Berjalan Lancar, Bahtsul Masail Wustho Yang Ke-X Se Jawa-Madura Di Ponpes Syaichona Moh. Cholil

oleh -285 views

Syaichona.net- Melalui Majelis Munadhoroh Wal Maktabah (M3) Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Menyelenggarakan Bahtsul Masail Wustho (BMW) se Jawa Madura yang ke-10 dan Seminar Santri yang di Narasumberi oleh KH. Afifuddin Muhajir Rais Syuriah PBNU yang bertempat di Aula utama Pesantren, Rabu malam (24/02).

Bahtsul Masail Wustho (BMW) tahun ini terealisasi sedikit berbeda dengan tahun kemaren yakni ada dua komisi yang sekarang terkumpul menjadi satu komisi karena faktor COVID-19 yang menyebabkan delegasi peserta yang berasal dari Jawa banyak yang tidak bisa hadir.

Ust. Sofyan Ats-Tsauri selaku panitia menyampaikan terkait jumlah keseluruhan peserta yang hadir pada acara Bahtsul Masail Wustho (BMW) yang ke-10 yakni, “ untuk peserta yang berasal dari Jawa terdapat 8 Pesantren, dari Madura 25 Pesantren, terhitung sekitar 45 Pesantren Jawa Madura, dan untuk peserta lokal diambil dari kelas 5-6 Ibtidaiyah, pasca, 1-3 Tsanawiyah, sampai kelas 1-2 Aliyah,” jelasnya.

Pada acara BMW tersebut dari setiap Pesantren yang diundang diperkenankan untuk mengutus maksimal 2 orang untuk mewakili pesantrennya,dan terkait deskripsi masalah yang dibahas terdapat sekitar 8 permasalahan yang salah satu diantaranya Hukum Menjual Followers.

Kemudian untuk Seminar Santri yang bertemakan Kontekstualisasi Pembaharuan Fiqih akan terselenggara di penghujung acara BMW yakni hari Kamis malam yang di Narasumberi oleh KH. Afifuddin Muhajir Rais Syuriah PBNU.

Panitia BMW Ust. Sofyan Ats-Tsauri berharap, “Dengan direalisasikannya BMW-10 ini bisa menambah ghirah atau semangat khususnya para santri untuk selalu mengkaji dan memahami kitab klasik sehingga pemahaman bisa sesuai dengan zaman yang sudah modern, karena perubahan hukum itu tergantung dari zaman dan tempatnya.” harap Ust. Sofyan Ats-Tsauri.

Pembacaan surat Al-Fatihah yang dipimpin langsung oleh Lora Ismail Al- Ascholy menjadi pembuka jalannya acara BMW tersebut, yang kemudian dilanjutkan dengan lantunan ayat suci AL-Quran dan sambutan-sambutan.

Sebelum menuju acara inti yaitu Bahtsul Masail Ust. H. Ihsan Fadil mewakili atas nama pesantren menyampaikan, “ kami atas nama keluarga besar  Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil mengucapkan selamat ber Bahtsul Masail mudah-mudahan menghasilkan keputusan –keputusan yang luat biasa yang biasa dimanfaatkan tidak hanya untuk kita semua tapi untuk masyarakat luas yang menunggu hasil dari Bahtsul Masail ini.” Tutur beliau.

REPORTER: BAHRUDIN ALAM

 

banner 700x350