TARJEMAH DOA MAULID NABI ﷺ

oleh -3,800 views

 

بسمِ اللهِ الرَّحمَنِ الرَّحيمِ

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

صَدَقَ اللهُ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ ۞ وَصَدَقَ رَسُوْلُهُ الْحَبِيْبُ الْكَرِيْمُ ۞ وَنَحْنُ عَلى ذلِكَ مِنَ الشَّاهِدِيْنَ ۞ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ ۞ اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْأَوَّلِيْنَ ۞ وَصَلِّ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الِأخِرِيِنَ ۞ وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى النَّبِيِّيْنَ ۞ وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمُرْسَلِيْنَ ۞ وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى كُلِّ وَقْتٍ وَّحِيْنَ ۞ وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمَلَإِ الْأَعْلى اِلى يَوْمِ الدِّيْنِ ۞

Maha Benar Allah ﷻ Yang Maha Luhur nan Maha Agung. Maha Benar utusan-Nya ﷺ Yang Menjadi Kekasih nan Mulia. Dan atas semua itu kita adalah orang-orang yang menyaksikan. Segala puji bagi Allah ﷻ Tuhan sekalian Alam. Ya Allah, limpahkanlah shalawat (rahmat ta’dzim) kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ di kalangan orang-orang dahulu, limpahkanlah shalawat (rahmat ta’dzim) kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ di kalangan orang-orang kemudian, limpahkanlah shalawat (rahmat ta’dzim) kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ di kalangan para nabi, limpahkanlah shalawat (rahmat ta’dzim) kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ di kalangan para rasul, dan limpahkanlah shalawat (rahmat ta’dzim) kepada junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ di kalangan para malikat sampai hari kiamat.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَاالنَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه ۞ اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ ۞ اَللّهُمَّ بَلِّغْ رُوْحَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مِنَّا تَحِيَّةً وَّسَلاَمًا ۞ وَاجْزِه عَنَّا اَفْضَلَ مَا جَزَيْتَ نَبِيًّا عَنْ اُمَّتِه ۞ وَاتِهِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ ۞ وَابْعَثْهُ الْمَقَامَ الْمَحْمُوْدَ الَّذِيْ وَعَدْتَه يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ ۞

Salam sejahatera semoga tercurah kepadamu, wahai Nabi Muhammad ﷺ. Semoga juga Rahmat Allah ﷻ dan Berkah-Nya pun tercurah kepadamu wahai Nabi ﷺ. Semoga salam sejahtera tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah ﷻ yang sholeh. Ya Allah sampaikan penghormatan dan salam dari kami kepada Sayyidina Muhammad ﷺ. Berilah Sayyidina Muhammad ﷺ dari kami paling utamanya sesuatu yang diberikan umat (terdahulu) kepada nabinya. Berikan kepada Sayyidina Muhammad ﷺ, wasilah dan keutamaan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi, dan angkatlah dia ke tempat yang terpuji sebagai mana engkau telah janjikan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih melebihi dari segala yang mengasihi.

اللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِمَّنْ يَسْتَوْجِبُ شَفَاعَتَهُ ۞ وَيَرْتَجِيْ بِهِ مِنَ اللهِ رَحْمَتَهُ ۞ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنُ ۞ اللّٰهُمَّ بِحُرْمَةِ هٰذَا النَّبِيِّ الْكَرِيْمِ ۞ وَاٰلِهَ وَأصْحَابِهِ السَّلِكِيْنَ لِنَهْجِهِ الْقَوِيْمِ ۞ اِجْعَلْنَا مِنْ خِيَارِ أُمَّتِهِ ۞ وَاسْتُرْنَا بِذَيْلِ حُرْمَتِهِ ۞ وَاحْشُرْنَا غَدًا فِيْ زُمْرَتِهِ ۞ وُاسْتَعْمِلْ أَلْسِنَـتَـنَا فِيْ مَدْحِهِ وَنُصْرَتِهِ ۞ وَاحْيِنَا مُسْتَمْسِكِيْنَ بِطَاعَتِهِ وَمَحَبَّتِهِ ۞ وَأَمِتْنَا عَلىٰ سُنَّتِهِ وَجَمَاعَتِهِ ۞ اللّٰهُمَّ أدْخِلْنُا مَعَهُ الْجَنَّةَ فَإِنَّهُ أَوَّلُ مَنْ يَدْخُلُهَا ۞ وَأَنْزِلْنَا مَعَهُ فِيْ قُصُوْرِهَا فَإِنَّهُ أَوَّلُ مَنْ يَنْزِلُهَا ۞ وَارْحَمْنَا بِهِ يَوْمَ يَسْتَشْفِعُ بِهِ الْخَلَآئِقُ فَتَرْحَمَهَا.

