝒏 𝒍𝒂𝒌𝒔𝒂𝒏𝒂𝒌𝒂𝒏𝒍𝒂𝒉 𝒔𝒂𝒍𝒂𝒕 𝒖𝒏𝒕𝒖𝒌 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒊𝒏𝒈𝒂𝒕 𝑨𝒌𝒖. 𝑺𝒖𝒏𝒈𝒈𝒖𝒉, 𝒉𝒂𝒓𝒊 𝑲𝒊𝒂𝒎𝒂𝒕 𝒊𝒕𝒖 𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒅𝒂𝒕𝒂𝒏𝒈, 𝑨𝒌𝒖 𝒎𝒆𝒓𝒂𝒉𝒂𝒔𝒊𝒂𝒌𝒂𝒏 (𝒘𝒂𝒌𝒕𝒖𝒏𝒚𝒂) 𝒂𝒈𝒂𝒓 𝒔𝒆𝒕𝒊𝒂𝒑 𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒅𝒊𝒃𝒂𝒍𝒂𝒔 𝒔𝒆𝒔𝒖𝒂𝒊 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒂𝒑𝒂 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒕𝒆𝒍𝒂𝒉 𝒅𝒊𝒂 𝒖𝒔𝒂𝒉𝒂𝒌𝒂𝒏. 𝑴𝒂𝒌𝒂 𝒋𝒂𝒏𝒈𝒂𝒏𝒍𝒂𝒉 𝒆𝒏𝒈𝒌𝒂𝒖 𝒅𝒊𝒑𝒂𝒍𝒊𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏 𝒅𝒂𝒓𝒊 (𝑲𝒊𝒂𝒎𝒂𝒕 𝒊𝒕𝒖) 𝒐𝒍𝒆𝒉 𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒃𝒆𝒓𝒊𝒎𝒂𝒏 𝒌𝒆𝒑𝒂𝒅𝒂𝒏𝒚𝒂 𝒅𝒂𝒏 𝒐𝒍𝒆𝒉 𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒊𝒌𝒖𝒕𝒊 𝒌𝒆𝒊𝒏𝒈𝒊𝒏𝒂𝒏𝒏𝒚𝒂, 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒎𝒆𝒏𝒚𝒆𝒃𝒂𝒃𝒌𝒂𝒏 𝒆𝒏𝒈𝒌𝒂𝒖 𝒃𝒊𝒏𝒂𝒔𝒂. 𝑨𝒑𝒂𝒌𝒂𝒉 𝒊𝒕𝒖 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒅𝒊 𝒕𝒂𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒌𝒂𝒏𝒂𝒏𝒎𝒖 𝒘𝒂𝒉𝒂𝒊 𝑴𝒖𝒔𝒂? “𝑰𝒏𝒊 𝒂𝒅𝒂𝒍𝒂𝒉 𝒕𝒐𝒏𝒈𝒌𝒂𝒕, 𝒂𝒌𝒖 𝒃𝒆𝒓𝒕𝒆𝒍𝒆𝒌𝒂𝒏 𝒌𝒆𝒑𝒂𝒅𝒂𝒏𝒚𝒂, 𝒅𝒂𝒏 𝒂𝒌𝒖 𝒑𝒖𝒌𝒖𝒍 (𝒅𝒂𝒖𝒏) 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏𝒏𝒚𝒂 𝒖𝒏𝒕𝒖𝒌 𝒌𝒂𝒎𝒃𝒊𝒏𝒈𝒌𝒖, 𝒅𝒂𝒏 𝒃𝒂𝒈𝒊𝒌𝒖 𝒂𝒅𝒂 𝒍𝒂𝒈𝒊 𝒌𝒆𝒑𝒆𝒓𝒍𝒖𝒂𝒏 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒍𝒂𝒊𝒏 𝒑𝒂𝒅𝒂𝒏𝒚𝒂”. 