BERBAGI TIPS: MINUM SEHAT ALA SUNNAH

oleh -240 views

Islam telah memberikan tips yang baik cara minum sehat. Banyak keterangan dari hadist, ataupun dari kitab-kitab ulama yang menjelaskan hal tersebut. Seperti dianjurkan tidak minum berdiri dan yang lebih baik minum dengan duduk, tidak meminum minuman yang panas dengan cara ditiup, minum dengan sekali tegukan, mengambil nafas saat minum dan lain-lainnya.

Namun, kali ini kami akan berbagi tips cara minum sehat agar denyutan tali jantung tetap bergerak dengan normal, karena seperti yang di jelaskan oleh Al-Qurthubi bahwa dalam tubuh manusia, hanya jantunglah yang memiliki getaran sangat cepat. Bayangkan, dalam satu menit, jantung berdenyut dengan irama 70-100 denyutan (Ferdian et al., 2019). Jantung hanya beristirahat selama setengah detik antara setiap denyut bahkan bisa lebih kurang.

Oleh karenanya agar denyutan jantung tetap begerak normal sesuai iramanya sangat diperlukan kehati-hatian bagi yang hendak minum, agar jantung tetap stabil (sehat).

Tipsnya adalah:

Bagi orang yang hendak minum alangkah baiknya dilakukan dengan tiga tahap (3x bernapas), kenapa harus dilakukan dengan 3 tahap karena ketika minum dilakukan satu kali tahapan bisa mengakibatkan gerak denyut tali jantung berhenti.

Tahap pertama: Awali dengan bacaan Basmalah dan diakhiri dengan bacaan Al-Hamdulillah, usahakan takaran air yang diminum jangan terlalu banyak atau seminim mungkin.

Tahap kedua: Awali dengan bacaan Basmalah dan diakhiri dengan bacaan Al-Hamdulullahi Rabbil ‘Alamiin, takar air yang diminum lebih banyak dari tahap pertama.

Tahap ketiga: Awali dengan bacaan Basmalah dan akhiri dengan bacaan Al-Hamdulillahi robbil ‘Alamiin Al-Rohmani Al-Rohiim, takar air yang diminum sekiranya sudah dapat menghilangkan dahaga.

Oleh: Rido An-Nafis

Referensi:

Sab’atun Kutubin Mufidah hal: 145

banner 700x350