BERKAT ISTRI SHALIHAH REZEKI SUAMI MELIMPAH

oleh -1,848 views

Syaichona.net- Apa yang akan Anda lakukan ketika menemukan segepok uang di jalan? Dan Anda waktu itu sedang butuh-butuhnya dengan uang.

(حكاية) كان بمكة رجل فقير وله زوجة صالحة، فقالت : ليس عندنا شيئ, فخرج إلى الحرم فوجد كيسا فيه ألف دينار ففرح به فرحا شديدا وأخبر زوجته بذلك،

فقالت له : لقطة الحرم لابد فيها من تعريف، فخرج فسمع المنادى : من وجد كيسا فيه ألف دينار؟ فقال : أنا وجدته، فقال : هو لك ومعه تسعة آلاف دينار،

فقال : أتهزأ بي؟ قال : لا والله ولكن أعطانى رجل من أهل العراق عشرة آلاف دينار، وقال : اطرح منها ألفا في الحرم ثم ناد عليه فإن ردها فادفع الجميع إليه لأنه أمين والأمين يأكل ويتصدق فتكون صدقتنا مقبولة للأمانته.

Dahulu di kota Makkah ada seorang lelaki miskin mempunyai istri shalihah. Istrinya berkata, “Kita sudah tidak punya apa-apa.” Kemudian lelaki itu pergi ke tanah haram, di sana dia menemukan kantong uang berisi seribu dinar. Dia sangat gembira, dan mengabarkan kepada istrinya yang shalihah itu.

“Temuan tanah haram wajib diumumkan.” Kata istrinya. Kemudian lelaki itu keluar rumah dan mendengar orang sedang memberi pengumuman, “Adakah yang menemukan kantong berisi seribu dinar?” Lelaki itu menjawab, “Aku yang menemukan.” “Itu untukmu, dan bersamanya ada tambahan sembilan ribu dinar.” Balas si pemberi pengumuman.

“Apa Anda sedang bercanda denganku?” Tanya lelaki itu kemudian. “Tidak, demi Allah. Akan tetapi ada seorang penduduk Iraq, memberiku sepuluh ribu dinar, dan penduduk Iraq itu berkata kepadaku, “Lemparkanlah uang itu seribu dinar di tanah Haram, kemudian umumkan, apabila ada yang mengembalikan, serahkan semua itu kepadanya, karena dia berarti orang terpercaya. Orang terpercaya ketika makan dan bersedekah itu menjadi sebab keterimanya sedekahku, sebab sifat amanahnya.”

Dengan cerita tersebut memberi pelajaran, bahwa bukan hanya suami yang dikatakan sebagai surga-nerakanya istri, tapi istri juga berpotensi menjadi penyebab surga-nerakanya suami.

Karena andai istrinya tidak shalihah tentu akan berbeda ceritanya. Bisa saja uang itu langsung diambil, tanpa lebih dulu diumumkan.

Nah, walaupun Anda melakukan sebagaimana dalam cerita di atas, belum tentu Anda juga bernasib mendapat tambahan rezeki seperti dalam cerita.

Sekali lagi, apa yang akan Anda lakukan?

Oleh : Shofiyullah el_Adnany

Publisher : Fakhrul

Cerita disadur dari kitab Bahjatul Wasail Bi Syarhi Masail| Syaikh Muhammad Nawawi al-Banteni| Alar Risalah al-Jami’ah Baina Usuliddin Wal Fighi Wat Tasahawufi| Sayid Ahmad Bin Zain al-Habsyi.

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.