Ya Allah jadikan kami dan mereka golongan orang-orang yang berhak mendapatkan syafaatnya dan orang-orang yang dengan sebab dia berharap rahmat dari Allah ﷻ.

Segala puji bagi Allah ﷻ Tuhan sekalian Alam. Ya Allah dengan kehormatan Nabi ﷺ Yang Mulia ini, keluarga, para sahabatnya yang menempuh di jalannya yang lurus. Jadikan kami ummat pilihannya. Tutupi aib kami dengan bayangan kemuliaannya. Himpunilah kami kelak dalam rombongannya. Gunakan lisan-lisan kami dalam memuja dan menolongnya. Hidupkan kami sebagai orang-orang yang selalu berpegang teguh (pada ajarannya) dengan mentaati dan mencintainnya. Matikan kami dalam sunnah dan golongannya. Ya Allah masukkan kami kedalam surga bersamanya karena dia orang pertama kali masuk surga. Tempatkan kami di gedung-gedung surga bersamanya karena dia orang yang pertama kali menempati gedung-gedung surga itu. Belas kasihani kami dengan sebab dia di hari saat semua makhluk berharap mendapat syafaat darinya kemudian Kau berbelas kasihan pada mereka.

اَللّٰهُمَّ إِنَّا قَدْ حَضَرْنَا قِرَاءَةَ مَوْلِدِ نَبيكَ الْكَرِيْمِ ۞ فَاَفِضْ عَلَيْنَا بِبَرَكتِهِ لِبَاسَ اْلعِزِّ والتَّكْرِيْمِ ۞ وأسْكِنَّا بِجَوَارِهِ  فِيْ دَارِ النَّعيمِ ۞ وَنَعِّمَنَا فِيْ الْجَنَّةِ بِالنَّعِيْمِ الْمُقِيْمِ ۞ اللَّهُمَّ إنَّا نَسْألُكَ بِجَاهِ هَذَا النَّبِيِّ الْمُصْطَفٰى ۞ وَآلِهِ أهْلَ الصِدْقِ وَالوَفَا ۞ كُنْ لَنَا مُعِيْناً ومُسْعِفاً ۞ وبَوِّئْنَا مِنَ الجَنةِ غُرَفاً ۞ وَارْزُقْنَا بِجَاهِهِ عِنْدَكَ قَبُوْلاً وَعِزًّا وَشَرَفًا ۞ اللَّهُمَّ إنَّا نَتَوَسَّلُ إِلُيْكَ بِنَبِيِّكَ الْمُختَارِ ۞ وَآلِهِ الْأَطْهَارِ ۞ أَصْحَابِهِ الْأَخْيَارِ ۞ كَفِّرْ عَنَّا الذُّنُوبَ وَالأَوْزَارَ ۞ يَآ اللهُ يَآ اللهُ يَآ اللهُ وَاحْرُسْنَا مِنْ جَميعِ الْمَخَاوِفِ وَالْأَخْطَارِ ۞ وَاجْمَعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُ فِيْ دَارَ الْقَرَارِ ۞ وتَقَبَّلْ مِنَّا مَا قَدَّمنَا مِنْ يَسِيْرِ أعْمالِنا فِيْ الْإِعْلاَنِ وَالْإِسْرَارِ ۞ وَارْحَمْنَا بِرَحْمَتِكَ وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ أَنْتَ الْعَفُوُّ يَا غَفَّارُ ۞

Ya Allah! Sesungguhnya kami telah menghadiri pembacaan maulid nabi-Mu ﷺ yang mulia. Limpahkan kepada kami dengan barokahnya pakaian mulia dan kemuliaan. Tempatkan kami dengan mendapinginya di rumah kenikmatan. Berilah kami kenikmatan di surga dengan kenikmatan yang kekal. Ya Allah kami memohon dengan pangkat tertinggi Nabi ﷺ yang tarpilih ini dan keluarganya ahli kejujuran dan kesetian. Berilah kami rezeki disisimu dengan sebab kemuliaanya terkabulan doa, kemuliaan dan keagungan. Ya Allah sesungguhnya kami bertawassul dengan nabi-Mu ﷺ yang terpilih. Keluarganya yang suci. Sahabatanya yang terbaik. Leburlah dari kami dosa-dosa dan kesalahan. Ya Allah! Ya Allah! Ya Allah! Jagalah kami dari sesuatu yang menakutkan dan mara bahaya. Kumpul antara kami dan dia di rumah keabadian. Terimalah dari kami sesuatu yang kami haturkan berupa sedikitnya perbuataan kami dalam keadaan terang-terangan atau keadaan sembunyi. Belas kasihani kami dengan rahmat-Mu dan ampuni kami semua, karena sesungguhnya Kau Dzat Yang Pemaaf wahai Dzat Maha Pengampun.