𝑨𝒍𝒍𝒂𝒉 𝒃𝒆𝒓𝒇𝒊𝒓𝒎𝒂𝒏: “𝑳𝒆𝒎𝒑𝒂𝒓𝒌𝒂𝒏𝒍𝒂𝒉 𝒊𝒂, 𝒉𝒂𝒊 𝑴𝒖𝒔𝒂! 𝑳𝒂𝒍𝒖 𝒅𝒊𝒍𝒆𝒎𝒑𝒂𝒓𝒌𝒂𝒏𝒍𝒂𝒉 𝒕𝒐𝒏𝒈𝒌𝒂𝒕 𝒊𝒕𝒖, 𝒕𝒊𝒃𝒂-𝒕𝒊𝒃𝒂 𝒊𝒂 𝒎𝒆𝒏𝒋𝒂𝒅𝒊 𝒔𝒆𝒆𝒌𝒐𝒓 𝒖𝒍𝒂𝒓 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒎𝒆𝒓𝒂𝒚𝒂𝒑 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒄𝒆𝒑𝒂𝒕. 𝑨𝒍𝒍𝒂𝒉 𝒃𝒆𝒓𝒇𝒊𝒓𝒎𝒂𝒏: “𝑷𝒆𝒈𝒂𝒏𝒈𝒍𝒂𝒉 𝒊𝒂 𝒅𝒂𝒏 𝒋𝒂𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒕𝒂𝒌𝒖𝒕, 𝑲𝒂𝒎𝒊 𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒆𝒎𝒃𝒂𝒍𝒊𝒌𝒂𝒏 𝒑𝒂𝒅𝒂 𝒌𝒆𝒂𝒅𝒂𝒂𝒏 𝒔𝒆𝒎𝒖𝒍𝒂. 𝑫𝒂𝒏 𝑲𝒆𝒑𝒊𝒕𝒍𝒂𝒉 𝒕𝒂𝒏𝒈𝒂𝒏𝒎𝒖 𝒌𝒆 𝒌𝒆𝒕𝒊𝒂𝒌𝒎𝒖, 𝒏𝒊𝒔𝒄𝒂𝒚𝒂 𝒊𝒂 𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒌𝒆𝒍𝒖𝒂𝒓 𝒎𝒆𝒏𝒋𝒂𝒅𝒊 𝒑𝒖𝒕𝒊𝒉 𝒄𝒆𝒎𝒆𝒓𝒍𝒂𝒏𝒈 𝒕𝒂𝒏𝒑𝒂 𝒄𝒂𝒄𝒂𝒕–𝒔𝒆𝒃𝒂𝒈𝒂𝒊 𝒎𝒖𝒌𝒋𝒊𝒛𝒂𝒕 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒍𝒂𝒊𝒏 (𝒑𝒖𝒍𝒂)–𝒖𝒏𝒕𝒖𝒌 𝒌𝒂𝒎𝒊 𝒑𝒆𝒓𝒍𝒊𝒉𝒂𝒕𝒌𝒂𝒏 𝒌𝒆𝒑𝒂𝒅𝒂𝒎𝒖 𝒔𝒆𝒃𝒂𝒈𝒊𝒂𝒏 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝒕𝒂𝒏𝒅𝒂-𝒕𝒂𝒏𝒅𝒂 𝒌𝒆𝒌𝒖𝒂𝒔𝒂𝒂𝒏 𝑲𝒂𝒎𝒊 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒔𝒂𝒏𝒈𝒂𝒕 𝒃𝒆𝒔𝒂𝒓.” (𝑸𝑺. 𝑻𝒂𝒉𝒂: 12-22).

