RKH. MOH. NASIH ASCHAL MENGAJAK SANTRI SELALU CINTA MERAH PUTIH

oleh -256 views

Syaichona.net- Selasa (17/08/21). Anggota DPRD Jawa Timur sekaligus Ketua Umum Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan RKH. Moh. Nasih Aschal selaku Inspektur upacara kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 tahun dihalaman MDS. Ma’arif Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil mengajak santri untuk selalu mencintai merah putih.

”Sesungguhnya nilai dari proses upacara yang kita laksanakan hari ini sangatlah banyak terutama jika kita hubungkan dengan yang terjadi hari ini sudah tidak sedikit lagi masyarakat yang tidak bangga dengan merah putihnya, tidak sedikit orang yang merasa malu untuk mengatakan kita adalah Indonesia,” tutur Anggota DPRD Jawa Timur.

Lanjutnya, hal ini disebabkan oleh banyaknya hal-hal yang kemudian membuat kita lupa terhadap sejarah perjuangan para pahlawan kita.

Oleh karena itu Ra. Nasih sapaan akrabnya mengatakan dihadapan peserta upacara yang hanya diikuti oleh santri tingkat Tsanawiyah “dengan adanya upacara ini kita dituntut untuk selalu konsistensi dengan berdirinya tegak dihadapan merah putih itu merupakan ikrar janji setia apapun dan bagaimanapun kondisi bangsa ini kita harus tetap mencintai merah putih.

Tak hanya itu, Ra. Nasih juga berpesan kepada peserta upacara “ketika para santri meraih sebuah prestasi dibidang apapun itu, ingatlah bahwa kita harus selalu kibarkan, kita selalu sematkan merah putih tunjukkan bahwa kita memperoleh prestasi itu kita bisa berhasil sukses tidak lain karena kita berada di negara yang penuh dengan kedamaian,’’ ungkapnya.

Ia juga menegaskan bahwa untuk mencintai merah putih haruslah mengetahui banyak hal tidak hanya perjuangan pahlawan tetapi lebih dari itu kita harus semangat merah putih jadikan perjuangan pahlawan sebagai motivasi untuk benar-benar mewujudkan cita-cita leluhur pendiri bangsa.

Selain itu, Anggota DPRD Jawa Timur tersebut mengatakan “seandainya belum merdeka maka tidak akan bisa menuntut ilmu seperti saat ini, oleh karenanya Indonesia ini didirikan dideklarasikan untuk menjadi payung yang memberikan keteduhan kepada seluruh bangsanya, bahwa kita hidup dinegara yang banyak sekali suku dan agama tapi alhamdulillah dengan pancasila kita bisa bersatu dan itu yang telah didedikasikan oleh para guru-guru kita,” tuturnya.

Diakhir amanatnya selaku Inspektur upacara mengatakan bahwa kita adalah santri Indonesia yang putih tulang dan merah darahnya, kita adalah santri yang terus menerus mengebarkan sang merah putih, santri yang kelak akan menjadi kebanggaan bangsa yang besar bagi seluruh komponen yang ada di negara ini, santri yang bangga NKRI.

“Semoga kita semua diberikan istiqomah dalam melantunkan  dari setiap perjuangan pendahulu kita para pahlawan kita sebagai bentuk bukti cinta kita terhadap merah putih dan insyaallah kita akan menjadi bangsa yang besar, insyaallah kita akan menjadi santri merah putih yang di banggakan oleh para guru kita,” harapan Ra. Nasih.

Reporter : Fakhrul

Editor : Ach. Soim

banner 700x350