MENANTI CUCU KEDUA, NYAI. HJ. MUTMAINNAH ASCHAL GELAR WALIMATUL HAMLI

oleh -4.438 views

Syaichona.net- KH. Muhammad Ismail al-Ascholy putra dari Nyai Hj. Mutmainnah Aschal, baru saja menggelar acara walimatul hamli atau yang dikenal dengan tujuh bulanan (pelet kandung) Madura-red atas kehamilan yang kedua sang istri Neng Muktafiyah Bikanafillah putri Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Miftahul Akhyar. Yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, Senin (23/08/21).

Acara tersebut dikonsep dengan berbagai acara sesuai dengan tradisi adat Madura yaitu mulai dari Khotmil quran, Syaraful anam yang diiringi dengan hadrah Jam’iyah Ahbabul Mustofa Putri Ponpes Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, lantunan sholawat, beberapa doa dan yang lainnya.

Tak hanya itu, sesuai tradisi masyarakat Madura Neng Muktafiyah Bikanafillah bersalaman kepada tamu undangan yang hadir untuk meminta doa agar sang banyi yang masih berada dalam kandungan selalu sehat dan selamat sampai melahirkan kemudian sang suami dan istri saling suap menyuap makanan.

Setelah beberapa prosesi telah dilaksanakan sesuai adat istiadat masyarakat Madura yang diakhiri dengan pembacaan doa oleh KH. Muhammad Ismail al-Ascholy kemudian dilanjutkan dengan ritual siraman tiga kali (mandi) terhadap Neng Muktafiyah Bikanafillah dengan air kembang yang dimulai dari Nyai. Hj. Mutmainnah Aschal, kemudian KH. Muhammad Ismail al-Ascholy dan seterusnya dari kerabat-kerabatnya.

Reporter : Fakhrul

banner 700x350

No More Posts Available.

No more pages to load.