Jawaban Agus Kholili Kholil Mengapa Islam Mengalami Kemunduran ?…

oleh -1,267 views

Syaichona.net- Pada kajian perpustakaan Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil dengan tema “Basic Membaca Santri Melenial” Agus Kholili Kholil narasumber pada kajian tersebut menjelaskan bahwa pada tahun 1400 M. Umat Islam pada saat itu mengalami kemunduran yang luar biasa hal ini tidak lain disebabkan peperangan dan invasi atas banyak wilayah umat islam sehingga mengakibatkan banyaknya para Ilmuan islam dan pengetahuan Islam yang hilang.

Kemunduran ini menjadikan para cendikiawan Muslim berfikir dan meneliti apa sebenarnya penyebab dari semua itu?….

pertanyaan ini sempat juga dilontarkan oleh salah satu peserta kajian kepada Narasumber Agus Kholili Kholil ” Penulis Sejarah dan Buku Kritik Ideologi Radikal” beliau menjawab, kalau mau jujur pertanyaan seperti ini tidak lazimnya muncul dari kelompok Ahlu Sunnah wal Jamaah. Biasanya pertanyaan yang seperti ini muncul atau di gembar gemborkan oleh kelompok diluar Ahlu Sunnah wal Jamaah.

Dan menurut saya pertanyaan ini tidak cukup hanya dibahas dalam satu kali kajian butuh beberapa kajian lagi dan waktu yang sangat lama untuk membahasnya. Namun beliau tetap memaparkan sedikit bahwa sebenarnya sudah ada ulama terdahulu yang membahas dan memberikan jawaban apa alasan atau penyebab kemunduran umat islam pada saat itu (1400 M)?

Beliau sendiri Agus Kholili Kholil sebelum mengatakan “aslinanya saya merasa tidak pantas untuk menjawab pertanyaan tersebut (Cangkolan, Madura-red.). entah kenapa alasannya !!! Namun beliau tetap memberikan sedikit komentar atau jawaban beberapa ulama terkait hal tersebut:

1. Ibnu Taimiyah berkata bahwa kemunduran umat Islam disebabkan karena umat islam tidak kembali pada sunnah Nabi Saw. Dari sini muncul ajaran wahabiyah.

2. Syaikhul Azhar Muhammad Abduh pengarang kitab Tafsir Manar menyebutkan bahwa kemunduran umat Islam disebabkan umat Islam terlalu membuat skat antara ilmu timur dan barat sehingga beliau memberikan tips agar tidak membedakan antara ilmu barat dan timur dan yang menjadi fokus beliau pada saat itu adalah bidang pendidikan.

3. Ada yang mengatakan bahwa Kemunduran umat Islam disebabkan karena umat islam tidak satu kepemimpinan seperti zaman Rasulullah SAW. dan zaman Khulafaurrosyidin sehingga dari sinilah muncul Hizbut Tahrir yang di pelopori oleh Syaikh Taqiyyudin an-Nabhani.

4. Ada lagi yang berpendapat bahwa kemunduran umat Islam karna hilangnya ajaran islam itu sendiri yaitu Jihad sehingga mereka beranggapan sebuah keharusan mengembalikan ajaran tersebut. Dari sinilah muncul terorisme seperti ISIS, ALKAEDAH DLL.

5. Yang terakhir penyebab Kemunduran umat islam karena umat islam tidak mau menegakkan syariat secara kaffah. sehingga muncul organisasi atau gerakan seperti yang telah terjadi di Indonesia gerakan atau organisasi anti pancasila yang berusaha ingin merubah ideologi Pancasila.

Dan Ahlu Sunnah wal Jamaah sendiri seperti Syaikh Romadhon al- Buthi dan banyak lagi dari Ulama’ NU tidak menjawab atau sukut atas pertanyaan tersebut karena memang pertanyaan ini tidak perlu dijawab semuanya sudah menjadi sunatullah, ya tidak perlu jawab yang aneh aneh sepenting tetap ngaji, ngaji dan ngaji.
Demikian jawaban Agus Kholili Kholil menanggapi pertanyaan tersebut.

Sekian dan terima kasih.

Penulis : Ridho Santoso

  • Jawaban ini, ditulis oleh penulis tidak secara detail namun insyaallah sudah tercukupi…
banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.