TUJUH RAHASIA KEUTAMAAN SHODAQOH

oleh -717 views

Sodaqoh termasuk suatu amal yang sulit untuk di lakukan, karena pada dasarnya semua orang berlomba-lomba mememperbanyak harta, lelah tak kenal lelah, panas tak kenal panas, dingin tak kenal dingin, yang penting mendapatkan harta yang banyak, jadi mana mungkin mereka memberikan hasil kerja kerasnya dengan Cuma-Cuma tanpa ada timbal balik, kecuali bagi orang-orang yang dermawan dan telah di beri petunjuk oleh Allah SWT.

Dan hal itu tidak dapat di pungkiri keberadaannya, Karena ketidak tahuan mereka terhadap hakikat shodakoh yang sebenarnya, yang mana sesungguhnya orang yang bershodakoh itu pada dasarnya ibaratkan orang yang menabung untuk bekal di akhirat, dan orang yang bershodaqoh pun bukan hanya dapat merasakan keutamaannya di akhirat saja, namun juga dapat di rasakan di dunia juga.

Berikut tujuh keutamaan shodaqoh yang di jelaskan oleh Syekh Muhammad Bin Abu Bakar Al-Usfury:

  1. Shodaqoh itu dapat menghilangkan berbagai kesulitan atau cobaan yang menimpa pada seseorang, karena dengan bershodaqoh Allah SWT menjadi ridho kepadanya sehingga cobaan yang menimpanya atau yang akan turun kepadanya akan terhenti. sebagaimana yang telah di sabdakan oleh Rosulullah saw

ان الصدقة لتدفع سبعين بابا من البلاء

Artinya “shodaqoh itu dapat menolak tujuh puluh macam bala’

  1. Shodaqoh itu dapat menjadi obat bagi orang yang sakit, maksudnya karena sebab shodaqoh Allah SWT menjadi kasihan atau bertambah kasih sayangnya kepada orang yang bershodaqoh tadi sehingga Allah SWT mengangkat segala penyakitnya. sebagaimana yang telah di sabdakan oleh Rosulullah SAW

داووا مرضاكم بالصدقة

Artinya “obatilah penyakit kalian dengan shodaqoh

 

  1. Shodaqoh itu dapat menjadi penjaga terhadap harta seseorang, karena dengan bersodaqoh Allah SWT akan menjaganya dari berbagai macam bala’ sebagaimana khasiat yang pertama.Rosulullah saw bersabda :

حصنوا اموالكم بالصدقة

Artinya “jagalah harta benda kalian dengan bershodaqoh

  1. Shodaqoh itu dapat menghentikan kemungkaran Allah SWT, karena selagi seseorang menolong saudaranya misalnya dengan bershodaqoh, maka Allah SWT akan selalu melindunginya, jadi tidak mungkin Allah SWT murka sekaligus melindungi seseorang secara bersamaan.Rosulullah SAW bersabda:

الصدقة تطفئ غضب الرب

Artinya “Shodaqoh itu dapat mereda kemungkaran Allah SWT

  1. Shodaqoh itu menjadi penyebab munculnya rasa cinta dan kasih sayang, karena dengan bershodaqoh orang yang di beri akan menjadi senang dan bahagia, begitu pula orang yang bershodaqoh akan merasakan hal yang sama, karena ia merasa telah memberi kebahagiaan kepada orang lain, sehingga muncullah rasa cinta dan kasing sayang antara keduanya.Rosulullah SAW bersabda :

الصدقة هدية تهادوا تحابوا

Artinya “shodaqoh itu adalah hadiah, maka hendaknya kalian saling berbagi hadiah dan saling mencintai”

  1. Shodaqoh dapat menjadi penetralisir hati ketika mulai mengeras. Karena ketika hati keras menandakan bahwasanya orang tersebut jauh dari Allah SWT, sehingga ketika ia bershodaqoh maka ia menjadi dekat lagi dengan Allah SWT, dan ketika sudah dekat dengan Allah SWT maka hatinya akan menjadi lembut kembali. sebagaimana sabda Rosulullah SAW

من وجد في قلبه قساوة فلينشر الصدقة

Artinya “barang siapa yang hatinya mengeras, maka leburlah dengan bersodaqoh

  1. shodaqoh dapat menambah umur seseorang, karena dengan bershodaqoh Allah SWT akan melimpahkan berbagai karunia dan keutamaannya kepada seseorang, dan termasuk di dalam karunia dan keutamaannya ialah bertambahnya umur. Rosulullah SAW bersabda :

الصدقة ترد البلاء وتزيد في العمر

Artinya “shodaqoh itu dapat menolak bala’ dan dapat menambah umur

Allahu A’lam.

 

Penulis : Fakhrullah

Referensi :Syaikh Muhammad Bin Abu Bakar|Al- Usfuriah|Al-Hidayah Surabaya|Hal 11.

 

banner 700x350