RA ISMAIL : KITAB INI BUKTI SYAIKHONA KHOLIL TIDAK HANYA MENGANDALKAN KAROMAHNYA

oleh -300 views

Syaichona.net- Ijazah dan ngaji Turost Syaichona Cholil kitab Tasriful Al-Izzi bisyarhi wa Makna Syaichona Cholil yang menjelaskan tentang ilmu Shorrof Lora Ismail Al-Kholili mengatakan bahwa  Syaichona Moh. Cholil merupakan sosok ulama yang agung Al-Alim Al-Muhaqqiq Ar-Rabbani dengan adanya kitab izzi.

“Dibenak kalian (para santri) mungkin tidak ada keistimewaannya kitab ini, karena hanya ilmu shorrof yang tingkatannya dasar dan hanya beberapa halaman tapi bagi saya, kitab ini justru  menunjukkan betapa agungnya sosok Syaichona Moh. Cholil karena beliau sudah menjadi ulama besar yang memiliki ribuan santri dikenal di seluruh pelosok negeri beliau masih mengajari ilmu shorrof yang mana ilmu ini dikenal dengan ilmu mubtadi’in (ilmu anak ibtidak)’’,tutrnya.

Lanjutnya, saya diusia 28 tahun ini, mempelajari ilmu shorrof yang merupakan ilmu dasar sudah tidak semangat lagi tapi Syaichona Moh. Cholil  mengarang kitab ini sudah berumur lima puluh tahun keatas ia masih menyarai, menulis, dan mengajarkan pada santrinya. Hal itulah yang membuat sosok Syaichona Moh. Cholil seorang alim yang sejati.

‘’Syaichona Moh. Cholil ini bukan seorang ulama yang hanya mengandalkan karomah beliau secara hakikatnya memang orang yang Alim AL- Allamah sehingga di zamannya bangkalan bisa menjadi kakbatul ilmi yang menjadi tujuan santri dari seluruh penjuru negeri”, tegas Lora Ismail Al- Kholili.

Lora Ismail Al-Kholili juga menambahkan bahwa seorang yang mengajarkan ilmu dasar tentang agama itu lebih besar pahalanya dari pada orang yang mengajar kitab-kitab besar.

“Saya pernah mendengar dari guru saya Mufti Tarim Habib Ali Masyur Kakak dari Habib Umar bin Hafidz beliau pernah berkata orang yang mengajari fatihah pahalanya jauh lebih besar dari pada orang yang mengajar kitab-kitab besar karena ilmu-ilmu dasar ini, setiap harinya di amalkan, maka setiap harinya yang di amalkan itu mengalir pahalanya pada orang yang mengajarkannya’’,ungkapnya.

Ngaji Turost Syaichona Cholil kitab Tasriful Al-Izzi bisyarhi wa Makna Syaichona Cholil ini juga di hadiri oleh Lora Ustman Hasan Ketua Lajnah Turost Ilmi Syaikhona Kholil dan Lora Mohammad Ismail Al-Ascholy sebagai pemateri yang menyampaikan isi dan kelebihan dari kitab tersebut.

Reporter : Fakhrul

Editor : ACH. SHOIM

banner 700x350