HAYATU AL-HAYAWAN KITAB UNIK, SALAH SATU KEKAYAAN LITERATUR ISLAM

oleh -143 views

Syaichona.net- Saat di pondok dulu ingin sekali memiliki kitab Hayatul Hayawan al-Kubra, kitab yang menurut saya unik tidak sama dengan karya ulama kebanyakan sehingga tidak heran jika beberapa kawan-kawan saya berasumsi bahwa penulis kitab ini bisa berkomunikasi dengan segala jenis hewan. Subhanallah…

Kitab ini membahas tentang berbagai macam jenis hewan yang ada dan macam-macamnya. Di dalam kitab ini banyak sekali disebutkan hewan-hewan yang sangat unik juga langka yang mungkin saat ini sudah punah atau tidak diketahui lagi keberadaannya.

Kitab ini disusun oleh seorang ulama Mesir bermadzhab Syafi’iyyah yang bernama Kamaluddin Muhammad bin Musa bin Isa bin Ali ad-Damiry, seorang ulama Syafiyyah yang ahli fatwa, ahli hadits juga ahli tafsir. Beliau di lahirkan di kota Kairo tahun 742 Hijriyyah bertepatan dengan tahun 1341 Masehi.

Beliau dahulunya adalah seorang penjahit, kemudian timbul keinginan kuat untuk belajar sehingga beliau kemudian belajar kepada berbagai syaikh, yang akhirnya menghantarkan beliau menjadi salah satu ulama besar di kalangan madzhab Syafi’iyyah.

Dalam versi lain beliau juga sebagai dokter hewan terhebat di masanya.

Nama Ad-Damiry dikenal lewat karyanya yang berjudul Hayat al-Hayawan al-Kubra, sebuah ensiklopedi zoologi. Kitab ini adalah buku ilmu hewan terbaik sepanjang masa itu. Di kemudian hari, Hayat al-Hayawan al-Kubra diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan diterbitkan dalam 2 jilid (London, 1906-1908).

Kitab Hayat al-Hayawan mulai ditulis oleh Syaikh ad-Damiry pada tahun 773 H (1271 M). Pada saat itu, dia masih berumur tidak lebih dari 31 tahun. Ini tentunya merupakan usia yang masih terbilang muda untuk menulis ensiklopedi besar yang dapat mengumpulkan berbagai informasi dari beberapa disiplin ilmu.

Syaikh ad-Damiry menyebutkan bahwa beliau telah mengumpulkan bahan tulisannya dari 560 buku disamping peninjauannya kepada 199 kumpulan syair. Dengan demikian, kitab ini merupakan referensi besar yang masih jarang ditulis oleh para ilmuwan dalam bidangnya.

Menurut Syaikh ad-Damiry, beliau menulis kitab tersebut bukan sekedar merangkum ilmu zoologi Arab, melainkan menjadikannya lumbung cerita rakyat Muslim. Selain itu, sebagai penulis, beliau tidak membatasi diri pada aspek zoologi semata, tapi juga berusaha menulis semua hal yang menyangkut hewan. Pada tahun 1371-1372, karya tersebut dilengkapi lagi daftarnya oleh sang penulis.

Kitab Hayat al-Hayawan terdiri dari 2 juz ada pula yang 4 juz tergantung percetakannya. Di dalamnya Syaikh ad-Damiry berbicara tentang setiap hewan secara rinci satu persatu. Nama-nama hewan disusun berdasarkan abjad agar para pembaca merasa mudah mendapatkan informasi yang dicarinya.

Kitab ini terdiri dari 1069 materi, akan tetapi jumlah hewan yang disebutkannya kurang dari jumlah ini, karena banyak di antara hewan yang mempunyai beberapa nama. Oleh karena itu, satu jenis hewan di dalam kitab ini dibicarakan sesuai dengan namanya yang berbeda-beda. Biasanya ketika kita ingin mengetahui lebih banyak tentang hewan ini, kita akan disarankan untuk melihat kembali di salah satu dari nama hewan itu. Seorang orientalis bernama Steinfield menyebutkan bahwa kitab Hayat al-Hayawan membicarakan sebanyak 731 macam hewan.

Syaikh ad-Damiry membahas tentang setiap hewan dengan memulai menyebutkan nama-namanya dari segi bahasa, pengucapan, makna, bentuk jamaknya, dan lain sebagainya. Setelah itu, beliau menjelaskan tentang jenis hewan itu, ekosistemnya, karakternya, dan anatomi tubuhnya. Adakalanya beliau menyebutkan ini semua secara bersamaan, atau cukup dengan menyebutkan sebagiannya saja sesuai dengan jenis hewannya dan referensi yang ada. Adakalanya beliau juga menyebutkannya secara berurutan sebagaimana yang kami sebutkan dan adakalanya tidak berurutan sesuai dengan keadaannya. Selain dari itu, Syaikh ad-Damiry juga memberikan tambahan pengetahuan biologi tentang hewan itu yang berasal dari buku-buku besar, seperti; kitab-kitab syair, sastra, cerita, dan kisah lucu dengan tetap menyatukan manfaatnya secara ilmiyah dan sastra sehingga enak didengar dan dapat menghibur pembaca.

Kitab Hayatu al-Hayawan ini selain menuliskan berbagai macam jenis hewan, juga disampaikan tentang keistimewaannya, khasiatnya, hukumnya juga tafsir mimpi jika melihat sebuah hewan. Di dalam kitab ini beliau juga menyampaikan dalil-dalil dari al-Qur’an juga al-Hadits berkaitan dengan masalah yang beliau sampaikan berkaitan dengan suatu hewan, baik dari segi hukumnya, manfaatnya untuk pengobatan juga landasan dalam menafsiri sebuah mimpi yang berkaitan dengan hewan.

So, bagi yang gemar mengkoleksi doa dan amalan para ulama. Syaik ad-Damiry juga tidak lupa menyematkan dalam karya agungnya ini. Pokoknya dijamin lengkap dan puas bagi siapa yang mau membacanya.

Beliau wafat malam Selasa, bulan Jumadil Ula, tahun 808 Hijiriyah bertepatan dengan tahun 1405 Masehi dimakamkan di pemakaman para Ahli Sufi di Said as-Su’ada Kairo.

Berikut link download kitab Hayatul al-Hayawan al-Kubra:

https://t.me/maktabatuna/925
https://t.me/maktabatuna/926
https://t.me/maktabatuna/927
https://t.me/maktabatuna/928

Semoga bermanfaat.

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.