Kiai As’ad dengan patuh mengantarkan tongkat itu pada Kiai Hasyim Asy’ari. Setelah menerima tongkat itu, Kiai Hasyim Asy’ari berkata bahwa beliau mantap untuk mendirikan sebuah organisasi yang dapat mewadahi pemikiran dan gerakan kalangan pesantren.

Dan kira-kira di penghujung akhir tahun 1924 itu juga, Kiai As’ad kembali dipanggil Syaichona Muhammad Kholil untuk mengantarkan tasbih kepada Kiai Hasyim Asy’ari. Kiai As’ad lalu membungkukkan kepala menerima pangalungan tasbih langsung dari Syaichona Muhammad Kholil Bangkalan, dan dengan cara membungkukkan ini pula Kiai As’ad menyerahkan untuk diambil langsung oleh Kiai Hasyim Asy’ari. Lantas Kiai Hasyim Asy’ari berkata bahwa siapa saja yang melawan ulama (dalam organisasi ini) akan hancur.

Dalam perspektif spiritualitas, Syaichona Kholil adalah tokoh yang berperan secara langsung dalam pendirian organisasi para ulama ini. Pesan spiritualitasnya disampaikan melalui Kiai As’ad Syamsul Arifin menjadi faktor penentu bagi berdirinya NU. Dan pesan simbolik Syaichona Muhammad Kholil inilah yang telah menepis keraguan, kegamangan dan kegelisahan Kiai Hasyim Asy’ari untuk mendirikan NU. Keyakinan Kiai Hasyim Asy’ari terhadap pesan spiritual gurunya itu, lalu diteruskan secara lahiriyah kepada Kiai Wahab Hasbullah sebagai pembawa ide, untuk ditindaklanjuti dalam sebuah permusyawaratan ulama di Surabaya, pada 31 Januari 1926 (16 Rajab 1344 H), setahun sebelum Syaichona Muhammad Kholil wafat. permusyawaratan para ulama tersebut melahirkan Komite Hijaz, yang kemudian ditetapkan namanya menjadi jam’iyah Nahdlatul Ulama. 𝑾𝒂𝒂𝒍𝒍𝒂𝒉𝒖 𝑨’𝒍𝒂𝒎𝒖.

Penulis : Abdul Adzim

Publisher : Fakhrul

𝑻𝒖𝒍𝒊𝒔𝒂𝒏 𝒊𝒏𝒊 𝒅𝒊𝒔𝒂𝒓𝒊𝒌𝒂𝒏 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝒃𝒖𝒌𝒖 𝑺𝒖𝒓𝒂𝒕 𝑲𝒆𝒑𝒂𝒅𝒂 𝑨𝒏𝒋𝒊𝒏𝒈 𝑯𝒊𝒕𝒂𝒎 𝒌𝒂𝒓𝒚𝒂 𝑺𝒂𝒊𝒇𝒖𝒍 𝑹𝒂𝒉𝒎𝒂𝒏, 𝒃𝒖𝒌𝒖 𝑺𝒊𝒓𝒂𝒉 𝑺𝒚𝒂𝒊𝒄𝒉𝒐𝒏𝒂 𝑴𝒐𝒄𝒉. 𝑪𝒉𝒐𝒍𝒊𝒍, 𝑴𝒆𝒏𝒆𝒍𝒂𝒅𝒂𝒏𝒊 𝑱𝒆𝒋𝒂𝒌 𝒅𝒂𝒏 𝑷𝒆𝒓𝒋𝒖𝒂𝒏𝒈𝒂𝒏 𝑺𝒂𝒏𝒈 𝑴𝒂𝒉𝒂 𝑮𝒖𝒓𝒖 𝒌𝒂𝒓𝒚𝒂 𝑱𝒂𝒖𝒉𝒂𝒓𝒊. 𝑺.𝑨𝒈. 𝒅𝒂𝒏 𝒔𝒖𝒎𝒃𝒆𝒓 𝒍𝒂𝒊𝒏𝒏𝒚𝒂.

Semoga kita dan anak cucu kita mendapat barokah Syaichona Muhammad Kholil bin Abdul Latif Bangkalan. Amin

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.