ILMU ADALAH OBAT SAKIT KEPALA BAGI PARA PENCARINYA

oleh -1.140 views
pembacaan taujihad oleh RKH. Fakhruddin Aschal

Anda adalah orang yang sedang mancari ilmu atau mungkin seorang guru dan mendidik yang mengajarkan ilmu kepada murid-muridnya, tentunya pernah atau sering merasakan pusing ketika membaca kitab maupun buku dikarenakan keterangan yang amat panjang dan luas, sehingga seringkali anda berhenti membaca dan belajar karena sakit kepala, namun tahukah anda bahwa sebenarnya ilmu itu merupakan obat bagi sakit kepala anda, ilmu yang sedang anda pelajari bisa menjadi obat yang dapat menyembuhkan sakit kepala anda saat itu juga.

Syeikh Abdu al-Wahhab Asy-Sya’rani mengatakan: Guruku Syeikh Zakariya Al-Anshari berkata:

وكنت إذا حصل عندي صداع لحال المطالعة له يقول: انو الشفاء بالعلم فأنويه فيذهب الصداع لوقته.

Ketika aku merasakan nyeri di kepala, disebabkan belajar ilmu. Maka aku katakan: ”Aku berniat untuk menghilangkan sakit kepalaku dengan ilmu.” Maka saat itu pula rasa sakit yang mendera kepalaku pun hilang.
(Tabaqatu al-Qubra al-Musamma Lawaqih Al-Anwar al-Akhayar. hal: , 452)

Perkatakan Sang Guru ditiru dan diamalkan oleh Syeikh Abdu al-Wahhab Asy-Sya’rani . Maka ketika merasakan sakit kepala ia mengatakan seperti apa yang diajarkan Sang Guru, dan pada waktu itu juga rasa nyeri di kepalanya hilang.

Syeikh Abdul Wahhab Asy Sya’rani pun mengatakan :”Aku tidak tahu kenapa hal itu terjadi, apakah karena kaihklasanku dalam mencari ilmu atau karena keshalihan syeikh.”

Waallahu A’lamu

Oleh: Abdul Adzim

📗 Lawaqih Al-Anwar Al-Qudsiyyah, hal. 705-706.

banner 700x350