________________

إِلٰهِى ياَ كَرِيْمُ إِغْفِرْ ذُنُوْ بَنَا         بِجَاهِ اْلمُصْطَفٰى فَرِّجْ عَلَيْنَا

Wahai Tuhanku, wahai dzat yang mulia, ampunilah dosa-dosa kami. Dengan keagungan Muhammad ﷺ, maka berilah kemudahan pada kami.

إِلٰهِى تَمِّمِ النَّعْمَا عَلَيْنَا       وَوَفِقْنَا لِشُكْرِكَ مَا بَقِيْنَا

Wahai Tuhanku, sempurnakan nikmat atas diri kami. Berilah petunjuk kepada kami untuk bersyukur kepada-Mu atas apa yang ada pada diri kami.

 

أَذَقْنَا بَرْدَ عَفْوِكَ يَا إِلٰهِى       وَهَوِّنْ كُلَّ مَطْلُوْبٍ عَلَيْنَا

Berilah kesempatan pada kami untuk merasa-kan sejuknya ampunan-Mu ya Allah. Dan mudahkanlah segala hal yang kami cari.

فَإِنَّا لَا نُعَوِّلُ فِى مُهِمٍّ      أَلَمْ بِنَا وَلَا مَا قَدْ لَقِيْنَا

Karena kami tidak akan minta tolong dalam hal yang penting. Yang menyakitkan pada kami dan tidak akan juga minta tolong dalam hal yang kami temui.

عَلىٰ أَحـَدٍ وَلَا سَبَبٍ وَلٰكِنْ      إِذَا ضَاقَتْ فَكُنْتَ لَنَا قَمِيْنَا

Kepada seseorang dan juga tidak akan minta tolong pada sebab, akan tetapi, ketika kami berada dalam kesulitan maka Engkaulah yang pantas bagi kami (mintai pertolongan).

وَصَلِّ عَلىٰ رَسُوْلِكَ كُلَّ حـِيْنٍ       مُحَمَّدِنِ النَّبِيِّ الزَّاكِى الْأَمِيْنَا

Limpahan rahmat ta’dhim atas utusan-Mu ﷺ setiap saat. Yaitu Muhammad ﷺ. seorang Nabi yang suci dan terpercaya.

كَذَا اٰلِ وَأَصْحَابِ كِرَاٍمٍ      وَمَنْ وَّالَاهُمُ وَالتَّابِعِيْنَا

Begitu juga limpahan rahmat ta’dhim atas keluarga, para sahabat yang mulia, orang-orang yang sholeh dan pengikut-pengikutnya.

________________

وَصَلَّ اللهُ عَلى خَيْرِ خَلْقِه مُحَمَّدٍ وَّالِه وَاَصْحَابِه اَجْمَعِيْنَ ۞ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا ۞ وَاخْتِمْ لَنَا مِنْكَ بِخَيْرٍ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ ۞ صَلَّى اللهُ رَبُّنَا عَلىَ النُّوْرِ الْمُبِيْنِ ۞ اَحْمَدَ الْمُصْطَفى سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ ۞ ثلاث مرات ۞ وَعَلى اَلِه وَصَحْبِه اَجْمَعِيْنَ ۞ ثَلاَثًا ۞ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّايَصِفُوْنَ ۞ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ ۞ وَالْحَمْدُللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Semoga rahmat ta’dhim Allah dan salam, selalu dilimpahkan kepada paling baiknya makluk Allah Yaitu Nabi Muhammad ﷺ, keluarga dan sahabatnya semua dengan berlimpah ruah. Akhirkan hidup kami dengan akhir yang baik dengan belas kasihani-Mu wahai Tuhan Yang Maha Pengasih melebihi dari segala yang mengasihi. Semoga rahmat ta’dhim Allah, Tuhan kami selalu dilimpahkan kepada cahaya nyata ﷺ Yaitu Ahmad ﷺ Nabi pilihan penghulu para utusan. Dan atas keluarga dan sahabatnya semua. Maha suci Allah, Tuhan Yang Perkasa, Mulia dan Agung dari segala tuduhan-tuduhan yang tidak layak dan patut bagi-Nya. Semoga keselamatan tetap dilimpahkan kepada para utusan-Nya, dan segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam.

Waallahu A’lamu

Penerjemah: Abdul Adzim

#Semoga_Manfaat

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.