BERJUMPA DENGAN RASULULLAH ﷺ

oleh -1,334 views

Syaichona.net- Syaikh Muhammad bin Umar Nawawi aI-Jawiy atau yang dikenal dengan sebutan Syaikh Nawawi al-Bantaniy dalam kitabnya Nashaihu al-Ibad fi Bayani Munabbahati ala al-Isti’dadi li Yaumi al-Ma’ad bercerita:

“Saat asy-Syibliy datang mengunjungi Ibnu Mujahid, Ibnu Mujahid merangkul dan mengecup keningnya. Kemudian ada yang bertanya pada Ibnu Mujahid tentang apa yang dilakukannya. Ibnu Mujahid lantas menjawab:

“Aku pernah melihat Rasulullah ﷺ dalam mimpiku, pada waktu itu asy-Syibliy datang menghadap Rasulullah ﷺ, lalu Nabi ﷺ berdiri dan mengecup keningnya.

Kemudian aku bertanya: “Ya Rasulullah! Apakah Paduka melakukan hal ini pada asy-Syibliy?”

Rasulullah ﷺ menjawab: “Ya, karena dia setiap selesai melakukan sholat fardu selalu membaca:

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِّنْ أَنفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُم بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ • فَإِن تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ.

“Sungguh, telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, (dia) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, penyantun dan penyayang terhadap orang-orang yang beriman. Maka jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah (Muhammad), ‘Cukuplah Allah ﷻ bagiku; tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy (singgasana) yang agung.”
[QS At-Taubah: 128-129].

Dan mengucapkan sholawat padaku:

ﺻَﻠّٰﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻚَ ﻳَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪُ

“Semoga rahmat Allah ﷻ tercurahkan padamu Ya Muhammad!”

Setelah itu aku bertanya pada asy-Syibliy (untuk membuktikan) tentang apa yang dibacanya, maka asy-Syibliy menyebutkan hal yang sama.” Waallahu A’llamu

Penulis: Abdul Adzim

Publisher : Fakhrul

Referensi:

📒 Syaikh Muhammad bin Umar Nawawi aI-Jawiy| Nashaihu al-Ibad fi Bayani Munabbahati ala al-Isti’dadi li Yaumi al-Ma’ad| Daru al-Kutub al-Ilmiyah

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.