SELAMAT !!! SANTRI PONPES SYAICHONA CHOLIL JUARA II MQK TINGKAT KAB. BANGKALAN

oleh -1,631 views

Syaichona.net- Pusiri, asal Kecamatan Kokop delegasi santri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan sukses sebagai juara ke-2 Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) antar Pondok Pesantren  dan Lembaga keagamaan se-Kabupaten Bangkalan dengan mengusung tema “Aktualisasi nilai-nilai ke santrian sebagai prinsip dalam menerapkan konsep ukhuwah wathoniyah”.

Diselenggarakan oleh Ikatan santri alumni Salafiyah Syafi’iyah Sukerejo (IKSASS) dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional dan harlah IKSASS yang ke-33 tahun di Pondok Pesantren As-Sa’idiyah Arosbaya Bangkalan Minggu (03/10/21).

“Alhamdulillah dari sekian banyak delegasi dari berbagai Pondok Pesantren se-Kabupaten Bangkalan, delegasi Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan ini mendapatkan juara 2 lomba baca kitab Fath Al-Qorib yang pesertanya sekitar 33 dari masing-masing Pondok Pesantren se-Bangkalan,” ungkap Ust. Sufyan As-Sauri selaku pendamping dari delegasi Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan.

Lomba tersebut dikonsep menjadi dua bagian dengan kategori yang pertama kitab Mukhtashor Jiddan dan yang kedua Kitab Fath Al-Qorib.

“Karna memang ada dua lomba yang pertama lomba baca kitab Mukhtashor Jiddan yang ini maksimal berusia 15 tahun kemudian yang kedua lomba Kitab Fath Al-Qorib dengan maksimal usia 19 tahun baik itu santri putra ataupun santri putri, dan dari pondok kami memang tidak mengirimkan santri putri dikarnakan ada halangan atau udzur sehingga tidak bisa mengirimkan delegasi di putri,” Ujar Ust. Sufyan As-Sauri.

Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan ikut berpartisipasi dalam lomba ini dengan mengutus dua santri yaitu Lukman Alfa Hidayah (kategori kitab Mukhtashor Jiddan dan Pusiri (kategori kitab Fath Al-Qorib) yang mendapat juara 2 dalam pergelaran event tersebut.

“Ketika saya mendapatkan juara di lomba ini, saya merasa senang karena bisa membawa nama baik Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil dan juga lomba ini bisa menjadi pengalaman terlebih bagi saya kedepannya untuk lebih meningkatkan kualitas baca kitab,” ungkap Pusiri selaku juara 2 Lomba baca kitab Fath Al-Qorib delegasi Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

Ust. Sufyan As-Sauri selaku pendamping merasa bersyukur dengan diraihnya Pusiri sebagai juara 2 karena hal itu, sebagai ajang atau potensi khususnya bagi santri untuk mengkaji dan memahami nahwu shorrof dalam memahami kitab ulama salaf.

“Saya berharap kedepannya ini, ada santri-santri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil yang memiliki kualitas baca kitab tingkat tinggi sehingga bisa mengikuti perlombaan semacam ini dan bisa mengharumkan nama Pondok Pesantren ini kepada masyarakat,” Harapan Pusiri.

Reporter : Fakhrul

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.