DOA PENANGKAL BALA’ DI BULAN SHAFAR

oleh -235 views

مَا يُطْلَبُ فِيْ صَفَرَ اَلْخَيْرِ

Suatu yang dianjurkan dalam bulan Shafar yang baik

اِعْلَمْ أَنَّ مَجْمُوْعَ الَّذِيْ نُقِلَ مِنْ كَلَامِ الصَّالِحِيْنَ كَمَا يُعْلَمُ مِمَّا سَيَأْتِيْ أَنَّهُ يَنْزِلُ فِيْ آخِرِ أَرْبِعَاءَ مِنْ صَفَرَ بَلَاءٌ عَظِيْمٌ، وَأَنَّ الْبَلَاءَ الَّذِيْ يُفَرَّقُ فِيْ سَائِرِ السَّنَةِ كُلَّهُ يَنْزِلُ فِيْ ذَلِكَ الْيَوْمِ،
فَمَنْ أَرَادَ السَّلَامَةَ وَالْحِفْظَ مِنْ ذَلِكَ فَلْيَدْعُ أَوَّلَ يَوْمٍ مِنْ صَفَرَ، وَكَذَا فِيْ آخِرِ أَرْبِعَاءَ مِنْهُ بِهَذَا الدُّعَاءِ.

فَمَنْ دَعَا بِهِ دَفَعَ اللهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَنْهُ شَرَّ ذَلِكَ الْبَلَاءِ. هَكَذَا وَجَدْتُهُ بِخَطِّ بَعْضِ الصَّالِحِيْنَ.

Ketahuilah, bahwa sejumlah kutipan dari ucapan orang-orang shaleh, sebagaimana penjelasan yang akan diketahui mendatang, bahwa pada hari Rabu terakhir bulan Shafar akan turun bencana besar. Dan sesungguhnya bencana yang akan tersebar di sepanjang tahun, semuanya akan turun pada hari itu.

Barangsiapa yang ingin selamat dan dijaga dari bencana itu, maka hendaklah berdoa pada hari pertama bulan Shafar, demikian pula di hari Rabu terakhir bulan Shafar (biasa disebut Rebo wekasan) dengan doa yang sama.

Barangsiapa yang berdoa dengan kalimat itu, maka Allah ﷻ akan menyelamatkannya dari keburukan musibah tersebut. Inilah yang aku temukan dari tulisan orang-orang shaleh.

وَالدُّعَاءُ فِيْ أَوَّلِ يَوْمٍ مِنْهُ هُوَ هَذَا:

Berikut doa pada hari pertama Bulan Shafar:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شَرِّ هَذَا الزَّمَانِ وَأَهْلِهِ، وَأَعُوْذُ بِجَلَالِكَ وَجَلَالِ وَجْهِكَ وَكَمَالِ جَلَالِ قُدْسِكَ أَنْ تُجِيْرَنِيْ وَوَالِدَيَّ وَأَوْلَادِيْ وَأَهْلِيْ وَأَحْبَابِيْ وَمَا تُحِيْطُهُ شَفَقَةُ قَلْبِيْ مِنْ شَرِّ هَذِهِ السَّنَةِ، وَقِنِيْ شَرَّ مَا قَضَيْتَ فِيْهَا، وَاصْرِفْ عَنِّيْ شَرَّ شَهْرِ صَفَرَ، يَا كَرِيْمَ النَّظَرِ، وَاخْتِمْ لِيْ فِيْ هَذَا الشَّهْرِ وَالدَّهْرِ بِالسَّلَامَةِ وَالْعَافِيَةِ وَالسَّعَادَةِ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَأَوْلَادِيْ وَلِأَهْلِيْ وَمَا تَحُوْطُهُ شَفَقَةُ قَلْبِيْ وَجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

“Semoga Allah ﷻ melimpahkan curahan rahmatnua kepada Baginda kita Nabi Muhammad ﷺ dan kepada keluarga beliau dan para sahabat beliau seluruhnya.
Aku memohon perlindungan kepada Allah ﷻ dari keburukan zaman ini dan keburukan penghuni zaman ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu, dengan keagungan-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu, dan kesempurnaan keagungan kesucian-Mu, agar Engkau menyelamatkanku, kedua orang tuaku, anak-anakku, keluargaku, para kekasihku dan apa-apa yang tercakup oleh kecintaan hatiku dari keburukan apa-apa yang telah Engkau tetapkan di tahun ini, dan jauhkanlah dariku keburukan yang terjadi di bulan Shafar, wahai Allah Yang Maha baik pengawasan-Nya, dan tutuplah bagiku di bulan ini dan di tahun ini dengan keselamatan, kesembuhan dan kebahagiaan bagiku, bagi kedua orang tuaku, bagi anak-anakku, bagi keluargaku, bagi apa-apa yang tercakup oleh kecintaan hatiku dan bagi seluruh muslimin. Semoga Allah ﷻ melimpahkan curahan rahmat dan salam kepada baginda kita Nabi Muhammad ﷺ dan kepada keluarga beliau dan para sahabat beliau.”

