SETAHUN, 13 SANTRI PONPES SYAICHONA KHOLIL HAFALKAN 1000 BAIT ALFIA,

oleh -808 views

Syaichona.net- Malam senin  (22/04/21). 13 santri Tahfidz Alfia Ibnu Malik Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan di wisuda lansung oleh RKH. Fachruddin Aschal selaku Ketua MDS. Al-Maarif pada acara haflatul imtihan wal ikhtibar hari jadi Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil yang ke 160 tahun.

Nadhoman kitab alfiyah tersebut merupakan kitab syair tentang tata bahasa arab dari abad ke-13 yang di karang oleh Syeikh Muhammad Jamaluddin ibnu Abdillah Ibnu Malik Al-Andalusi, kitab ini menerangkan seputar ilmu nahwu dan shorrof yang keduanya merupakan kunci seorang santri bisa memahami kitab klasik (kitab kuning).

Literasi sejarah mengatakan bahwa nadhoman kitab alfiyah tersebut di bawa ke Indonesia pertama kali oleh Syaichona Moh. Cholil Bangkalan guru ulama nusantara, bahkan karena alimnya alfia setiap masyarakat bertanya kepada Syaichona Moh. Cholil untuk mencari solusi ia menjabnya dengan bait-bait alfia, bahkan santri-santrinya tidak boleh berhenti kecuali sudah hafal alfia.

Dengan demikian Ustadz Anasurrohman Fokalis Is’adul  ahbab mengajukan langsung kepada Pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil agar para santri bisa melestarikan nadhoman kitab alfia seperti yang telah dilakukan oleh Pendiri Pesantren yakni Syaichona Moh. Cholil.

“Berawal dari Ustadz Anasurrohman, Fokalis Is’adul  ahbab itu mengajukan langsung kepada pengasuh agar di adakan tahfidz alfiyah untuk menjadi sebuah lembaga yang mewadahi para santri yang ingin menghafal semua bait alfiyah, maka dengan wadah inilah santri nanti bisa konsisten menghatamkan alfiyah dalam satu tahun atau bahkan kurang dari satu tahun,” tutur Pusiri selaku Ketua Tahfidz alfia.

Sebelum para tahfidz alfia tersebut di wisuda Ust. Farid Tumyadi selaku penasehat tahfid alfia mengajak mereka untuk sowan (Madura-red) kepada pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan RKH. Fakhrillah Aschal.

“Semoga kedepannya dengan adanya tahfidz Al Fiyah ini para santri mempunyai keinginan yang kuat untuk bisa mendalami ilmu nahwu dan shorrof sehingga bisa faham betul apa yang terkandung dalam bait-bait nadzhom Al Fiyah sebagaimana Syaichona Cholil Bangkalan,” harapan Ketua Tahfidz Alfia Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan.

Reporter : Fakhrul

Editor : Ach. Soim

banner 700x350