HUKUM MENJUAL DENGAN MEMBULATKAN HARGA 99 RIBU

oleh -227 views

Di era sekarang ini marak sekali dunia bisnis baik secara online maupun tidak. Salah satunya adalah yang dijalankan oleh pak Dani. Beliau berjualan barang – barang rumah tangga secara online namun dalam menjual barang –  barangnya beliau mematok harga dengan  gaya 99 seperti Rp 10,799 dan Rp 100,999 Dll.

Selain pak Doni yang berjualan online ada juga pak Didit yang berjualan barang – barang elektronik ditokonya beliau juga menjual barang – barangnya dengan model 99 seperti Rp 25,799 dan Rp 149,999 Dll. Pada waktu mengembalikan uang kembalian kepada para pembeli beliau membulatkan dengan harga Rp 150.000,00 dsb.

Pertanyaan:

  1. Apakah mematok harga dengan model 99 bisa dikatakan qudrotut taslim ?

Jawaban:

  1. Dianggap qudrotut taslim, mengingat sarana transaksi modern sangat memungkinkan.

Referensi:

 

فقه البيوع على مذهب الأربعة “أحكام أداء الثمن عن طريق الحوالة” ص 423

ثم لأداء الثمن طرق مختلفة أبسطها دفع الثمن نقدا. ولكن قد يقع ذلك بطريق الحوالة: ومعناه أن المشتري بدلا من أن يوافى الثمن بنفسه، يحيل البائع على أحد غيره، ليتسلم البائع الثمن منه. وإن الفقهاء لم يذكروا هذا القسم من جملة أقسام البيع، لأن الحوالة لا تختص بالبيع، بل يمكن حوالة أي دين، ولذا فإنهم ذكروا أحكام الحوالة فى كتاب مستقل، ولأن وفاء الثمن بطريق الحوالة لم يكن فاشيا فى عهدهم. أما فى عصرنا، فقد شاع هذا الطريق فى معظم البيوع التي يوفى فيها الثمن عن طريق الشيكات أو البطاقات. ولذلك: أؤدنا أن نذكره بصفته قسما من البيع، فنذكر أولا: موجز أحكام الحوالة العامة، ثم نذكر اطبيقاتها فى التجارات المعاصرة إن شاء الله تعالى

 

Sumber : M3 Syaichona

Editor : Fakhrullah

 

banner 700x350