وَوَجَدْتُ أَيْضًا بِخَطِّ بَعْضِ الصَّالِحِيْنَ أَنَّ مَنْ يَقْرَأُ فِيْ كُلِّ يَوْمٍ مِنْ أَيَّامِ صَفَرَ هَذَا الدُّعَاءَ حَفِظَهُ اللهُ تَعَالَى فِيْ تِلْكَ السَّنَةِ مِنَ الْآفَاتِ وَالْبَلِيَّاتِ إِلَى صَفَرَ قَابِلٍ، وَلَمْ يُصِبْهُ فِيْهَا بَلَاءٌ قَطُّ، وَهُوَ هَذَا.

Aku juga menemukan tulisan sebagian orang-orang shaleh, sesungguhnya barang siapa setiap hari bulan Shafar membaca doa ini, maka Allah ﷻ akan menjaga orang tersebut dari marabahaya dan bencana sampai bulan Shafar tahun depan dan dia tidak akan tertimpa bencana.

Doanya adalah:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ. اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الشَّهْرِ، وَمِنْ كُلِّ شِدَّةٍ وَبَلاَءٍ وَبَلِيَّةٍ قَدَّرْتَهَا فِيْهِ يَادَهْرُ، يَامَالِكَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، يَاعَالِمًا بِمَا كَانَ وَمَا يَكُوْنُ، وَمَنْ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا قَالَ لَهُ كُنْ فَيَكُوْنُ، يَاأَزَلِيُّ يَاأَبَدِيُّ، يَامُبْدَئُ يَامُعِيْدُ، يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ يَاذَاالْعَرْشِ الْمَجِيْدُ، أَنْتَ تَفْعَلُ مَاتُرِيْدُ،
اَللَّهُمَّ احْرُسْ بِعَيْنِكَ نَفْسِيْ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ وَوَلَدِيْ، وَدِيْنِيْ وَدُنْيَايَ الَّتِيْ ابْتَلَيْتَنِيْ بِصُحْبَتِهَا، بِحُرْمَةِ الْأَبْرَارِ وَالْأَخْيَارِ، بِرَحْمَتِكَ يَاعَزِيْزُ يَاغَفَّارُ، يَاكَرِيْمُ يَاسَتَّارُ، بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ يَاشَدِيْدَ الْقُوَى وَيَاشَدِيْدَ الْمِحَالِ، يَاعَزِيْزُ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ، اِكْفِنِيْ عَنْ جَمِيْعِ خَلْقِكَ يَامُحْسِنُ يَامُجَمِّلْ، يَامُتَفَضِّلُ يَامُنْعِمُ يَامُكْرِمُ، يَامَنْ لاَإِلهَ إلاَّ أَنْتَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ أَجْمَعِيْنَ.

“Ya Allah, limpahkanlah sholawat atas Junjungan kami Nabi Muhammad hamba-Mu, Nabi-Mu, dan Rasul-Mu, Nabi Yang ummiy (tak membutuhkan baca tulis) dan atas keluarga beliau serta limpahkan pula berkah dan salam. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yan ada pada bulan ini, dan dari segala kesulitan, bala dan bencana yang telah Engkau takdirkan pada bulan ini wahai Yang Maha Kekal, wahai Yang memiliki dunia dan akhirat, wahai Yang Maha Tahu apa yang telah dan akan terjadi, dan jika Dia menginginkan sesuatu terjadi dia mengatakan “Jadilah” maka terjadi. Wahai Yang Maha Terdahulu, wahai Yang Maha Abadi, wahai Yang Maha Memulai, wahai Yang Maha Mengembalikan, wahai Yang Memiliki keagungan dan kemuliaan, wahai Yang Memiliki ‘Arsy yang mulia, Engkau melakukan apa yang Engkau kehendaki. Ya Allah, jagalah dengan pandangan-Mu diriku, keluargaku, hartaku, anakku, agamaku, dan duniaku yang mana Engkau menguji aku dengannya, dengan kehormatan orang-orang yang baik, dengan Rahmat-Mu wahai Yang Maha Mulia, wahai Yang Maha Pengampun, wahai Yang Maha Dermawan, wahai Yang Maha Menutup, dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang. Ya Allah Wahai Yang Maha Kuat kekuatan-Nya wahai Yang sangat rekadaya-Nya, wahai Yang Maha Perkasa yang mana kepada keperkasaan-Mu tunduklah segala makhluk, cukupkanlah aku dari segala makhluk-Mu, wahai Yang Maha Baik, wahai Yang Maha Memperindah, wahai Yang Maha Memberi karunia, wahai Yang Maha Memberi nikmat, wahai Yang Maha Memulyakan, wahai Yang tiada Tuhan selain Engkau, kasihilah aku dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang. Dan semoga Allah senantiasa melimpahkan sholawat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad ﷺ dan atas keluarga serta para sahabat beliau semuanya.” Amin. Waallahu A’lamu

Penulis: Abdul Adzim

Referensi:

📖 كنز النجاح و السرور في الأدعية التي تشرح الصدور ص ٢٣-٢٦ • تأليف الشيخ العلامة عبد الحميد محمد علي قدس. المكي.
📖 مخزن الرباح ص ١٦ • تأليف الحبيب علي بن طاهر بن علي العيدروس.

banner 700x350