BELAJAR TANPA GURU BAGAIKAN POHON TANPA DITANAM.

oleh -126 views

 

قال بعضهم : من لا شيخ له فشيخه ش

Sebagian ulama mengatakan, “Barang siapa yang tidak punya guru, maka gurunya adalah setan.”

Sebab tanpa guru seseorang bisa saja tersesat jalan, karena keberadaan guru ibaratkan orang yang memberi petunjuk jalan dan menjadi sebab sampainya seseorang pada tujuan (Sampai kepada Allah), dan sampainya pada kebenaran.

Tentang sebab itu, Syaikh Nawawi al-Banteni dalam kitab Bahjatul Wasail Bisyarhi Masail berkata,

أن سنة الله جارية على أنه لابد من السبب وكما أن التوالد حقيقى لا يحصل بلا واسطة والد كذلك التوالد معنوى حصوله بغير مرشد متعذر

Sunnatullah berjalan sesuai perkara yang menyebabi, sebagaimana kelahiran seorang anak tidak akan pernah terjadi tanpa pelantaraan orang tua. Juga demikian kelahiran maknawi (sampainya seorang murid kepada tujuan) meskipun sampai dan terjadi, namun jika tanpa guru maka hasilnya mengkhawatirkan.

Perumpamaan itu sebagaimana juga disampaikan oleh Imam ad-Daqqaq,

قال الدقاق : الشجرة التى تنبت بنفسها لا تثمر وإذا أثمرت فإن ثمرها بغير لذة

“Pohon yang tumbuh dengan sendirinya, tidak akan berbuah. Apabila tetap berbuah, buahnya tidak akan enak.”

Maksudnya belajar tanpa guru, seperti pohon yang tumbuh tanpa ditanam. Ia tidak akan memperoleh buahnya ilmu. Kalau saja tetap berbuah maka buah dari ilmunya tidak bisa memberi manfaat.

Keterangan di atas memang dalam konteks bertarekat, berjalan menuju Allah. Namun, pada kenyataannya bukan hanya bertarekat yang butuh kepada guru, belajar ilmu pengetahuan apapun juga butuh kepada guru, agar tidak salah memahami, terlebih ilmu syariat.

Penulis: Shofiyullah El_Adnany

Sumber : Bahjatul Wasail Bisyarhi Masail| Syaikh Muhammad Nawani bin Umar al-Jawi| Alal Risalah al-Jami’ah Baina Usuliddin wal Fighi wat Tasawuf| Sayid Ahmad Zain al-Habsyi| Hal 03.
__________

Bersama Gus Abdul Karim Bin KH. Minanurrahman Bin KH. Utsman al-Ishaqi, dalam acara Haul Akbar ke 21 al-Maghfurlah guru ngaji saya KH. Sirajuddin Bin KH. Abdul Majid Masaran, Pakong, Modung, 11 September 2021 M.

Semoga beliau dan seluruh kelurganya selalu sehat, panjang umur. Dan kita mendapatkan aliran barakahnya. Amin.

Penulis : Shofiyullah El-Adnany

banner 700x350