Kisah, Dahsyatnya Keutamaan Sedekah

oleh -390 views

SYAICHONA.NET- Di ceritakan pada zaman dahulu di masa Nabi Sulaiman AS Ada seekor burung elang datang mengadu kepada Nabi Sulaiman AS.

burung elang itu berkata “wahai raja Sulaiman, aku ingin menetaskan telurku di atas suatu pohon, namun pohon itu milik seseorang dan orang itu mengangkat telur-telur ku (mengganggu sarangku)….!

Kemudian Nabi Sulaiman AS memanggil orang tersebut dan melarangnya melakukan hal demikian, lalu Nabi Sulaiman AS memanggil dua jin dan berkata “aku memanggil kalian berdua dan aku perintahkan kalian berdua nanti jika tahun depan si laki-laki ini mengangkat telur-telur burung elang ini maka pegganglah laki-laki ini kemudian sobeklah ia jadi dua dan lemparkanlah separuh tubuhnya ke arah barat dan separuhnya lagi ke arah timur….!”

“Siap tuan…”,jawab kedua jin tersebut.

Maka burung elang pun hidup dengan tenang untuk menunggu telurnya menetas kemudian Ketika tahun depan tiba… si laki-laki tersebut lupa terhadap pesan nabi Sulaiman As.dan ia hendak menaiki pohonnya, kemudian orang tersebut mengangkat telur-telur burung elang tersebut,namun sebelum itu ia memberikan sesuap roti pada seseorang.

Melihat hal itu burung elang pun berangkat lagi menuju Nabi Sulaiman AS untuk mengadukan perbuatan si laki-laki tadi, maka Nabi Sulaiman AS pun marah kemudian ia memanggil kedua jinnya itu dan hendak menghukum kedua jinnya, lalu Nabi Sulaiman AS bertanya “kenapa kalian tidak mengerjakan apa yang aku perintahkan …?

Kemudian kedua jin itu menjawab “wahai Khalifah Allah SWT… sesungguhnya pemilik pohon tersebut ketika hendak menaiki pohon, kami pun bermaksud untuk memegangnya, akan tetapi sebelum melakukan itu ia bersedekah sesuap roti kepada seorang muslim, sehingga Allah SWT menurunkan dua malaikatnya dari langit.

Kemudian kedua malaikat tersebut memegang diri kami, salah satu di antara kami di lemparkan ke arah barat dan satu dari kami lagi di lempar ke arah timur, dan malaikat tersebut mencegah perbuatan kami sebab shodakoh orang tersebut…..Allahu A’lam

Referensi: Dzurrotun Nasihin

Penulis : Fakhrullah

 

banner 700x350