Lajnah Falakiyah Menyelenggarakan Reuni Akbar Dalam Rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

oleh -206 views

SYAICHONA.NET- Lajnah Falakiyah Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan menyelenggarakan Reuni Akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang bertempat di Aula lantai dasar kamis malam jumat (26/11).

Lajnah Falakiyah merupakan salah satu organisasi di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan yang bertugas mengurusi masalah hisab dan rukyah, serta pengembangan ilmu falak (Astronomi).

Acara tersebut dihadiri oleh Ust. Muridi, Ust. Thuba selaku pembina Lajnah Falakiyah, dan segenap jajaran pengurus anggota Lajnah Falakiyah.

Ust. Athoillah selaku ketua pelaksana menyampaikan tujuan Reuni Akbar diselenggarakan untuk mempererat silaturrahim agar hubungan antara senior dan junior semakin erat serta membangkitkan jiwa astronomi pada anggota Lajnah Falakiyah.

“Tujuan Reuni Akbar ini tidak lepas dari silaturrahim dan untuk lebih membangkitkan jiwa astronomi”, tuturnya.

Lajnah Falakiyah ini berdiri pada tahun 2014 yang awal menjadi ketua yaitu Ust. Mahmud Yang sekarang beralih pada ketua Ust. Athoillah dan Lajnah Falakiyah ini berada di bawah pimpinan RKH. Fakhruddin Aschal.

Struktur kepengurusan Lajnah Falakiyah mulai terbentuk pada tahun 2016 dan jumlah para anggota  secara keseluruhannya mengalami kemajuan dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang pada tahun ini sekitar berjumlah 60 orang lebih.

Selaku ketua pelaksana Ust. Athoillah berharap agar anggota Lajnah bisa lebih mengembangkan lagi  dalam ilmu falak di era digital ini karena kebanyakan orang memakai digital baik dalam menentukan arah kiblat, waktu-waktu sholat, maupun dalam menentukan terjadinya gerhana padahal digitalisasi hanyalah bentuk kemudahan untuk mengetahui hasil dari penghitungan ilmu falak. Sementara kajian dan pengajaran ilmu falak tetap harus dilakukan.

“agar teman-teman Lajnah Falakiyah bisa lebih mengembangkan ilmu falak di era digital ini, karena banyak orang berpatokan pada digital untuk menentukan arah kiblat dll padahal digitalisasi itu sendiri hanyalah pengoprasian ilmu falak yang telah dipelajari”, harap Ust. Athoillah selaku ketua pelaksana.

Reporter: Bahrudin Alam

Editor: Fahrur Rosi

 

banner 700x350