RKH. Fakhrillah Aschal: Amalan Dari KH. Lilur Agar Selamat Dunia Akhirat

oleh -1,812 views

Syaichona.net- Pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil RKH. Fakhrillah Aschal memberikan amalan dari KH. Kholilur Rahman supaya selamat di dunia dan akhirat dalam rangka Haul Al- Arif billah KH. Kholilur Rahman yang ke IV yang bertempat di halaman musholla pesantren, juma’t malam (25/02).

Acara tersebut dikemas dengan pembacaan tahlil yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan dzikir dan sholawat bersama Ahbabul Musthofa yang dipimpin langsung oleh beliau RKH. Fakhrillah Aschal.

Dalam rangka Haul Al- Arif billah KH. Kholilur Rahman yang ke IV tersebut dihadiri oleh KH. Abdulloh Hanani (ponakan RKH. Fakhrillah Aschal) dan diikuti oleh seluruh santri putra-putri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil serta dihadiri  oleh seluruh lapisan masyarakat dan para fakhers mania.

RKH. Fakhrillah Aschal menyampaikan suatu dhebuan (Dawuh) yang sampai saat ini melekat dalam diri beliau yaitu Dawuh Al- Arif billah KH. Kholilur Rahman yang mana beliau bercerita bahwa pada saat itu ada orang yang sowan ke KH. Kholilur Rahman meminta amalan supaya bisa selamat dunia dan akhirat.

Dhebunah KH. Lilur lo’ usa amal-amalan mon terro slamettah dunnyah akherat cokop odhi’ der bhender selamet dunnyah akherat (Dawuh KH. Lilur tidak perlu amal-amalan kalau ingin selamat dunia akherat, cukup hidup di jalan yang benar/sesuai syariat maka akan selamat dunia akhirat),” dawuh beliau.

Hal ini jika lebih diperdalam lagi makna yang terkandung dalam Dawuh Al- Arif billah KH. Kholilur Rahman walaupun sedikit, tapi maknanya sangat dalam artinya jangan pernah kita sampai mencari masalah, baik itu kaitannya dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala atau sesama manusia, maka patuhilah semua perintah-Nya dan Jauhilah semua larangan-Nya, inilah yang disebut dengan odhi’ der bhender (hidup di jalan yang benar/sesuai syariat).

Masya Allah settong kalimat odhi’ dher bhender selamet dunnyah akherat, artenah pesae sareng Allah Subhanahu Wa Ta’ala hubungan epon ben pesae der bhender hubungan antar manossah ka’dhintoh dhebunah beliau ketika bedeh oreng nyo’on amal-amalan, cuman simple jewebennah odhi’ dher bhender selamet dunnyah akherat, (Masya Allah satu kalimat odhi’ dher bhender selamat dunia akhirat, artinya sempurnakanlah hubungan kita dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan sesama manusia, inilah Dawuh beliau ketika ada yang meminta amal-amalan, jawabannya simple saja odhi’ dher bhender selamat dunia akhirat), tutur pengasuh ponpes Syaichona Moh. Cholil.

“Malar mogheh dhebuen ka’dhintoh bisa eteggu’eh sareng para santre-santrenah Syaichona Moh. Cholil karena ka’dhintoh dhebuen epon deri Dzurriyeh Syaichona Moh. Cholil se termasuk Wali min Awliya’illah, (Semoga Dawuh ini bisa dipegang oleh para santri-santri nya Syaichona Moh. Cholil karena ini merupakan Dawuh dari Dzurriyeh Syaichona Moh. Cholil yang termasuk seorang Wali min Awliya’illah),” harap beliau.

REPORTER: BAHRUDIN ALAM

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.