Rahasia Kemuliaan Basmalah

oleh -318 views

Syaichona.net– Basmalah merupakan sebuah awal dari setiap perkara dan hal itu tidak asing lagi bagi orang muslim khususnya, kendati demikian banyak orang yang tidak mengetahui misteri  kemuliaannya sehingga basmalah di anggap suatu yang remeh di mata mereka.

Beberapa rahasia agungnnya basmalah di antaranya

Rasulullah SAW. bersabda :

رويي عن النبي صلى الله عليه وسلم قال اول ماكتب القلم بسم الله الرحمن الرحيم

Artinya : Pertama kali yang di tulis oleh qalam Allah SWT. adalah Basmalah (Bismillahirrohmanirrohim).

Dari hadist tersebut menunjukkan bahwa goresan pena Allah SWT. yang pertama kali adalah lafad Basmalah dan pena Allah SWT. tidak akan menulis untuk yang pertama kalinya kecuali itu adalah sesuatu yang mulia di sisi Allah SWT.

Bahkan Syekh Abu Bakar Usman Bin Muhammad Syato Ad-Dimyati mengatakan dalam kitab I’anatut Tholibiin  bahwa ketika turunnya basmalah maka larilah mendung-mendung yang tebal, angin berhenti, lautpun  bergelombang, hewan-hewan  berhenti dan tercengang, setan-setan di rantainya, Allah SWT. bersumpah dengan keagungan dan kemuliaannya tidak akan di sebut namanya kepada orang yang sakit kecuali itu akan menyembuhkannya tidak akan di sebut nama Allah SWT. terhadap sesuatu kecuali akan di berkati di dalamnya.

Rasulullah SAW bersabda:

ما من كتاب يلقى في الأرض وفيه بسم الله الرحمن الرحيم الا بعث الله ملائكة يخفون عليها بأحنتهم حتى يبعث الله وليا من أوليائه يرفعه، فمن رفع كتاب من الأرض فيه البسملة رفع الله اسمه في أعلى عليين وغفرله ولوالديه ببركتهما

Artinya :Tak ada sebuah kitab yang jatuh ke tanah yang mana di dalamnya terdapat lafadz basmalah kecuali Allah SWT. akan mengirimkan malaikatnya yang melindunginya dengan sayap-sayapnya sampai Allah SWT Mengirimkan salah sartu wali dari wali-walinya yang akan mengambilnya.maka barang siapa yang mengambil kitab yang terjatuh di tanah dan di dalamnya terdapat lafadz basmalah maka Allah SWT. Akan mengangkat namanya ke tempat yang paling tinggi dan akan mengampuni dosanya serta dosa kedua orang tuanya.

Baca juga :

Syekh Abu-Bakar Syato juga mengatakan bahwa kitab-kitab yang di turunkan Allah SWT. dari langit ke bumi itu ada seratus empat kitab, yang enam puluh di turunkan kepada Nabi Syis, tiga puluh di turunkan kepada Nabi ibrihim, sepuluh di turunkan kepada Nabi Musa sebelum Nabi Musa di beri kitab taurat kemudian yang empat adalah kitab taurat , zabur, injil dan al-Qur’an

Makna dari semua kitab itu terkumpul dalam al-Qur’an dan makna al-Qur’an ini terkumpul dalam surah Al-Fatihah oleh karena itu surah Al-Fatihah di sebut ummul kitab (induknya kitab), maknanya surah al-fatihah terkumpul dalam basmalah dan maknanya basmalah terkumpul dalam ba’nya lafadz basmalah, maknanya ba’ tersebut adalah

بي كان ما كان وبي يكون ما يكون

 

Maksud terkumpulnya semua makna al-quran dalam basmalah dikarenakan setiap sesuatu yang di dalamnya terdapat kalimat pujian, kalimat syukur dan penghormatan itu semua terkandung dalam kalimat alhamdulillah, setiap sesuatu yang menjelaskan keadaan makhluk itu terkandung dalam kalimat robbil alamin.

Setiap sesuatu yang di dalamnya berisi tentang rahmat dan pemberian tuhan itu terkandung dalam kalimat Ar-Rohman, setiap sesuatu yang di dalamnya menjelaskan pengampunan AllahSWT. terkandung dalam kalimat Ar-Rahim, setiap sesuatu yang di dalamnya menyebutkan ciri-ciri dan huru hara kiamat semuanya terkandung dalam kalimat maaliki yaumiddin.

Setiap sesuatu yang di dalamnya menjelaskan tentang hidayah, doa dan ketetapan dalam agama islam itu terkandung dalam kalimat ihdinassirootol mustaqiim setiap sesuatu yang menjelaskan sifat-sifat orang sholeh semunya terkumpul dalam kalimat shirootolladiina an’amta alaihim, dan setiap sesuatu yang di dalamnya menjelaskan tentang ke marahan atau kemurkaan Allah SWT semuanya itu terkandung dalam kalimat ghoiril maghduubi alaihim dan setiap sesuatu yang di dalamnya menyebutkan tentang bid’ah semuanya terkandung dalam kalimat wa laddhollinn.

Referensi :

  • I’anatut Tholibiin karya Syekh Abu Bakar Usman Bin Muhammad Syato Ad-Dimyati.
  • Al-Baijuri karya syekh Ibrahim Al-Baijuri

Penulis : Fakhrullah

banner 700x350