,

TIDAK JADI BERJAMAAH GARA-GARA SURAT AL-BAQARAH DAN AL-FIIL

oleh -158 views

SURAT AL-BAQARAH DAN AL-FIIL

ﺻﻠﻰ ﺃﻋﺮﺍﺑﻲ ﺧﻠﻒ ﺇﻣﺎﻡ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻐﺪﺍﺓ ﻓﻘﺮﺃ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ ﻭﻛﺎﻥ ﺍﻷﻋﺮﺍﺑﻲ ﻣﺴﺘﻌﺠﻼً ﻓﻔﺎﺗﻪ ﻣﻘﺼﻮﺩﻩ
ﻓﻠﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﺍﻟﻐﺪ ﺑﻜﺮ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﻓﺎﺑﺘﺪﺃ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺑﺴﻮﺭﺓ ﺍﻟﻔﻴﻞ ﻓﻘﻄﻊ ﺍﻷﻋﺮﺍﺑﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﻭﻟﻰ ﻭﻫﻮ ﻳﻘﻮﻝ : ﺃﻣﺲ ﻗﺮﺃﺕ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ ﻓﻠﻢ ﺗﻔﺮﻍ ﺇﻟﻰ ﻧﺼﻒ ﺍﻟﻨﻬﺎﺭ ﻭﺍﻟﻴﻮﻡ ﺗﻘﺮﺃ ﺍﻟﻔﻴﻞ ﻣﺎ ﺃﻇﻨﻚ ﺗﻔﺮﻍ ﻣﻨﻬﺎ ﺇﻟﻰ ﻧﺼﻒ ﺍﻟﻠﻴﻞ.

Seorang A’rabi (orang Arab pegunungan) sholat subuh berjemaah dibelakang imam. Sang Imam ketepatan membaca surat al-Baqaroh (surat yang paling panjang dalam al-Qur’an yang mempunyai arti Sapi Betina) pada saat itu Sang A’rabi sedang dalam keadaan terburu-buru (untuk melakukan sesuatu), karena begitu panjang bacaan Surat Sang Imam, akhirnya tujuan A’rabi tidak terlaksana karena waktunya habis digunakan untuk sholat.

Kemudian keesokan harinya, Sang A’robi berangkat kemasjid pagi-pagi sekali, ketepatan Sang Imam memulai bacaan suratnya dengan Surat Al-Fiil (surat yang agak pendek yang mempunyai arti Gajah). Tanpa berpikir panjang Sang A’robi mufaraqoh (memutuskan sholat jama’ahnya) dan menyingkir sambil menggerutu:

“Kemaren saja engkau membaca Surat Al-Baqaroh (SAPI) tidak selesai hingga setengah hari rasanya, dan hari ini engkau membaca Surat Al-Fiil (GAJAH). Aku yaqin, engkau tidak akan menyelesaikannya sampai tengah malam nanti.”

Hikmah yang diambil dari kisah ini bahwa seorang imam haruslah memperhatikan kondisi maklum dalam melakukan shalat berjema’ah

Wallahu A’lam.

Oleh: Abdul Adzim

📌 • الكتاب : أخبار الحمقى والمغفلين (١/١١٧) الموسوعة الشاملة• المؤلف : أبو الفرج عبد الرحمن بن علي بن الجوزي

banner 700x350