PRAKTEK RUKYATUL HILAL SANTRI PONPES SYAICHONA CHOLIL

oleh -328 views

Tanggal 30 Dzulhijjah 1442 Tim Falakiyah pondok pesantren Syaichona Moh Cholil Bangkalan adakan praktek rukyatul hilal yang bertempat di daerah Gebbang Kabupaten Bangkalan Senin (09/08/2021).

Praktek tersebut merupakan kegiatan rutinan yang di adakan oleh Tim Falakiyah setiap akhir bulan, terlebih di akhir tahun. Biasanya, jika menjelang awal tahun hijriah, Tim Falakiyah melakukan rukyah ke daerah Gresik, namun untuk tahun sekarang, karena aturan pemerintah yang membatasi aktifitas masyarakat, maka rukyah di lakukan di daerah bangkalan saja.

Tim berangkat ba’da ashar langsung menuju tempat rukyah, karena matahari masih agak siang maka di isi dengan diskusi dan sharing bersama para senior mengenai ilmu Astronomi, sambil lalu menikmati indahnya pemandangan di tepi pantai.

Ketika matahari hampir terbenam, pencarianpun di mulai, berbagai cara di lakukan untuk menemukan hilal, namun sayang, hilal yang di tuinggu-tunggu tak kunjung datang di karenakan mendung yang cukup tebal sehingga kesulitan untuk menemukannya. Kendati demikian, tim tidak pernah menyerah untuk mencari hilal, oleh karena itu praktek di lanjutkan pada hari berikutnya yakni tanggal 02 muharrom yang bertempat di aula lantai empat (lantai paling atas).

Syahdan, di hari kedua tim berhasil melihat hilal dengan jelas, tidak sia-sia penantian yang cukup panjang dan melelahkan, semua terobati ketika berhasil melihat rembulan. selain untuk belajar, kegiatan tersebut  juga bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengalaman, khususnya bagi anggota baru yang belum pernah melakukan praktek mencari hilal.

“Semoga Tim Falakiayah Ponpes Syaichona Moh Cholil semakin berkembang dan semakin banyak memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat” ujar Alfin Gufron selaku ketua Lajnah Falakiah Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil.

 

Oleh : Fakhrullah, anggota Lajnah Falakiyah Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil.

 

 

banner 700x350