BUKTI KASIH SAYANG KH. FATHUR ROZI KEPADA KHS. ABDULLAH SCHAL

oleh -499 views

Syaichona.net- Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil mengadakan acara pembacaan Dzikir dan Sholawat bersama Ahbabul Musthofa dalam rangka haul aL-Magfurlah KH. Fathur Rozi bin KH. Zahrowi ke 50 yang dihadiri oleh KH. Abdul Adzim Kholili (Kepang), di halaman pesantren Senin malam (25/01).

Acara haul AL-Magfurlah KH. Fathur Rozi bin KH. Zahrowi biasanya dilaksanakan di Kota Surabaya namun dikarenakan situasi (COVID-19) akhirnya acara terselenggara di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

Sebelum pembacaan Dzikir dan Sholawat oleh Ahbabul Musthofa, acara tersebut dimulai dengan Pembacaan tahlil yang dihadiri oleh para masyaikh khususnya Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron dan ketua PCNU Bangkalan KH. Makki Nasir yang diikuti oleh segenap dewan asatidz Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

Dalam sambutannya RKH. Fakhrillah Aschal menyampaikan bahwa KH. Fathur Rozi merupakan orang yang membiayai dan mengirim dulu diwaktu KHS. Abdullah Schal mondok di Sidogiri, bahkan beliau sendiri yang membawa beras untuk diberikan kepada KHS. Abdullah Schal meskipun pada saat itu beliau bersama khadamnya.

Hal itu dilakukannya tidak lain karena untuk mendapatkan barokahnya orang yang menuntut ilmu atau orang yang mengaji.

“KH. Fathur Rozi merupakan orang yang membiayai KHS. Abdullah Schal ketika mondok di Sidogiri bahkan beliau sendiri yang menggendong beras meskipun saat itu dia bersama khadamnya, hal itu dilakukan karena beliau ingin mendapatkan barokah orang yang menuntut ilmu atau mengaji,” jelas beliau.

Abdul Adzim Kholili sebagai muballigh diacara tersebut menceritakan tentang Syaichona Moh. Cholil ketika mondok di Kebon Candi Pasuruan yang berguru kepada KH. Nur Hasan yang menetap di Sidogiri sekitar 15 KM jarak yang harus ditempuh beliau dari Kebon Candi.

Setiap hari selasa dan Jum’at mengaji libur dan hal itu membuat beliau (Syaichona Moh. Cholil) bersedih,                  dikarenakan ketika mengaji para malaikat seluruh langit hadir kemudian Allah SWT memerintahkan pada mereka untuk bersaksi bahwasanya orang yang menuntut ilmu dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT.

“Allah SWT memerintahkan pada seluruh malaikat dilangit untuk hadir dan bersaksi pada orang yang menuntut ilmu bahwasanya dosa-dosa mereka telah diampuni,” tutur beliau.

Di penghujung acara haul AL-Magfurlah KH. Fathur Rozi bin KH. Zahrowi ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh KH. Abdul Adzim Kholili (Kepang).

 

REPORTER : BAHRUDDIN ALAM

EDITOR : ACH. SHOIM

banner 700x350