Bedah Kitab, Karya Fenomenal Lora Ismail Al-Ascholy

oleh -580 views

Syaichona.net- Lembaga Pers Mahasisiwa (LPM) STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan mengadakan acara Seminar Bedah kitab dan Maulid Nabi  yang bertempat di Aula utama STAIS bangkalan minggu (13/12).

Kitab yang dibedah kali ini adalah Annafahat Al-Maskiyah Karya Lora Muhammad Ismail Al-Ascholy yang menjelaskan pendapat para imam dalam bidang tashawwuf yaitu sebuah upaya yang dilakukan agar seorang hamba mengenal Allah SWT.

Baca juga :

Lora Muhammad Ismail Al-Ascholy yang terkenal sebagai mushonnif muda, karangannya juga mulai familiar dan beliau merupakan cicit dari Syaichona Moh. Cholil sebagai Pemateri pada acara tersebut, mengulas tuntas tentang isi dari kitab karangannya.

Ia mengarang kitab ini, pada tahun 2011 yaitu pada saat beliau masih berumur 16 tahun yang mana beliau terinspirasi oleh seorang ulama dari yaman yang bernama Al-Imam Ismail bin ibrohim ibnul mukrim pengarang kitab Unwanus Syarafil Wafi yang mempunyai sekitar 300 halaman.

Pengurus LPM STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan saat foto bersama Lora Ismail Al-Ascholy

Dalam menulis karya Lora Muhammad Ismail Al-Ascholy menjelaskan jangan melihat kemanfaatannya saja yang pertama kali dilakukan adalah keinginan hati untuk menyelesaikannya walaupun tidak sempurna.

Tidak hanya itu, cicit dari Syaichona Moh. Cholil ini, juga menyampaikan bahwa kebanyakan orang pasti bisa menulis tapi tidak semua orang menjadikan karya-karyanya bermanfaat, karena menulis merupakan keterampilan bahasa yang paling rumit sebab bukan sekedar menyalin kata atau kalimat tetapi juga menuang dan mengembangkan pikiran melalui tulisan yang terstruktur.

“Semua orang bisa menulis tapi tidak semua orang bisa menjadikan karya-karya tersebut bermanfaat sehingga menjadi kesempatan bagi kita sebagai orang yang pernah membuat masa lalu yang tidak terlupakan dan itu perlu dijadikan motivasi bagi kita”, jelas Lora Muhammad Ismail Al-Ascholy.

Moh. Karror selaku ketua LPM STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan berpesan kepada semua peserta untuk fokus mendengarkan dan menyimak apa yang nanti akan disampaikan beliau sehingga mampu membuat atau mempunyai karya-karya yang sedemekian rupa.

“Saya harap kalian menyimak apa yang akan disampaikan beliau hingga dapat membuat karya sedemekian rupa “, harapnya.

Selain itu, acara tersebut diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars STAIS, yang diikuti oleh para undangan dan semua peserta yang hadir dengan jumlah keseluruhan mencapai 400 orang.

Sebagai Pembina LPM Dr. Fera Andriani Djakfar L.C juga mengucapkan semangat pada pengurus LPM atas terselenggaranya acara ini dan juga mengajak untuk melanjutkan tradisi ilmiah dari Syaichona Moh. Cholil yang merupakan waliyullah dan juga seorang muallif yang mempunyai banyak karangan dan saat ini sudah 21 karya yang ditemukan.

“Marilah kita melanjutkan tradisi ilmiah dari Syaichona Moh. Cholil yang merupakan seorang waliyullah dan juga seorang muallif yang mempunyai banyak karangan kitab”, tuturnya.

Kemudian acara seminar bedah karya tersebut ditutup dengan pembacaan doa yang langsung dipimpin oleh Lora Muhammad Ismail Al-Ascholy.

Reporter : Bahruddin Alam

Editor : Fakhrul

 

banner 700x350